Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Yuk! Intip Kehidupan 5 Anak Konglomerat Indonesia

by Tisyrin on 21 March, 2019

Pernah gak kamu terbayang lahir sebagai anak orang terkaya di negeri ini? Apa yang akan kamu lakukan seandainya itu benar-benar terjadi? Leha-leha menikmati harta yang ada, atau mengisi kehidupanmu dengan tetap bekerja keras?

tips kaya - CekAja.com

Nah, agaknya kita perlu mengintip kehidupan para anak konglomerat Indonesia. Rupanya, mereka tidak berdiam diri, tetapi membangun usaha sendiri atau turut membantu memegang kendali bisnis orang tua mereka.

Siapa saja para konglomerat Indonesia? Berdasarkan data terbaru dari Forbes, terdapat 21 orang Indonesia yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia 2019. Mereka antara lain Hartono bersaudara, Dato Sri Tahir, dan Chairul Tanjung. Yuk, mengenal anak-anak dari para konglomerat Indonesia yang masuk jajaran orang terkaya dunia berikut ini:

Grace Tahir

Meski ayahnya punya gurita bisnis yang menjalar di banyak bidang, Grace Tahir tidak berdiam diri. Dia malahan berani membangun bisnis baru saat usianya sudah menginjak kepala 3. Grace Tahir adalah anak dari Dato Sri Tahir yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia Forbes 2019 di urutan 424. Kekayaan pria ini mencapai 4,5 miliar dolar Amerika Serikat atau setara Rp63 triliun.

Dato Sri Tahir merupakan pendiri Mayapada Group yang bergerak di bidang perbankan, kesehatan, dan properti. Grace turut membantu bisnis sang ayah, tetapi dia juga punya keinginan membangun perusahaan yang memberikan banyak manfaat.

Wanita itu lalu membangun startup bidang kesehatan yaitu dokter.id yang memberikan layanan konsultasi kesehatan serta Medico yang menyediakan software untuk layanan kesehatan. Dia juga tergabung dalam Angel Investment Indonesia Network (ANGIN). Melalui ANGIN, dia menanam investasi ke beberapa startup lainnya.

(Baca juga: Kiprah 3 Srikandi Inspiratif yang Sukses Lagi Kaya)
Putri Indahsari Tanjung

Wanita muda berparas cantik ini sukses membangun bisnis tanpa bantuan modal dari ayahnya yang masuk jajaran orang paling tajir. Namanya Putri Indahsari Tanjung, anak dari pemilik CT Corp Chairul Tanjung. Dalam data Forbes, CT masuk dalam daftar orang terkaya dunia 2019 di urutan 568 dengan kekayaan 3,7 miliar dolar AS atau Rp51,8 triliun.

Rupanya, meski kaya raya, CT gak memanjakan anaknya. Uang saku Putri saat sekolah termasuk kecil kalau dibandingkan dengan kawan-kawannya. Putri pun tumbuh jadi wanita mandiri yang punya jiwa wirausaha kuat.

Di usia belasan tahun, dia sudah menemukan passion di bidang event. Jadilah Putri kini sibuk sebagai CEO perusahaan bidang Event Organizer (EO) yang dia bangun sendiri, Creativepreneur Event Creator. Hebatnya, dia sanggup gedein bisnisnya tanpa bantuan modal dari orang tua, lho!

Armand Wahyudi Hartono

Armand Wahyudi Hartono adalah anak dari pemilik Djarum Group Robert Budi Hartono. Robert punya kekayaan 18,6 juta dolar AS atau setara Rp260,4 triliun dan berada di urutan 54 orang terkaya dunia versi Forbes 2019.

Robert juga merupakan pemegang saham terbesar BCA. Armand pun memegang jabatan tinggi di BCA. Sejak 2016, dia diangkat sebagai Wakil Presiden Direktur BCA. Meski punya jabatan tinggi, pria ini dikenal punya gaya hidup sederhana dan hemat, lho!

Sebelum menduduki jabatan tersebut, dia pernah menjadi Direktur BCA serta Kepala Perencanaan dan Pembinaan Wilayah BCA. Dia juga pernah merasakan berbagai posisi manajerial di PT Djarum (1998-2004) mulai dari Direktur Keuangan, Deputy Purchasing Director, dan Kepala Sumber Daya Manusia. Dia juga pernah mencicipi menjadi analis di Global Credit Research and Investment Banking, JP Morgan Singapura (1997-1998).

Armand pernah mengenyam pendidikan di University of California, San Diego pada tahun 1996. Dia juga meraih gelar Master of Science di bidang Engineering Economic-System and Operation Research pada tahun 1997 dari Stanford University, Amerika Serikat.

(Baca juga: Belajar Jadi Kaya ala Gamer Jess No Limit)
Agus Salim Pangestu

Agus Salim Pangestu adalah anak dari Prajogo Pangestu. Prajogo merupakan salah satu orang terkaya dunia versi Forbes 2016 di urutan 617 dengan kekayaan mencapai 3,5 miliar dolar AS atau setara Rp49 triliun.

Agus pernah mengenyam pendidikan di Boston College, Amerika Serikat pada tahun 1994 di bidang Ilmu Ekonomi dan Administrasi Bisnis. Kini dia punya jabatan tinggi di perusahaan ayahnya. Dia menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Barito Pacific sejak Juni 2002. Namun, dia gak langsung ujug-ujug lho ada di posisi tersebut. Karena pada awal kariernya pada tahun 1993, dia bekerja di Linkage Human Resources Management.

Dia juga pernah bekerja di Merrill Lynch, Amerika Serikat sebagai analis finansial pada 1995. Dia baru bergabung dengan perusahaan milik orang tuanya Barito Pacific pada bulan Juli 1997. Barito Pacific merupakan grup bisnis yang bergerak di berbagai bidang mulai dari sektor kehutanan, perkayuan dan perkebunan, bisnis petrokimia, serta pertambangan batu bara dan migas. Selain itu, Barito juga masuk ke sektor penyedia energi listrik.

Valencia Herliani Tanoesoedibjo

Valencia Herliani Tanoesoedibjo, salah satu anak dari konglomerat Hary Tanoesoedibjo, rupanya sudah mengelola banyak bisnis di usia yang masih muda. Dia juga telah meraih gelar Master of Arts dari University of Technology Sydney.

Salah satu bisnisnya adalah The F Thing di bidang fesyen e-commerce. Ada pula bisnis perhiasan Clemence Ellery Fine Jewelry serta Woolloomooloo Coffee, kafe yang memadukan konsep bistro dan coffee shop di satu tempat.

Hary Tanoesoedibjo masuk dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes 2019 dengan total harta mencapai 1,1 miliar dolar AS atau setara Rp15,4 triliun. Hary adalah pemilik MNC Group sekaligus seorang politikus.

Kamu juga ingin berbisnis seperti mereka? Tak perlu khawatir soal permodalan. Cek berbagai pilihan kredit di CekAja.com!

(Baca juga: Yuk Cek Kekayaan Rami Malek Si Peraih Best Actor Oscar 2019!)

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami