Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Yuk Catat Jadwal Liburan di Kalender 2017

by Satrya Agung on 8 Desember, 2016

hari libur - CekAja .com

Tahun 2017 telah di depan mata, tanpa terasa kita telah menjalani tahun 2016 ini dengan banyak cerita. Ada hal yang amat sangat penting di tahun depan yang mana harus kita hadapi dan jalani.

Kesampingkan dulu resolusi, reformasi, atau revolusi atau apa pun itu. Mari kita rapatkan barisan dan duduk bersama untuk membicarakan hal yang maha penting ini. Hal itu tak lain dan tak bukan adalah penetapan, perencanaan, dan penjadwalan liburan di kalender 2017 nanti!

Kami yakin kita semua sepakat bahwa liburan adalah sebuah vitamin vital untuk kesehatan jasmani dan rohani. Terbukti jika ada orang yang terlalu serius menanggapi sesuatu yang ringan atau terlihat kurang asik dan santai, maka ramai-ramai masyarakat membubuhi orang tersebut dengan tagar kurang piknik.

(Baca juga: Mau Gunakan Kartu Kredit untuk Liburan? Ini Strateginya Agar Lebih Untung)

Di sini terlihat bahwa kebutuhan masyarakat akan berlibur dan pergi pelesiran adalah sebuah kebutuhan. Untuk mewujudkan rencana piknik ria ini, para kalangan pekerja seperti kita membutuhkan hari libur yang panjang, selain cuti tentunya.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Tetapi tidak menjadikan cuti sebagai andalan. Karena cuti umumnya digunakan untuk menghadiri acara keluarga dan hari besar keagamaan, seperti Lebaran atau Natalan, dan hari keagamaan lainnya.

Dengan adanya hari libur yang panjang maka rencana berlibur pun bisa direalisasikan. Serta untuk memuluskan jadwal tersebut di hari yang terjepit di sela hari libur tersebut, sisa cuti pun berperan.

Agak bingung ya?

Cuti yang kita peroleh setiap tahun adalah 12 hari. Jumlah cuti yang dibutuhkan untuk memperpanjang waktu bersama keluarga saat Lebaran atau Natal, atau hari besar agama lain, misalnya 5 hari. Sisa cuti kamu tinggal 7 hari lagi.

Kemudian waktu cuti yang kita persiapkan untuk hal-hal yang tak terduga selama setahun, seperti menghadiri undangan pernikahan sanak famili atau sahabat di luar kota, adalah sebanyak 3 hari. Total sudah 8 hari.

Sekarang kamu hanya punya 4 hari cuti yang tersisa. Nah, jika kamu berencana liburan dengan mengandalkan 4 hari ini, maka pelesiran kamu tidak akan maksimal. Untuk itu, dibutuhkanlah yang namanya libur panjang atau hari terjepit di kalender 2017 nanti.

(Baca juga: Tips Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri Tanpa Kuras Kantong)

Sebagai ilustrasi, pada bulan Maret 2017 nanti, kamu akan mendapati hari libur di tanggal 28 Maret karena bertepatan dengan Hari Raya Nyepi dan hari tersebut adalah hari Selasa. Dengan menggunakan cuti di hari Senin, 27 Maret 2017, kamu bisa berliburan mulai dari Sabtu 25 Maret hingga Selasa 28 Maret 2017.

Dan sedikit tips agar liburanmu sempurna, kamu bisa terbang ke daerah tujuan dengan penerbangan pertama. Saat sampai di kota tersebut, kamu bisa langsung ke hotel di mana kamu menginap untuk menitipkan barang bawaan, lalu mulai menjelajah.

Kemudian, kembali ke kota asal dengan menggunakan penerbangan akhir. Atau kalau mau lebih ekstrim, pulang dengan penerbangan awal, dan langsung menuju kantor sambil bawa koper.

Rasanya cukup untuk membicarakan strategi liburannya, sekarang yang harus difokuskan adalah kapan liburan kamu itu dijadwalkan. (Baca juga: Strategi Rencanakan Liburan Hemat Bersama Pasangan)

Pemerintah telah menetapkan perihal libur nasional dan cuti bersama tahun 2017 yang didasari kesepakatan dari Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Agama, Kementerian Pendayagunaa Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Kemenko PMK. Setidaknya terdapat 19 hari libur nasional dan cuti bersama, dengan perincian 15 hari libur nasional, 3 cuti bersama Idul Fitri, dan 1 hari cuti bersama Natal.

Dan kabar gembiranya adalah, tahun 2017 terdapat banyak hari terjepit, yakni di bulan Maret, Mei, Juni, Agustus, dan September. Totalnya ada 6 hari, yang mana bisa kamu ajukan cuti kamu di hari-hari tersebut. Dan untuk lebaran Idul Fitri, kamu bisa menikmati cuti bersama yang panjang karena selama 1 minggu lebih kamu akan menikmati kebersamaan dengan keluarga.

Biar kamu bisa buat rencana yang matang, silakan lihat infografis cuti bersama dan jadwal liburan di kalender 2017 di bawah ini.

Kalender 2017
Kalender 2017

Widget TRV Insurance

 

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami