Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Yang Perlu Kamu Lakukan Agar Makmur di Tahun Ayam Api

by Ariesta on 25 Januari, 2017

kaya di tahun ayam api - CekAja.com

Saat tahun baru, kamu pasti mengharapkan semua yang baik terjadi selama setahun ke depan. Semua tradisi seperti memberi angpao, memakan kue keranjang dan jeruk, menggunakan warna merah, dimaksudkan untuk mengundang rezeki.

Tapi kamu pasti setuju kalau rezeki juga harus diusahakan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan aturan emas finansial. Supaya makin makmur di tahun ayam api imlek 2017, lakukan aturan emas finansial yang akan dijelaskan dalam poin-poin berikut.

Menghabiskan sedikit uang lebih sedikit dari yang dihasilkan

Sederhananya, X adalah penghasilanmu, dan Y adalah pengeluaran per bulan. Agar memiliki keuangan yang sehat, jumlah Y harus lebih kecil dari X. Tapi urusan finansial bukan hanya tentang angka, melainkan juga tentang psikologo, kebiasaan, dan nilai-nilai hidup. Kalau kamu menghasilkan Rp6 juta per bulan dan menghabiskan Rp7 juta per bulan, kamu mungkin harus berutang.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Jika menjadi kebiasaan setiap bulan, semakin sulit terbebas dari jeratan utang. Kalau kamu menghabiskan sebesar yang kamu hasilkan, kamu tidak akan pernah siap jika ada sesuatu yang buruk terjadi. Tapi kalau hanya membelanjakan sedikt dari yang dihasilkan, kamu bisa menabung dan mempersiapkan masa depan.

Selalu mempersiapkan masa depan

Masa depan tidak hanya soal pensiun. Kebiasaan belanja juga bisa menyangkut masa depan. Misalnya kamu tergoda membeli sebuah smartphone baru karena ada cicilan nol persen selama enam bulan. Sebelum membeli, kamu harus tahu apakah kamu sanggup membayar cicilannya meski dengan bunga nol persen.

Mempersiapkan masa depan juga berarti punya tabungan dana darurat. Dana ini berguna jika tiba-tiba kehilangan pekerjaan atau tiba-tiba butuh biaya pengobatan.

Uang yang bekerja bukan bekerja untuk uang

Ingin tahu rahasia kenapa orang kaya semakin kaya? Ini karena uang mereka terus tumbuh saat mereka tidur. Ketika kamu punya instrumen investasi yang menguntungkan, kamu hanya tinggal memanen apa yang kamu tanam.

Investasi di sini tidak selalu berbentuk emas, reksadana, atau saham. Terkadang investasi dengan memulai bisnis, investasi pendidikan dengan melanjutkan sekolah, juga membuat hidup lebih makmur di masa depan.

Bangun lebih pagi

Rahasia kenapa orang Tionghoa selalu membuka toko pagi-pagi adalah karena mereka percaya, semakin pagi semakin banyak rezeki yang akan didapat. Dengan bangun lebih pagi, kamu punya lebih banyak waktu untuk olahraga, sarapan, membaca koran, yang semuanya bisa menambah nilai pribadimu.

Sebaliknya ketika keluar rumah ketika matahari sudah tinggi, kamu terjebak macet, keringatan, dan sudah capek sebelum sampai kantor. (Baca juga: Dekorasi Ini Harus Ada di Rumahmu Agar Hoki di Tahun Ayam Api)

Prinsip-prinsip finansial sejak zaman dulu memang tidak banyak berubah. Tapi apa yang dilakukan oleh kakek dan nenekmu mungkin kurang ampuh di zaman sekarang. Meski demikian, menghabiskan uang lebih sedikit dari yang dihasilkan; menginvestasikan uang daripada membelanjakannya; dan menyiapkan dana pensiun daripada membayar cicilan untuk sesuatu yang bukan kebutuhan akan tetap lebih baik dilakukan apapun zamannya.

Daftar kartu kredit yang berikan diskon belanja di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami