Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Yuk Cek Data E-KTP Online

by Satrya Agung on 27 Oktober, 2016

tips bisnis - CekAja.com

Kalau hingga saat ini kamu masih belum mengantongi E-KTP padahal sudah cukup umur, maka baiknya segera kamu urus deh.

Karena Kemendagri (Kementrian Dalam Negeri) sudah memberi waktu hingga 30 September 2016 yang lalu, dan bagi yang belum punya makan data dari KTP yang lama akan dinon aktifkan. Efeknya pun akan berujung kamu bakal kesulitan mendapatkan akses di berbagai layanan publik.

E-KTP ini adalah KTP yang dibuat secara elektronik yang dalam artiannya fisik dan atau penggunaannya secara komputerisasi. Kemudian, bagaimana sih caranya cek data e- ktp  secara online? Sebenarnya caranya tidak begitu sulit. Ketika kamu sudah memiliki e-ktp, kamu bisa cek KTP online dan bisa melihat apakah datamu sudah masuk ke dalam database. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Pertama kamu bisa mengunjungi situs kependudukan dan catatan sipil daerah di alamat dukcapil.kemedagri.go.id/ceknik, kemudian kamu masukkan nomor NIK yang tercantum di e-ktp kamu. Cara yang kedua adalah dengan mengunjungi website ektp.cekKTP.com dan tahap selanjutnya sama dengan yang sebelumnya yakni dengan memasukkan nomor NIK e-ktp kamu.

(Baca juga: 5 Penyebab Bisnis Online Kamu Gagal)

Apa saja manfaat e-KTP untuk masyarakat?

Setelah mengetahui cara cek data e- ktp online, kamu juga harus tahu betapa pentingnya hal ini. Yang paling utama adalah dengan adanya e-ktp maka pemerintah bisa mendata lebih detail akan jumlah penduduknya karena bisa menekan semaksimal mungkin akan adanya penggunaan data ganda.

Seperti yang kita tahu, bahwa sudah banyak contoh kasus bahkan ada orang-orang yang di sekitar kita yang memiliki KTP lebih dari satu. Manfaat lainnya juga adalah semua layanan publik nanti akan menggunakan basis NIK yang mana akan terkoneksi dengan e-KTP kamu.

Kemudian e-ktp juga bisa meningkatkan serta mendukung proses perbankan, seperti saat pembukaan rekening, identifikasi dan persetujuan untuk pemberian kredit atau pinjaman seperti misalnya kredit tanpa agunan atau KTA dan beberapa transaksi perbankan yang lainnya.

Lalu dengan kehadiran e-ktp ini, program bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan bisa lebih tepat sasaran. Karena dengan teknologi yang terdapat dalam e-ktp bisa membantu petugas bahwa orang yang menerima bantuan tersebut sudah tepat. Sebab penyalahgunaan identitas bisa dihindari.

(Baca juga: 6 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal)

Pentingnya Mempunyai E-KTP

Lalu resiko apa yang terjadi bagi warga yang tidak memiliki e-ktp? Sudah pasti yang pertama terjadi adalah NIK kamu akan diblokir sehingga data kamu tidak akan terdapat dalam database dan akibatnya kamu tidak bisa menikmati fasilitas publik.

Seperti dalam pengurusan surat nikah, bikin SIM, BPJS atau asuransi, tidak bisa bikin rekening di bank mana pun, buka bisnis baru, pendidikan, dan banyak lagi. Jadi buat kamu yang belum punya jodoh, maka sebelumnya pastikan dulu kalau kamu punya e-ktp. Jangan sampai sudah ketemu jodoh tapi gak bisa nikah karena tidak punya e-ktp. Bahaya!

Entah masyarakat tidak tahu akan resiko dengan ketidak punyaan e-ktp ini atau memang tidak peduli, pada kenyataannya pada saat ini dari 182,5 juta penduduk yang wajib mempunyai e-ktp masih tercatat bahwa 22 juta orang masih belum merekam data mereka untuk pembuatan e-ktp. Sungguh ini bukanlah angka yang kecil.

Cara pengurusan untuk membuat e-ktp terbilang gampang. Dimana kamu hanya perlu datangi kelurahan terdekat dengan membawa surat pengantar RT dan RW serta fotokopi Kartu Keluarga (KK). Kemudian petugas di kelurahan akan mengarahkan apa saja yang harus dilakukan. Untuk biaya kamu tidak perlu khawatir karena gratis.

Demikian cara cek data ktp online dan hal penting apa saja beserta manfaat dari e-ktp ini. Salam sehat selalu!

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami