Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Yuk Berlibur Sambil Menengok Cantiknya Kelenteng-kelenteng Tertua di Indonesia

by Tisyrin N. T on 20 Januari, 2017

kelenteng tertua - CekAja.com

Sejak era reformasi, Tahun Baru Imlek masuk ke daftar hari libur nasional. Masyarakat Tionghoa juga semakin leluasa dalam melakukan kegiatan kebudayaannya.

Nah, kalau kamu tertarik wisata murah sambil lebih mengenal sejarah dan budaya Tionghoa, cobalah untuk berkunjung ke kelenteng. Kelenteng merupakan rumah ibadah yang biasanya memiliki gaya arsitektur ala Tiongkok dengan dominasi warna merah dan emas.

Gaya arsitektur yang sangat unik serta warnanya yang cerah, menjadikan kelenteng sebagai objek foto yang menarik. Nah, agar kegiatan wisatamu lebih bernilai, tak  ada salahnya mengunjungi kelenteng yang tergolong kelenteng tertua di Indonesia. Berikut ini beberapa kelenteng tua seperti yang ditelusuri CekAja.com dari berbagai sumber.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Kelenteng Hong Tiek Hian, Surabaya

Kelenteng Surabaya

(Foto: surabaya.panduanwisata.id)

Kelenteng tertua di Indonesia ada di Surabaya, yaitu Kelenteng Hong Tiek Hian. Kelenteng ini berdiri pada 1293. Pada awal masa Kerajaan Majapahit, pasukan Tartar datang ke Indonesia dan mereka membangun tempat ibadah di Surabaya yaitu Kelenteng Hong Tiek Hian.

Kelenteng Talang, Cirebon

Kelenteng Cirebon

(Foto: disparbud.jabarprov.go.id)

Kelenteng Talang berlokasi di Kampung Keprabon, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon. Saat berkunjung ke Cirebon, jangan sungkan menengok kelenteng yang berdiri pada 1450 ini ya.

Kelenteng Hok Tek Ceng Sin, Jepara

Kelenteng Jepara

(Foto: jambi.tribunnews.com)

Klenteng ini disebut-sebut berdiri bersamaan dengan Masjid Agung Demak yaitu pada 1466. Lokasinya di Desa Welahan, Kecamatan Welahan, Jepara.

Kelenteng Hian Thian Siang Tee, Jepara

Kelenteng jepara 2

(Foto: pegipegi.com)

Lokasinya berdekatan dengan Kelenteng Hok Tek Ceng Sin di Desa Welahan, Kecamatan Welahan, Jepara. Kelenteng yang berdiri pada 1609 ini juga merupakan salah satu ikon Jepara. (Baca juga: Inilah Nilai-nilai Kehidupan yang Membuat Etnis Tionghoa Sukses Berbisnis)

Kelenteng Kim Hin Kiong, Gresik

Kelenteng Gresik

(Foto: viva.co,id)

Selain Surabaya, Jawa Timur masih memiliki kelenteng tua lainnya yaitu Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik. Kota pesisir ini memang punya banyak koleksi bangunan tua dengan berbagai gaya arsitektur seperti Arab, Tiongkok dan Belanda. Salah satunya kelenteng yang berdiri pada 1640 ini.

Daftar asuransi perjalanan terbaik secara online di sini

Widget TRV Insurance

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami