Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Yang Unik dan Aneh dari Tradisi Sambut Tahun Baru di Dunia

by Tisyrin N. T on 9 Desember, 2016

Tempat Rayakan Tahun Baru 2016 di Jakarta - CekAja

Seperti apa sih malam pergantian tahun di daerahmu? Apa yang akan kamu lakukan untuk rayakan tahun baru 2017 nanti?

Pesta kembang api? Terompet? Keduanya adalah hal biasa yang meramaikan malam pergantian tahun. Nah, beberapa negara punya tradisi unik dalam menyambut malam istimewa tersebut. Walau tidak termasuk dalam wisata murah, namun bisa dijadikan target liburan tahun baru 2017 yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

Brasil

Di Brasil, masyarakat memiliki kepercayaan bahwa memakai baju putih ketika pergantian tahun. Mereka meyakini baju putih yang dikenakan bersama-sama mampu mengusir roh jahat. Tak hanya mengenakan baju putih bersama-sama, di negeri samba ada pula tradisi melempar bunga ke laut untuk memanjatkan doa agar kehidupan yang mendatang lebih baik.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

Filipina

Menjelang malam tahun baru, masyarakat Filipina akan membuka semua pintu di rumah. Hal itu dimaksudkan agar energi negatif keluar dari dalam rumah. Mereka juga berharap energi positif masuk ke dalam rumah. (Baca juga: 5 Mobil Keren Ini Cuma ada Satu Unit di Dunia)

Meksiko

Meksiko juga punya tradisi unik menyambut tahun baru. Ada kepercayaan bahwa mengajak bicara roh akan memperoleh petunjuk tentang masa depan. Mereka bisa membayar paranormal untuk menjadi penghubung.

Italia

Di Italia pun ada tradisi unik, yaitu ciuman massal. Tradisi tersebut berlangsung di sebuah alun-alun. Saat jam berdentang 12 kali, orang-orang harus berciuman dengan pasangan, teman, maupun orang asing yang ada di sebelahnya. Tradisi ini mirip dengan tradisi omed-omedan di Bali

Denmark

Tradisi unik lainnya yaitu di Denmark, memecahkan piring. Orang-orang akan memecahkan piring mereka dengan cara melemparkannya ke pintu rumah teman-teman dan keluarga. Banyaknya piring yang pecah menandakan akan banyaknya keberuntungan dan pertemanan di tahun selanjutnya.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon bahkan cash back untuk belanja akhir tahun? Daftar sekarang juga di sini.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami