Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Yuk Ikuti Mudahnya Cara Investasi Saham

by lhmdi on 3 July, 2016

kisah sukses miliarder_investasi - CekAja.com

Tidak hanya transaksi yang menguntungkan secara ekonomi, kehadiran Bursa Efek Indonesia (BEI) juga membantu orang yang ingin melakukan investasi saham.

Cara ini bisa kamu gunakan jika seseorang sudah memiliki langkah-langkah yang benar mantap untuk ikut berinvestasi salah satu instrumen keuangan ini. Salah satunya adalah dengan cara investasi saham yang sering disebut mampu memberikan keuntungan maksimal.

Secara umum, contoh yang bisa didapatkan dari investasi saham adalah ketika seseorang memberikan modal atau menanamkan uang pada suatu perusahaan dengan cara membeli saham. Secara otomatis, seorang pemberi modal berhak disebut sebagai pemilik perusahaan.

Sebagai contoh seseorang membeli satu lot yang terdiri dari 500 lembar kertas saham, maka seperti yang disebut diatas tadi, orang tersebut memiliki hak sebagai pemilik perusahaan.

Lalu, bagaimana jika seseorang ingin memiliki lebih dari satu lot saham? Hal ini diperbolehkan, meskipun dibatasi kepemilikan lot saham tersebut. Meskipun punya hak dan kesempatan untuk membeli lot saham, hal penting yang perlu diketahui adalah risiko dari investasi saham itu sendiri.

Jika kamu tertarik atau sedang mencari informasi tentang investasi saham, jangan lupa untuk mengenali risiko ini.

Kenali Tingkat Risiko Saham Sebelum Investasi

Tingkat risiko yang bervariasi dari nilai sebuah saham, membuat kamu tidak disarankan untuk berinvestasi dengan asal-asalan. Secara umum beberapa risiko yang perlu diperhatikan adalah mengetahui perbandingan return yang nanti kamu dapatkan setelah investasi.

Agar risiko kerugian ini bisa diminimalisir, setidaknya kamu harus memegang tiga prinsip penting dalam bermain saham. Yuk! Ketahui apa saja prinsip-prinsip penting yang perlu kamu pahami saat bermain saham melalui uraian berikut ini:

  1. Hindari cara investasi saham di satu perusahaan atau bisnis yang sama. Alasannya adalah jika perusahaan atau bisnis ini mengalami kerugian dan nilainya jatuh, maka semua investasi yang sudah dilakukan akan menjadi tidak berarti. Kamu pun akan mengalami kerugian yang sangat besar secara materil.
  2. Membeli atau berinvestasi pada sebuah saham tidak boleh asal-asalan. Oleh karena itu pahami apa yang akan kamu beli. Apa jenis saham yang nantinya kamu inginkan, dan ketahui terlebih dahulu tentang rekam jejak perusahaan yang menawarkan saham tersebut.
  3. Bagi kamu yang masih newbie tentang investasi saham, juga harus memiliki taktik dan juga prinsip membeli saham yang nilainya rendah dan bisa dijual ketika saham tersebut memiliki nilai yang tinggi.

Langkah-langkah dalam Investasi Saham

investasi properti _ kredit rumah kpr - CekAja.com

Setelah memiliki prinsip-prinsip tersebut, kamu selanjutnya menyiapkan langkah-langkah yang tepat sebelum bermain saham. Kali CekAja.com akan berbagi apa saja langkah-langkah yang perlu dipersiapkan sebelum kamu akan berinvestasi melalui saham.

  1. Tentukan tujuan investasi kamu

Tujuan sebelum bermain saham sangatlah penting. Oleh karena itu, tentukanlah hal penting apa yang ingin kamu capai dengan berinvestasi melalui saham . Apakah tujuan kamu hanya untuk menambah pundi-pundi uang atau persiapan dana menjelang pensiun.

Selain itu, kamu juga dapat menambah tujuan lainnya, apakah investasi ini dimulai untuk mendapatkan dana pendidikan untuk anak-anak, antisipasi mahalnya biaya kesehatan dan lain-lain.

  1. Pelajari setiap pilihan saham

Jika kamu akan berinvestasi dengan menggunakan saham sebagai instrumennya, maka, jangan pernah lupa dan segan untuk belajar tentang karekterisitik saham.

Dari sekian banyak saham yang diperdagangkan, maka kamu bisa mempelajari dan memilihnya satu per satu. alternatif investasi yang tersedia, misal saham perusahaan A lihat sejarah dan kondisi perusahaan serta trend 10 hingga 20 tahun terakhir dan bandingkan dengan saham sejenis.

  1. Tentukan investasi yang sesuai dengan kemampuan kamu

Melakukan investasi dengan instrumen saham tidak harus membuat kamu mengeluarkan uang yang besar. Namun, sesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki.

  1. Mulai merancang strategi

Setelah dirasa memiliki ilmu yang tepat tentang bagaimana cara investasi saham, maka kamu sudah bisa untuk menetapkan strategi. Misalnya, kapan saat harus membeli saham dengan harga yang murah dan melepasnya dengan harga tinggi.

Rancang dan siapkan strategi ini dengan matang akan kamu bisa mendapatkan keuntungan dan mampu meminimalisir risiko.

Investasi Saham Bersama Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia sebagai hasil penggabungan bursa efek Jakarta dan bursa efek Surabaya merupakan tempat berkumpulnya saham-saham dari perusahaan yang ada di Indonesia.

Selain itu Bursa Efek Indonesia yang disingkat menjadi BEI juga sering memberikan pelatihan serta sosialisasi kepada masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan ilmu pengetahuan tentang saham.

Cara ini dipilih agar masyarakat paham bagaimana memaksimalkan investasi menggunakan saham serta menghindari risiko dan kesalahan fatal yang sering terjadi kepada masyarakat saat berinvestasi.

Oleh karena itu BEI juga mengajak masyarakat yang tertarik untuk berinvestasi, melakukan transaksi dan berbisnis saham untuk terhubung dengan perusahaan sekuritas yang tepat.

Oleh karena itu, jika kamu tertarik dan ingin mencoba investasi saham, pilihlah perusahaan sekuritas dengan reputasi yang baik dan juga mendapatkan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga keuangan yang bertugas mengawasi segala macam bentuk investasi di Indonesia.

Saham Online di Indonesia

bayar listrik online
bayar listrik online

Selain melihat langsung aktifitas transaksi saham di kantor Bursa Efek Indonesia, masyarakat Indonesia atau kamu yang tertarik berinvestasi dengan saham sebenarnya bisa menggunakan layanan online untuk melihat setiap aktifitas pembelian dan penjualan saham melalui sebuah program khusus atau bahkan melalui sebuah aplikasi di ponsel pintar.

Bagi kamu yang tertarik mendaftar, atau menggunakan layanan online ketika akan investasi saham, jangan lupa untuk memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya, punya legalitas resmi dari Otoritas Jasa Keuangan.

Nah bagi kamu yang tertarik untuk mencoba layanan investasi saham secara online, kali CekAja akan merekomendasikan beberapa diantaranya.

  1. Indo Premier Securities

Produk andalan dari perusahaan sekuritas ini adalah IPOT (Indo Premier Online Technology). Beberapa pengamat keuangan bahkan menyebutkan layanan analisis teknisnya sangat baik dan komplit. Salah satu fitur andalan yang ditawarkan kepada para pemain saham adalah  automatic stop loss yang menampilkan grafik pergerakan saham secara real time.

  1. BNI Sekuritas

Dari namanya saja tentunya kamu sudah mengenal perusahaan sekuritas ini. Ya! BNI memang sangat aktif di setiap kegiatan perbankan termasuk perdagangan saham.

Layanan online atau daring yang dikenalkan BNI sendiri diberi nama eSmart. Bagi para investor yang tertarik untuk memulainya dapat menyiapkan dana minimal setoran sebesar Rp 1.000.000. Fee dari transaksi adalah  0.2% untuk beli dan 0.3% untuk jual.

  1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia atau yang dahulu bernama Daewoo Securities merupakan salah satu layanan saham online berikutnya yang bisa kamu coba.

Diberi nama HOTS yang merupakan kepanjangan dari Home Online Trading System diklaim memberikan kenyamanan bagi para pemain saham untuk bertransaksi. Fee yang dibebankan melalui layanan ini adalah 0,15%  untuk setiap pembelian saham dan 0,25% untuk setiap penjualan saham. .

Selain nama-nama diatas, masih terdapat nama-nama beberapa perusahaan saham online lainnya yang diberi nama Samuel Sekuritas Indonesia, Phillip Securities Indonesia serta Sinarmas Sekuritas yang juga layak untuk dicoba.

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.