Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Yakin Uangmu Bisa Cukup Untuk Hidup Saat Pensiun Nanti?

by JTO on 1 September, 2015

investasi pensiun _ investasi - CekAja.com

Saat tak ada pemasukan setelah pensiun, tabunganlah yang menjadi andalan. Sayangnya, belum semua orang menyadari hal ini. Berdasarkan hasil survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2013 tentang literasi keuangan masyarakat Indonesia diketahui bahwa keinginan orang untuk menyiapkan dana pensiun masih belum tinggi. Hanya sekitar 7,13 persen yang memahami tentang dana pensiun. Sementara penggunaan simpanan dana pensiun pun hanya mencapai 1,53 persen.

Berbeda dengan masyarakat AS yang lebih baik menyiapkan dana pensiun mereka. Sekitar 25 persen saja yang belum memiliki simpanan untuk hari tua. Padahal, semakin cepat dimulai akan semakin besar juga jumlah yang bisa didapatkan. Apalagi, perempuan umumnya bisa berusia panjang dibanding laki-laki.

 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Katsuiku Hirokawa, dari Tokyo Medical and Dental University, menunjukan bahwa rahasia panjang umur ini terletak pada sistem kekebalan tubuh wanita yang mengalami penuaan lebih lambat bila dibandingkan dengan pria. Ketika seseorang hidup lebih lama, otomatis ia akan membutuhkan biaya lebih besar, baik untuk keperluan hidup atau biaya tidak terduga seperti rumah sakit, dan lainnya.

Jadi tidak ada salahnya untuk segera menyiapkan dana pensiun, berapa pun usiamu sekarang. Berikut ini beberapa strategi sederhana yang dapat dilakukan untuk memulai simpanan dana pensiunmu.

 

Giat menabung, apapun bentuknya

Memang inilah kunci setiap perencanaan keuangan apapun kebutuhannya termasuk dana jaminan hari tua. Persiapan dana pensiun juga harus masuk dalam porsi tabunganmu. Dengan beragam pilihan bentuk tabungan atau investasi, cobalah untuk memilih yang paling menguntungkan bagimu untuk jangka panjang. Kamu bisa memilih investasi yang cukup tren saat ini seperti reksa dana misalnya. Saat sudah disiapkan tabungannya, usahakan agar tabunganmu itu tidak diutak-atik untuk kebutuhan lainnya.

 

Buatlah perencanaan kehidupan di hari tua

Anggaplah ini menjadi impian yang hendak kamu raih ketika nanti tidak lagi disibukkan dengan pekerjaan. Misalnya kamu berencana berkeliling dunia bersama pasanganmu kelak. Dengan tujuan yang jelas, kamu akan lebih terpacu untuk menyiapkan uangnya sedini mungkin.

Cobalah untuk mengetahui sistem dana pensiun yang diberikan kantormu

Mungkin kamu merasa sreg untuk membiarkan dana pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan untuk menjadi bagian dari uang yang akan dimanfaatkan saat tua nanti. Atau, dana pensiun yang nantinya akan diberikan oleh kantor tempatmu bekerja. Yang jelas, cobalah untuk memahami mekanisme pencairan serta lainnya. Jika merasa belum cukup dengan dana tersebut, sebaiknya buat alternatif simpanan hari tua lainnya.

 

Sumber artikel: CLEO Indonesia

 

Dapatkan keuntungan asuransi kesehatan terbaik hanya di sini

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami