Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Ambil Kredit ke Bank

by hanna on 4 September, 2015

Sudah korek-korek tabungan, deposito dan investasi, apa daya uang yang Anda miliki masih belum mencukupi untuk memenuhi sebuah kebutuhan penting. Tak ada jalan lain, solusi tambahan dana yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajukan pinjaman ke bank. Apalagi berdasarkan pengamatan Anda, saat ini bank dan lembaga pembiayaan gencar menawarkan pinjaman.

Namun, apakah sekadar memiliki kebutuhan, mengajukan permohonan pinjaman, disetujui, kemudian uangnya Anda pakai? Ternyata tidak. Karena Anda mesti miliki beberapa pertimbangan ketika melakukannya. Ini dia:

Cari pinjaman yang sesuai

Pinjaman adalah sebuah komitmen, dan ada kewajiban membayar pada langkah selanjutnya. Jadi, pertanyaan penting yang wajib dijawab pertama kali adalah, ‘Dapatkah nantinya Anda membayar cicilan bulanan?’ Itu sebabnya Anda perlu menyesuaikan cicilan yang akan dilakukan dengan kemampuan keuangan. Caranya tentu dengan mencari pinjaman yang memiliki bunga murah dan cicilan ringan.

Bandingan setiap produk

Bagaimana caranya? Apakah perlu mendatangi satu persatu bank dan menanyakan?  Tentu tidak. Sebab langkah ini bisa dilakukan melalui layanan finansial online yang banyak tersedia saat ini dan juga memiliki kalkulator simulasi kredit yang bisa digunakan.

Ketahui sistem bunga

Bukan hanya cicilan yang sesuai kemampuan, cari tahu juga sistem bunga yang diberlakukan. Ada dua sistem bunga yang biasanya dipakai bank, yaitu sistem bunga flat (tetap) dan efektif. Dua sistem itu memiliki cara berbeda dalam perhitungannya.
Bertanyalah kepada layanan pelanggan tentang kredit yang ditawarkan. Cari tahu gambaran tentang berapa besar angsuran yang harus Anda bayarkan per bulannya dan total pengembalian kredit yang nantinya akan dibayarkan pada bank. Karena dengan perhitungan itu akan diketahui sistem apa yang dipakai.

Bila mau cepat, gunakan agunan

Saat ini beberapa bank memang menyediakan kredit tanpa agunan. Namun, jika memang terdesak untuk melakukan pinjaman, Anda bisa memilih kredit yang membutuhkan agunan atau jaminan. Sebab pinjaman dengan agunan biasanya lebih mudah dan cepat untuk dicairkan.

Semakin kecil bunga, semakin besar cicilan

Berapa lama Anda bisa dan ingin mencicilnya? Cicilan memang akan semakin kecil jika Anda memilih angsuran jangka panjang. Namun, bunga yang dibayarkan biasanya jauh lebih besar. Karena itu, jika alokasi pendapatan Anda untuk membayar cicilan bisa memenuhi kredit dengan jangka waktu pendek, itu akan lebih baik. Di samping kewajiban membayar cicilan semakin cepat, bunga yang harus dibayar pun akan lebih kecil.

Baca selengkapnya…

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.