Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Wow, Ini Bukti Betapa Ruginya Kalau Kamu Kecanduan Minuman Beralkohol

by Rafly Aditia on 20 Januari, 2016

Minuman beralkohol dianggap sebagai minuman yang dapat memberikan rasa hangat pada tubuh, tetapi sebagian agama melarang umatnya mengonsumsi minuman beralkohol. Ternyata larangan tersebut bukanlah larangan yang asal, karena ketika mengalami kecanduan alkohol maka akan ada kerugian-kerugian yang kamu dapatkan.

Di sini kita tidak akan berbicara mengenai pandangan agama, namun perlu diketahui bawasannya kecanduan minuman beralkohol akan membuat rugi secara finansial, kesehatan, dan kehidupan sosial sekalipun. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

(Baca juga: Lewat Hitungan Ini, Ternyata Kamu Kehilangan 36 juta Rupiah Kalau Telat Lulus Kuliah)

Kerugian kesehatan

Dari segi kesehatan, akohol jelas memberikan dampak buruk bagi organ tubuh. Salah satunya merusak fungsi hati dan menyebabkan kanker. Yup, alkohol telah terbukti dapat mengurangi kinerja hati sehingga hati tidak dapat lagi maksimal memerangi zat-zat negatif yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu zat negatif itu adalah zat penyebab kanker. Artinya, dengan mengkonsumsi minuman beralkohol sama saja menaruh diri dalam risiko kanker yang tinggi.

Selain itu, senyawa Etanol yang ada dalam alkohol dapat merusak sistem saraf kamu. Sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah besar, manusia bisa mengalami koma atau kematian mendadak.

Kerugian sosial

Sebuah studi yang dikutip dari The Irish Times mengungkapkan bahwa tingkat kecanduan alkohol di Irlandia mempunya dampak yang buruk terhadap permasalahan sosial. Berbagai macam masalah mulai dari penurunan produktivitas kerja, kecelakaan, tindak kriminal dan sebagainya disebabkan oleh pengaruh minuman beralkohol.

Bahkan, keluar istilah bahwa kerugian ekonomi yang diderita oleh Irlandia adalah kehilangan rumah sakit, stadion olahraga, bahkan sebuah pesawat jet baru untuk setiap Menteri per tahun yang sebenarnya dapat dibeli dari kerugian akibat kecanduan masyarakat akan minuman beralkohol.

(Baca juga: Cara Berhenti Merokok Dalam Seminggu Tanpa Terapi)

Kerugian finansial

Setidaknya pecandu minuman beralkohol terbagi menjadi tiga, yakni: peminum ringan yang minum 1 botol bir atau kurang setiap harinya, peminum kelas menengah yang meminum 1-4 botol bir setiap harinya, dan peminum kelas berat yang meminum setidaknya 4 botol bir per hari.

Asumsinya apabila kamu merupakan peminum kelas ringan saja, maka kamu akan menghabiskan 30 botol bir setiap bulannya di mana harga satu botol bir di pasaran berkisar Rp 25 ribu. Ini berarti dalam satu bulan kamu menghabiskan Rp 750 ribu hanya untuk minuman yang merusak kesehatan.

Sedangkan jika kamu seorang peminum kelas berat, maka sama saja kamu mengalami kerugian Rp 2,5 juta setiap bulannya. Belum lagi apabila kamu jatuh sakit dan kamu tidak mendaftarkan diri dalam layanan asuransi kesehatan, ada biaya-biaya lain yang harus kamu keluarkan nantinya karena penyakit yang disebabkan oleh kecanduanmu tersebut.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami