Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Yuk, Ikuti Trik Feng Shui Dapur Ini untuk Mendatangkan Banyak Rezeki Di Rumah

by Ayunindya Annistri on 18 November, 2019

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih mempercayai feng shui terutama yang berhubungan dengan tata letak dapur untuk mendatangkan banyak rezeki. Bahkan menurut beberapa sumber yang beredar, tata letak dapur yang salah juga bisa menjadi sumber penyakit dan pemborosan uang bagi penghuni rumah yang tidak menerapkan aturan feng shui.

Kalau dipikir-pikir, opini tersebut memang ada benarnya. Karena di era modern saat ini, banyak orang yang lebih memilih cara instant untuk mendapatkan makanan, dibanding harus repot-repot memasak di dapur. Sehingga ruangan tersebut tidak tersentuh dan membuat perabotan didalamnya berdebu dan ujung-ujungnya menjadi sarang bakteri.

Namun disisi lain, dapur juga kerap dikaitkan dengan rezeki. Apalagi jika kamu menerapkan feng shui dapur dimana fokus utamanya terletak pada penggunaan elemen kayu, logam, api, air, dan tanah. Trik feng shui seperti ini masih dipercaya hingga kini oleh masyarakat keturunan etnis Tionghoa yang ada di Indonesia.

6 Trik Feng Shui Dapur untuk Mendatangkan Rezeki
1. Pisahkan elemen air dan api

Dikutip dari laman Okezone.com, agar feng shui dapur bisa diterapkan dengan sempurna, kamu perlu memisahkan dua elemen penting, yakni air dan api. Elemen air yang dimaksud adalah lemari es dan wastafel cuci piring, sedangkan elemen api adalah kompor.

Tata letak ketiga benda tersebut yang benar adalah membentuk segitiga terpisah, dimana sebaiknya kompor berada di sisi selatan dan wastafel atau lemari es di sisi utara. Apabila dapur tidak memiliki luas yang memungkinkan, kamu bisa menaruh vas bunga diantara elemen air dan api tersebut untuk mencegah munculnya konflik diantara anggota keluarga.

Perlu diingat pula, bahwa di dalam feng shui tidak dianjurkan untuk meletakan dapur pada area tengah rumah. Pasalnya, bagian tengah rumah adalah area utama yang seharusnya digunakan untuk anggota keluarga berkumpul dan melakukan aktivitas.

2. Menempatkan kompor di sudut yang tepat

Dalam ilmu feng shui dapur, tata letak kompor juga tidak kalah penting dibanding perabotan lainnya. Kamu bisa menempatkan kompor menghadap ke arah pintu dapur, sehingga ketika memasuki area dapur, benda pertama yang terlihat jelas adalah kompor.

Selain itu, hindari meletakan posisi kompor di bagian sudut dapur atau berseberangan dengan wastafel, karena hal ini justru mendatangkan energi negatif, yang konon katanya memicu pertengkaran antar anggota keluarga.

(Baca Juga: Feng Shui Jodoh 2020, Tips Menemukan Pasangan yang Langgeng)

3. Selalu menjaga kebersihan dapur

Kondisi yang bersih dan tertata rapi pada bagian dapur menjadi faktor utama yang membuat energi positif dapat masuk ke dalam rumah. Trik feng shui dapur yang satu ini memang sangat ampuh terlebih untuk mereka yang kerap mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan.

4. Gunakan warna cerah untuk bagian dapur

Trik feng shui dapur selanjutnya yang perlu kamu terapkan adalah penggunaan warna untuk interior dapur. Kamu bisa menggunakan warna-warna cerah untuk dinding hingga perabotan masak yang digunakan. Dalam pemilihan warna, kamu pun harus memperhatikan posisi dapur terlebih dahulu.

  • Letak dapur di sisi selatan: gunakan warna merah cerah, orange dan kuning
  • Letak dapur di sisi barat: gunakan warna putih dan abu-abu
  • Letak dapur di sisi barat daya: gunakan warna-warna api, mulai dari merah cerah hingga ungu
  • Letak dapur di sisi utara: gunakan warna biru, hitam dan abu-abu
  • Letak dapur di sisi timur: gunakan warna hijau dan cokelat dengan sentuhan biru muda

Dengan kehadiran warna cerah di dapur, rejeki diharapkan semakin melimpah dan selalu mendatangkan kebahagiaan untuk anggota keluarga.

5. Gunakan vas bunga dan tempat buah untuk memperindah bagian dapur

Menurut feng shui dapur, penggunaan vas bunga dan tempat buah konon mendatangkan energi positif bagi penghuni rumah. Posisi vas bunga yang tepat ialah diantara kompor dan lemari es. Sedangkan untuk tempat buah apel atau jeruk, kamu bisa meletakannya di tengah dapur atau ruang makan yang mengarah ke sisi tenggara.

6. Hindari posisi dapur yang berhadapan langsung dengan kamar mandi

Ketika membuat atau menata rumah, pastikan posisi dapur tidak berhadapan langsung dengan kamar mandi. Karena dalam feng shui dapur, kamar mandi merupakan unsur air yang bisa mematikan unsur api pada dapur.

Sehingga dapur yang dilambangkan sebagai mata pencaharian ini turut mempengaruhi kehidupan finansial sang penghuni rumah. Selain itu, penempatan dapur yang dekat dengan kamar mandi ini juga konon dipercaya mendatangkan penyakit dan membuat hubungan dalam rumah tangga menjadi tidak harmonis.

Kepercayaan mengenai feng shui dapur ini bisa kamu terapkan untuk menata kembali dapur yang kamu miliki. Siapa tahu tata letak dapur yang kamu ciptakan dari referensi ini bisa mendatangkan rezeki melimpah dan mengusir aura negatif di rumah.

Kalau masih bingung akan pinjaman untuk merenovasi rumah, enggak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan pinjaman dana dari CekAja.com. Ajukan sekarang dan pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau