Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Yes, Senin – Kamis Harga Tiket Pesawat Diskon 30%

by Gito on 6 Desember, 2019

Musim liburan sebentar lagi. Pikiran dan angan rasanya sudah pergi entah kemana. Kamu yang sudah memesan tiket penerbangan dan melakukan reservasi hotel pasti tidak sabaran untuk segera memulai liburan. Nah untuk kamu yang baru akan membeli tiket, jangan buru – buru karena takut kehabisan. Jeli dan teliti, karena ada saat-saat dimana maskapai memberikan diskon untuk harga tiketnya.

bayi naik pesawat

Transportasi merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas liburan. Kecepatan dan kenyamanan saat menempuh perjalanan rasanya merupakan paket wajib yang harus dimiliki agar atmosfer liburan kamu tetap sejuk.

Oleh karena itu, moda transportasi pesawat terbang selalu menjadi pilihan favorit bagi traveller untuk menunjang aktivitas liburannya.

Namun untuk mendapatkan harga tiket yang ramah kantong, sangat sulit didapatkan, apalagi jika sudah masuk musim liburan seperti sekarang.

Tetapi ternyata, terdapat hari-hari khusus dimana maskapai penerbangan memberikan diskon kepada penumpangnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan setiap hari Senin – Kamis maskapan penerbangan low cost carrier sudah berkomitmen untuk menurunkan harga tiketnya sebesar 30% setiap pekan.

Namun harga akan kembali normal saat hari Jumat hingga minggu. Kebijakan ini bakal berlaku hingga bulan Februari 2020 mendatang.

BUMN penerbangan, PT Garuda Indonesia sudah berkomitmen untuk menurunkan harga tiketnya per Desember tahun ini. Seperti diketahui, di awal tahun ini, maskapai penerbangan serentak menaikkan harga tiketnya untuk mengejar keekonomian harga.

“Harga lebih murah 30% juga termasuk saat hari libur nasional. Bisa dipergunakan dengan baik,” katanya di Jakarta.

Diskon harga ini bisa kamu dapatkan untuk seluruh penerbangan domestik. Sementara itu untuk bisa memberikan kebijakan yang sifatnya saling menguntungkan,

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga bakal memberikan relaksasi atas harga avtur. Saat ini pihak Kementerian tengah menyusun harga baru untuk avtur yang lebih murah.

(Baca juga: Suka Travelling? Ini Tips anti Mati Gaya Saat Open Trip)
Buat Travel Bujet

Selain tiket, kamu juga memerlukan anggaran untuk penginapan juga akomodasi selama di tujuan. Ada baiknya agar semua bisa berjalan dengan baik, kamu membuat travel bujet terlebih dahulu.
Hal itu bertujuan agar pengeluaranmu saat liburan tidak membengkak. Dengan travel bujet juga biaya liburan kamu bisa diukur dan menjadi lebih hemat. Nah berikut merupakan beberapa instrument penting yang ada dalam bujet travel, simak yuk!

1. Buat anggaran kebutuhan dasar

Disini kamu harus memasukkan biaya-biaya yang wajib dikeluarkan saat liburan. Tentukan juga moda transportasi apa yang akan kamu gunakan. Pertimbangkan dengan matang. Kemudian kamu juga sudah bisa memikirkan transportasi apa yang akan digunakan di tempat tujuan.

Setelah itu, kamu bisa memasukkan bujet untuk biaya penginapan. Jika memang kamu ingin menikmati suasana alam, lebih baik pilih penginapan yang sederhana namun lengkap. Tidak harus hotel. Karena berarti aktivitas kamu akan lebih banyak di luar ketimbang di penginapan.

Kamu juga perlu memasukkan anggaran biaya untuk makan sehari-hari. Naikkan dari bujet makan harian kamu, karena biasanya di lokasi wisata harga makanan lebih tinggi dari tempat lain karena ada beban tambahan berupa pajak hiburan.

Agar liburanmu berjalan lancar, ada baiknya kamu juga menyiapkan asuransi perjalanan. Hal ini merupakan bentuk mitigasi atas risiko – risiko yang mungkin timbul saat kamu berlibur. Jangan juga lupa untuk menyisihkan dana tak terduga ya.

(Baca juga: Ini Empat Alasan Mengapa Kamu Butuh Liburan!)
2. Buat Anggaran kebutuhan ekstra

Kalau liburanmu banyak memiliki aktivitas di luar, kamu perlu menyiapkan dana ekstra untuk pembelian tiket masuk lokasi wisata, biaya hiburan juga yang tidak kalah penting biaya souvenir alias oleh-oleh.

Menyusun anggaran untuk travel sejatinya tidaklah sulit. Terpenting kamu harus menyesuaikan kemampuan finansial kamu dengan liburan. Jangan sampai semua tabungan kamu terkuras habis hanya untuk memuaskan hasrat piknikmu.

Usahakan untuk memiliki pos keuangan tersendiri untuk liburan. Jadi kamu tidak menjadi jatuh miskin saat selesai berlibur.

Kalau kamu memilki kartu kredit, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan promo hotel dan juga tiket pesawat. Kalau belum punya, jangan khawatir. Akses CekAja.com

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit