Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Wow, Indonesia Peringkat 5 Survei Bahagia!

by Gito on 30 April, 2019

Tingginya tingkat stres dan juga tuntutan hidup yang umum melanda negara-negara maju maupun berkembang membuat banyak penduduk yang hidup didalamnya merasa kurang bahagia.

tips hidup bahagia _ investasi - CekAja.com

Bahkan mengacu pada suvei global yang dilakukan oleh Gallup, masyarakat di dunia semakin dirundung amarah dan hidup dalam tekanan juga kekhawatiran.

Bahagia jika mengacu pada pepatah orang tua kita dulu adalah sederhana. Sederhana karena bahagia itu dimulai dari pikiran kita sendiri. Pernah mendengar kalimat, bahagia sejak dari pikiran?

Jika dari awal kita memulai hari sudah menanamkan rasa bahagia, maka apapun yang akan terjadi bakal terasa positif. Bahkan bahagia atau tidak sebenarnya tidak mululu berbanding lurus dengan kecukupan materi, karena sebenarnya bahagia itu adalah rasa dimana hati selalu bersyukur atas apa yang didapat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Nah Gallup belum lama ini menggelar survei yang melibatkan 150 ribu orang dari 140 negara tentang kebahagiaan.

Dalam survei itu, memuat fakta bahwa setidaknya sekitar sepertiga masyarakat dunia mengalami stres, dan 1 dari 5 penduduk dunia diliputi kemarahan serta kesedihan. Nah berikut merupakan negara dengan penduduk paling bahagia, simak yuk!

(Baca juga: Cara Agar Hidupmu Lebih Bahagia dan Tidak Terasa Rumit)
1. Paraguay

Negara yang terletak di antara Argentina, Brazil dan Bolivia itu merupakan negara kecil yang memiliki luas wilayah 406.750 km2. Kebanyakan penduduknya berpofesi sebagai petani baik itu di lahan pertanian maupun perkebunan.

Meskipun mayoritas penduduknya hidup di ladang, namun siapa sangka dalam indeks kebahagiaan, penduduk Paraguay menempati posisi teratas dengan nilai mencapaai 85 poin.

Mungkin inilah yang disebut bahagia itu sederhana, ya, sesederhana masyarakat Parahguay yang memiliki makanan pokok singkong, sama seperti si mbah kita yang hidup di desa hanya dengan makan nasi tiwul.

2. Panama

Negara kedua yang penduduknya paling bahagia menurut Gallup 2019 Global Emotions Report adalah Panama. Meski sebelumnya nama Panama sempat heboh lantaran adanya skandal Panama Papers pada 2016 lalu, hal itu tidak membuat masyarakat Panama bersedih atau malu, bahkan dalam survei Gallup, nilai kebahagiaan Panama setara dengan Paraguay, yakni 85 poin.

Negara yang berada di Amerika Tengah ini hanya memiliki luas 77.082 km2. Mayoritas penduduknya juga bergantung pada aktivitas Terusan Panama, maklum kontribusi yang dihasilkan dari terusan ini mencapai 40 persen dari total ekonomo Panama pada 2017.

Meskipun berbatasan langsung dengan Republik Kolombia, Panama sebenarnya sangat rentan dengan potensi invasi dari kartel obat terlarang dan juga kemiskinan.

Namun siapa sangka, dengan kondisi tersebut masyarakat Panama malahan jauh lebih bahagia ketimbang kita yang hidup di Indonesia, yang jauh dari kehidupan kartel narkoba.

3. Guatemala

Menduduki posisi ke tiga, Guatemala mengantongi nilai sebanyak 84 poin. Di negara penghasil kopi terbesar di dunia itu ternyata memiliki masyarakat yang bahagia dalam menjalankan hidupnya.

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh Gallup dalam menjalankan surveinya adalah “Apakah kemarin Anda tersenyum atau cukup sering tertawa?” dan “Apakah Anda diperlakukan secara layak?

Contoh pertanyaan diatas ternyata dapat dijawab dengan positif oleh responden yang berada disana. Padahal selain penghasil kopi, Guatemala juga terkena dengan surganya kartel narkoba. Betapa tidak, beberapa geng narkoba besar seperti MS-13 atau Sinaloa masih merajai penjualan narkoba disana.

Disamping itu, fakta menarik lainnya tentang Guatemala adalah tingginya tingkat korupsi disana. Di negeri itu juga pernah terjadi pembantaian terhadap populasi suku maya, tidak kurang 200 ribu jiwa melayang kala peristiwa berdarah itu berlangsung.

Bahkan Guatemala juga masuk dalam salah satu negara paling menakutkan di dunia, setidaknya sebanyak 5.000 orang kehilangan nyawa setiap tahunnya karena kekerasan.

Meski begitu, bangsa Guatemala merupakan bangsa tertua. Pasalnya di wilayah yang sekarang bernama Guatemala itu ternyata sudah dihuni sejak 20 ribu tahun lalu.

Gallup juga menyatakan bahwa negara Amerika Latin mendominasi peringkat teratas daftar negara dengan penduduk dewasa yang mengalami perasaan positif setiap hari.

Hal Itu dapat dicapai dengan karena di budaya negara-negara tersebut mengedepankan kultur lokal yang menganut hal-hal positif dalam kehidupan.

(Baca juga: Lakukan Ini Setiap Akhir Pekan, Kamu Akan Bahagia di Masa Depan)
4. Meksiko

Negeri yang terkenal dengan tayangan telenovela ini dinobatkan sebagai negara dengan jumlah penduduk bahagia ke-4 di dunia. Negara yang berbatasan dengan Guatemala dan Belize itu memang memiliki budaya dan juga falsafah hidup yang unik.

Jika kamu sedang bepergian ke Meksiko, jangan heran jika kamu bakal jarang sekali menemukan orang asli meksiko sedang marah-marah. Itu dengan catatan orang tersebut tidak sedang dibawah pengaruh alkohol ya.

Pun ada yang kesulitan mengontrol emosinya ditempat umum, bisa dipastikan orang itu bukanlah orang Meksiko asli. Maklum, rakyat Meksiko sejak kecil sudah diajarkan falsafah berupa El que se enoja pierde yang berarti siapa yang cepat marah, kalah. Masih tingginya akar budaya lokal ternyata membuat orang menjadi lebih bahagia.

5. Indonesia

Negara kita tercinta ini berhasil menduduki posisi ke 5 untuk penduduk paling bahagia di dunia. Negara yang terkenal dengan keragaman budaya dan juga keanekaragaman sumber daya alamnya ini juga dikenal sebagai negeri yang ramah.

Jika kamu sedang bepergian ke Indonesia, bisa dijamin kamu bakal langsung merasakan keramahan dari penduduk setempat. Jangan takut tersesat di negeri ini, cukup bertanya maka kamu akan langsung diarahkan ke tempat yang dituju.

Selain itu, negeri ini juga kaya akan kearifan lokal dari budaya lho. Mulia dari budaya jawa yang mengajarkan tentang kesabaran dan juga berlapang dada, lalu bergeser ke sumatera ada budaya merantau untuk mencari rezeki dan masih banyak lagi budaya lainnya yang juga mengajarkan pola pikir positif.

Jadi kamu tentu bahagia kan ?Bahagia atau tidak itu bermula dari diri sendiri. Mulailah berpikir positif dan juga tenang. Jika kalian membutuhkan dana cepat, tenang, akses CekAja.com dan temukan produk pilihan yang cocok untuk kamu.

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.