Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Yuk, Cek Tips Mendapat Keuntungan Asuransi Mobil

by Gesti Weningtyas on 6 Maret, 2020

Asuransi mobil akan memberikan keuntungan bagi nasabah yang ingin melindungi kendaraan pribadi dari berbagai risiko yang mungkin saja bisa menimpa. Tingginya angka kecelakaan dan musibah di Indonesia tentunya akan menjadi pertimbangan utama bagi kamu yang ingin memiliki asuransi mobil. Asuransi akan memberikan ganti rugi hingga batas maksimal untuk setiap kerugian yang diderita oleh nasabah.

Yuk, Cek Tips Mendapat Keuntungan Asuransi Mobil

Adapun mobil merupakan satu diantara jenis kendaraan pribadi yang cukup populer saat ini di kalangan masyarakat Indonesia karena berkembangnya setiap daerah. Sehingga tidak heran jika asuransi mobil merupakan produk yang cukup banyak digemari karena setiap tahun pengguna mobil akan terus bertambah.

Kebanyakan orang yang membeli produk asuransi mobil ini ingin melindungi dan memberikan proteksi yang penuh pada mobil yang baru dibeli. Namun tidak semua asuransi mobil itu hanya digunakan untuk mobil baru saja. Kamu yang membeli mobil bekas pun masih bisa mendapatkan asuransi mobil dan dan tentunya mendapatkan manfaat dari asuransi mobil tersebut.

Dengan memiliki asuransi mobil tentunya kamu jadi tidak perlu berpikir lebih jauh untuk memikirkan biaya tambahan karena terjadi kerusakan atau hal yang tak diinginkan. Resiko-resiko kerugian finansial yang mungkin saja kamu dari tadi kemudian hari bisa kamu selamatkan dengan memiliki asuransi mobil. Alhasil kamu tidak kerepotan mencari pinjaman atau menarik deposito hanya untuk perbaikan ganti rugi mobilmu.

Saat ini produk Asuransi kendaraan bermotor maupun asuransi mobil sudah sangat mudah untuk diajukan. Kamu bisa mengajukannya lewat online tanpa harus mendatangi perusahaan asuransi. Namun demikian sebelum memilih produk asuransi mobil yang akan kamu beli, kamu harus mengetahui dengan pasti apa saja jenis asuransi mobil. Dengan mengetahui jenis asuransi mobil tentunya kamu bisa membeli dan memilih produk sesuai jenis asuransi yang kamu butuhkan.

Tips Mendapatkan Keuntungan dari Asuransi Mobil
1. Sesuaikan Kebutuhan

Hal yang paling pertama dalam memilih asuransi mobil adalah beli produk asuransi mobil sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini bukan tanpa alasan, karena jika kamu memilih asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan tentunya biaya yang kamu keluarkan efisien dan manfaat yang kamu dapatkan bisa lebih maksimal. Sehingga, kamu harus bisa menentukan produk Asuransi akan kamu beli ini akan digunakan untuk mobil pribadi atau mobil dinas kantor. Dengan demikian kamu jadi mengerti mana produk yang akan kamu ambil berikut peserta asuransi tambahannya.

Pastikan kamu membaca polis secara detail dan rinci agar tidak salah beli.  Perlu kamu ketahui ada dua jenis asuransi mobil yang kamu bisa pilih yaitu jenis asuransi all risk dan asuransi mobil total loss only atau TLO. Kamu bisa memilih perlindungan yang menyeluruh untuk mobil dengan jenis asuransi all risk. jenis asuransi ini memberikan perlindungan sekecil apapun kerugian yang diderita oleh mobilmu sehingga jika mobil mengalami kecelakaan ringan atau kerusakan yang diderita di bawah 50% kamu masih bisa mendapatkan klaim.

Berbeda dengan Asuransi mobil total loss only atau TL di asuransi total loss only ini hanya menjamin risiko akibat pencurian atau kehilangan mobil sedangkan kerusakan akan mendapatkan klaim jika sama atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian. Harga asuransi total loss only ini memang lebih rendah dan tentunya lebih murah daripada asuransi all risk. Sehingga kamu juga bisa mengalihkan dana yang tersedia untuk kebutuhan lainnya seperti biaya perawatan kendaraan setiap bulannya.

Apa keuntungan dengan memilih produk asuransi mobil ini? Tentunya kamu dibebaskan dari biaya tambahan yang harus dikeluarkan pada kerusakan mobil yang telah terjadi. Jika kamu tidak memiliki asuransi mobil dan mobil mengalami kerusakan tentunya kamu harus mengeluarkan uang dari dompet untuk mengganti beberapa suku cadang atau biaya bengkel. Sehingga menyesuaikan dari kebutuhan asuransi mobil akan memberikanmu manfaat dan keuntungan.

2. Keuntungan Mobil Pengganti

Kamu harus bisa memastikan apakah kamu membutuhkan mobil pengganti selama kerusakan mobilmu sedang berlangsung.  Biasanya mobil pengganti menjadi salah satu fasilitas yang ditawarkan pada asuransi mobil. Mobil pengganti ini tentunya akan memberikan kamu keuntungan karena kamu masih bisa melakukan aktivitas dan mobilitas saat mobilmu sedang berada di bengkel.

Mobil pengganti ini adalah fasilitas tambahan pada paket asuransi mobil. Namun kamu harus mengetahui bahwa fasilitas ini ada batas waktu pemakaiannya. Jadi baca dengan teliti polis asuransi mobil mu karena setiap perusahaan asuransi memberikan batas waktu pemakaian yang berbeda. Sehingga kamu bisa memastikan proses klaim asuransi mobil segera ditangani oleh bengkel rekanan perusahaan asuransi dan tentunya tidak terlambat mendapatkan mobil pengganti.

Agar kamu bisa mendapatkan mobil pengganti maka laporkan dan lakukan klaim  kerusakan yang telah terjadi dan sebaiknya klaim apapun jenis mobil pengganti. Namun jika kamu lebih mengutamakan kenyamanan mungkin kamu bisa antri menunggu mobil pengganti yang sejenis tersedia. Kamu bisa menanyakan terlebih dahulu bengkel rekanan tempat mengerjakan mobil mau kira-kira berapa lama proses pengerjaannya.

(Baca Juga: Beragam Keuntungan Asuransi Perjalanan Domestik)

Sehingga kamu bisa memperkirakan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menggunakan mobil pengganti. Sebaiknya selalu pantau dan tanyakan mobil kepada bengkel rekanan agar segera bisa ditangani oleh mekanik bengkel supaya pengerjaan tepat dan cepat. Pastikan kamu juga mengetahui komponen mana yang diganti dan bagian apa saja yang perlu diperbaiki agar kamu bisa membuat laporan klaim ke perusahaan asuransi mobil. Setelah itu kamu bisa konfirmasi ke pihak asuransi untuk memberikan waktu berapa lama mobil pengganti yang kamu butuhkan.

Bayangkan, jika kamu tidak memiliki asuransi mobil, kamu akan dirugikan secara waktu dan finansial. Kamu akan rugi secara waktu karena mobilmu sedang berada di bengkel. Alhasil kamu jadi tidak bisa melakukan aktivitas dan berbagai mobilitas yang seharusnya mungkin bisa menghasilkan. Kerugian yang kedua adalah kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar biaya perbaikan. Dengan memiliki asuransi mobil tentunya kamu mendapatkan keuntungan yaitu tidak perlu mengeluarkan biaya saat mobil mengalami kerusakan.

3. Jaminan Resiko Pihak Ketiga

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari asuransi mobil adalah jaminan apabila terjadi kecelakaan atau bencana lainnya pada mobil. Kamu bisa memilih pertanggungan yang memberikan perlindungan tidak hanya untuk pemilik polis asuransi maupun pengemudi saja. Perlindungan dari resiko lainnya adalah jaminan resiko pihak ketiga yaitu asuransi juga bisa memberikan cover untuk biaya kerusakan pengendara lain karena kelalaianmu.

Tentu saja hal ini merupakan keuntungan, karena kamu tidak lagi bingung memikirkan dana yang harus dikeluarkan untuk mengganti kerugian yang diderita oleh pengendara akibat kelalaianmu. Hal ini juga memberikan kamu perasaan aman dan nyaman dalam berkendara. Untuk mendapatkan asuransi sesuai dengan kebutuhan kamu juga harus bisa memperkirakan resiko apa yang bakal kamu dapatkan dengan kamu mengendarai mobilmu saat ini.

4. Membayar Premi Tepat Waktu

Selain beberapa tips di atas hal yang paling penting agar kamu bisa mendapatkan keuntungan dari asuransi mobil adalah membayar premi tepat waktu. Pembayaran premi tepat waktu dan sesuai dengan nilai yang harus dibayarkan tentunya akan memudahkan kamu apabila sewaktu-waktu terjadi kerusakan yang membutuhkan klaim.

Sebab jika kamu tidak membayar biaya premi sesuai waktunya, maka polis asuransi bisa menjadi polis lapse, atau tidak aktif. Jika polis sudah lapse maka tentu saja perlindungan tidak berlaku dan kamu tidak bisa mendapatkan keuntungan dari asuransi mobil sebagaimana mestinya. Jika kamu mengalami hal ini bukan tidak mungkin klaim justru akan ditolak.

Sehingga, jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dari asuransi mobil maka pertimbangkan pembayaran premi yang tepat dan sesuai dengan waktu jatuh tempo.

5. Pilih Asuransi Mobil yang Tepat

Agar kamu mendapatkan keuntungan dari asuransi mobil secara maksimal maka pilih asuransi mobil yang tepat. Caranya adalah dengan memperhatikan berbagai resiko yang mungkin bisa terjadi. Misalnya kamu membeli mobil baru. Jika kamu menginginkan perlindungan penuh terhadap mobil barumu tentu kamu bisa memilih jenis asuransi all risk atau comprehensive.

Jenis asuransi ini akan memberikan kamu perlindungan penuh dengan berbagai kemungkinan resiko dari yang terkecil hingga yang paling besar sekalipun. Sebaliknya jika kamu membeli mobil bekas kamu tetap bisa memberikan proteksi atau perlindungan kepada mobilmu dengan memilih asuransi mobil total loss only. Dengan memilih asuransi jenis ini maka jika ada kerusakan sama atau di atas 75% kamu bisa melakukan klaim.

Agar kamu bisa mendapatkan asuransi mobil yang tepat jangan ragu untuk berkonsultasi dengan agen asuransi terkait atau membandingkan setiap produk asuransi mobil. Saat ini produk asuransi mobil bisa dengan mudah kamu bandingkan melalui online. Selain membandingkan nilai premi bandingkan juga apa saja fasilitas yang bakal kamu dapatkan apabila membeli produk Asuransi tersebut. Pastikan produk asuransi mobil itu akan memberikan penggantian kerugian finansial yang kamu derita dengan maksimal sesuai dengan manfaat perlindungan m

6. Sesuaikan dengan Tempat Tinggal

Asuransi mobil memiliki perluasan jaminan. Sehingga kamu bisa memperluas jaminan mu apabila sewaktu-waktu terjadi musibah seperti bencana alam. Sehingga kamu bisa menyesuaikan jenis asuransi perluasan jaminan maupun asuransi tambahan dengan lokasi tempat kamu tinggal.

Jika di tempat domisili mu saat ini sering terjadi bencana alam mungkin kamu bisa mempertimbangkan perluasan jaminan dengan bencana alam seperti banjir dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menyesuaikan dan melihat Di mana letak bengkel rekanan perusahaan asuransi yang akan memberikanmu servis apabila terjadi kerusakan. Letak atau lokasi bengkel rekanan perusahaan asuransi tentunya akan memudahkan kamu apabila mobil mengalami kerusakan. Pastikan juga fasilitas apa yang kira-kira kamu dapatkan dengan bengkel rekanan tersebut. Sebab kerusakan mobil tidak selalu terjadi saat kamu berada di tempat tinggalmu berada mungkin saja kamu mengalami kerusakan saat berada di luar daerah jika mobilitas sangat tinggi.

7. Premi Sesuai Kemampuan

Kamu juga harus memastikan bahwa biaya premi yang dibayarkan itu sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini agar kamu bisa mendapatkan keuntungan dari manfaat asuransi mobil. Pastikan nilai premi yang kamu keluarkan itu tidak membebani dan tidak lebih dari 30 persen total penghasilanmu. Dengan begini kamu bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai dan tentunya terhindar dari polis lapse.

Demikian berbagai tips dan cara untuk mendapatkan keuntungan dari asuransi mobil. Kamu juga bisa mengajukan asuransi mobil di cekaja.com untuk mendapat beragam pilihan harga premi dan fasilitas terbaik.

Tentang Penulis