Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Yuk Jaga Bumi Kita, Kayak Artis – Artis Ini!

by Teti Purwanti on 11 Juni, 2019

Siapa yang mengetahui bahwa usia bumi yang kita cintai ini sudah sangat tua? Tahu mungkin sudah, tetapi sadar sepertinya belum. Karena saat ini masih banyak sekali laporan yang menyebutkan tindakan – tindakan yang membuat bumi kita ini rusak.

Saat ini planet ketiga terdekat dari matahari itu saat ini sudah berumur 4,54 miliar tahun. Bisa dibayangkan berapa generasi manusia yang sudah pernah hidup dan menggoreskan warna di bumi ini.

Gerakan untuk mencintai bumi sempat menjadi gaya hidup beberapa tahun kebelakang. Pola hidup yang dinamakan green lifestyle itu menjadi gaya hidup baru yang umumnya dijalani oleh kaum muda.

Hampir semua kalangan, mulai dari mahasiswa hingga pekerja kantoran, seniman hingga pejabat melakoni gaya hidup green demi bumi yang lebih baik. Di Indonesia, beberapa aktor dan juga musisi juga ikut mengkampanyekan gaya hidup sehat tersebut, ini daftarnya, simak yuk!

1. Hamish Daud

Suami dari penyanyi Raisa ini bukan hanya ganteng dan sayang keluarga, namun juga mencintai lingkungan, terutama laut. Hamish terlibat sangat aktif di kegiatan kampanye Indonesia Ocean Pride.

Kampanye tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga laut termasuk ekosistem yang hidup di sana.

Selain sering kali berkunjung ke beberapa daerah, bahkan pedalaman, Hamish juga gemar berkampanye untuk menjaga lingkungan di media sosialnya. Hamish sering kali menceritakan pengalamannya dan juga menggunakan tanda pagar untuk melestarikan alam Indonesia.

(Baca juga: Yuk Ajak Si Kecil Ke Gunung!)
2. Joe Taslim

Artis yang sudah dikenal dunia internasional ini juga bahkan pernah bekerja sama dengan organisasi WWF Indonesia. Ia ikut mengkampanyekan pelestarian harimau Sumatra yang kini jumlahnya semakin menyusut akibat perburuan liar.

Padahal, berkurangnya satwa apalagi yang sudah langka juga akan sangat mempengaruhi ekosistem yang ada. Karena itu, pemeran Fast & Furious 6 ini juga mengajak masyarakat untuk melawan pedagangan hewan langka secara ilegal.

Kampanye ini bukan hanya didukung Joe, namun juga banyak selebritis lain.

3. Chicco Jerikho

Hampir sama dengan Joe Taslim, istri dari Putri Marino ini juga didapuk oleh WWF Indonesia untuk mengampanyekan pelestarian satwa langka di Tanah Air. Dirinya ditunjuk sebagai Elephant Warrior untuk konservasi pelestarian gajah Sumatra.

Selain itu, Chicco dan Putri terlibat dalam kegiatan Stop Illegal Wildlife Trade untuk menjaga kelestarian satwa langka di Indonesia.

Sementara itu, baru-baru ini Chicco juga kerap kali mengampanyekan untuk mengurangi penggunaan plastik. Apalagi Indonesia adalah negara kedua terbesar yang menyumbang sampah plastik di lautan.

Menurutnya, manusia tidak akan mati kalau mengurangi sampah platik sekali pakai termasuk sedotan. Chicco menyarankan agar sekarang harus lebih banyak orang yang membawa tas belanja sendiri dan juga membawa gelas atau botol minum sendiri untuk meminum kopi.

(Baca juga: Yuk Beralih Ke Gaya Hidup ‘Zero Waste’!)
4. Nadine Chandrawinata

Mantan Putri Indonesia ini bisa dibilang paling giat dalam mengampanyekan pelestarian lingkungan di Indonesia. Nadine bergabung dalam organisasi Sea Soldier fokus dalam kampanye pelestarian laut di Indonesia.

Tak hanya itu, berbagai kegiatan seperti pembersihan sampah di pantai, kemudian penanaman hutan bakau adalah sebagian kecil kepedulian dirinya terhadap lingkungan, khususnya laut Indonesia.

Nadine juga kerap kali mengisi berbagai seminar dan tidak bosan-bosan mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dari hal-hal kecil dimulai dari rumah.

5. Ridho dan Kaka Slank

Tidak jauh dari Hari Lingkungan Hidup, dirayakan pula Hari Laut Sedunia yang dirayakan setiap 8 Juni. Apalagi, Indonesia menjadi negara dengan penyumbang sampah di laut terbesar kedua, tidak aneh kalau banyak artis yang berkampanye untuk menjaga laut kita.

Kaka dan Ridho Slank juga menjadi dua pesohor yang kerap mengajak untuk menjaga laut. Rido dan Kaka tergabung dalam Pandu Laut Nusantara, organisasi yang bertujuan menjaga laut Indonesia terutama dari sampah plastik.

Tidak hanya sekadar mengajak, Ridho dan Kaka membatasi penggunaan plastik dan membawa botol minum setiap bepergian. Selain itu, bersama teman-teman Slank keduanya membuka kafe yang menggunakan sedotan dari stainless steel.

Kalau kamu, bagaimana cara kamu untuk menjaga lingkungan? Apakah sudah mulai membawa sedotan, botol minum, dan kantong belanja sendiri? Selain bisa menjaga lingkungan, membawa peralatan sendiri juga hemat loh!

Dengan menggunakan asuransi juga kamu berarti sudah mengkampanyekan gaya hidup “hijau”. Pasalnya kamu sudah melakukan mitigasi atas apa yang akan terjadi, sehingga semua berjalan efisien.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.