Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Yuk, Kenali Pohon Kina Ternyata Bisa Jadi Anti Virus Corona

by Gesti Weningtyas on 20 Maret, 2020

Pohon kina saat ini digadang-gadang menjadi anti virus Corona. Perihal tersebut mencuat setelah  Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil menyatakan hal ini. Pohon kina disebut bisa menyembuhkan virus Corona karena mengandung Klorokuin. Perlu kamu ketahui, klorokuin fosfat ini adalah obat yang sebelumnya digunakan untuk menyembuhkan malaria. Klorokuin fosfat tersebut merupakan senyawa yang bisa memblokir virus Corona atau infeksi yang disebabkan oleh Covid-19.

Pohon Kina Ternyata Bisa Jadi Anti Virus Corona

China sendiri telah memberikan pernyataan bahwa mereka menggunakan klorokuin fosfat yang kepada lebih dari 100 pasien dan cukup efektif untuk menyembuhkan pasien yang telah terinfeksi Virus Corona. Mengetahui zat tersebut cukup efektif dan terkandung pada pohon kina, banyak yang mulai melirik untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Beberapa universitas juga mengajak untuk melakukan penelitian lebih dalam terkait hal ini.

Sejak lama pohon kina memang sudah memiliki khasiat untuk menangani malaria pada tahun 1630 hingga abad ke-20. Indonesia sendiri sempat menjadi produsen terbesar kulit pohon kina hingga tahun 1942. Saat ini pohon kina kembali menjadi perbincangan karena obat dengan kandungan yang sama seperti pohon kina direkomendasikan oleh kementerian Kesehatan China.

Sebenarnya apa saja yang zat yang terkandung pada pohon kina dan apa manfaatnya? Simak ulasan berikut ini:

1. Mengandung Senyawa Antipiretik

Pohon kina dikatakan memiliki senyawa antipiretik yaitu bisa menyembuhkan demam terutama pada pengobatan malaria. Kulit pohon kina ini adalah sumber dari berbagai jenis alkaloid atau yang biasa disebut dengan kuinina. Kandungan dari senyawa antipiretik itu bisa membunuh parasit, virus hingga kuman yang berada di dalam darah. sehingga kulit pohon kina ini bisa mematikan rasa sakit membunuh kuman dan menyembuhkan influenza ringan serta meredakan gejala demam.

Perlu kamu ketahui pohon kina ini sebenarnya pertama kali berasal dari pegunungan Andes. Manfaat kina yang dijadikan sebagai obat membuat Indonesia memiliki perkebunan kina di wilayah Jawa barat dan pabrik di Bandung titik sehingga Kabupaten Bandung barat sendiri adalah daerah yang sangat potensial untuk mengembangkan pohon kina karena didukung oleh karakteristik topografi dan iklim yang sesuai.

2. Menjaga Jantung

Pengobatan dengan pohon kina ternyata sudah dilakukan sejak akhir abad ke-17 titik beberapa studi ilmiah menyebutkan bahwa zat alkaloid yang ditemukan dalam pohon kina yaitu kuinidin yang digunakan sebagai obat aritmia. Sehingga zat tersebut dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung.

Selain itu pohon kina juga disebut bisa menyembuhkan beberapa masalah pembuluh darah seperti varises hingga wasir. untuk mendapatkan manfaatnya bisa Dengan meminum air rebusan pohon kina satu hingga tiga kali sehari titik namun saat ini sudah banyak berbagai pilihan selain kulit pohon kina kering ada juga yang berbentuk serbuk maupun ekstrak kulit pohon kina.

3. Sehatkan Pencernaan

Pohon kina ternyata juga bisa mengatasi masalah pencernaan. sebab kulit pohon kina dapat merangsang produksi cairan dan mengandung enzim yang dibutuhkan pencernaan. parasit dan protozoa yang ada pada usus di pencernaan juga bisa diatasi dengan pohon kina ini. Selain itu pohon kina juga memiliki kandungan analgesik yang bisa menghilangkan rasa sakit dan berbagai manfaat lainnya seperti antibakteri antijamur, stimulan pencernaan, antiseptik hingga keseimbangan saraf.

4. Pengobatan Malaria

Pohon Kina memang sudah sejak lama menjadi obat untuk mencegah atau mengobati malaria karena bisa menjadi anti inflamasi untuk pengobatan rheumatoid arthritis maupun lupus erythematosus. Namun sudah sejak lama pula pohon kina juga memberikan resistensi terhadap pengobatan malaria sehingga beberapa sudah tidak menggunakan pohon kina ini lagi. Meskipun demikian senyawa antipiretik yang bisa menurunkan demam menjadi salah satu keunggulan dari manfaat pohon kina ini. Pasalnya, saat seseorang terkena malaria biasanya akan mengalami demam yang tinggi.

(Baca Juga: Perbedaan Virus Corona dan Flu Biasa yang Perlu Kamu Ketahui)

Itulah beberapa manfaat dari pohon kina selain bisa menjadi anti virus Corona yang saat ini sedang gencar. Manfaat pohon kina Ini kemungkinan besar bisa kita rasakan karena Indonesia memiliki pertanian pohon kina di wilayah Jawa Barat. bagian pohon kina yang diambil adalah kulit dari batang pohon kina, dahan, cabang ranting. perlu kamu ketahui bahwa ranting dengan diameter kurang dari 7 cm sebenarnya memiliki kadar kuinin sulfat yang rendah titik umur pohon kina siap tebang sendiri berusia 9 hingga 11 tahun. Selanjutnya setelah dipanen pohon kina melewati tahapan penyortiran dari bagian tanaman yang tidak diinginkan dan mencuci atau membersihkan kotoran agar kualitas tetap terjaga lalu dilakukan pengeringan di bawah sinar matahari langsung sampai kadar air di bawah 8% dan dikemas pada wadah bersih kedap udara. Laman resmi Wikipedia menyebutkan bahwa produk kina dari perkebunan Indonesia sudah memiliki standar internasional yaitu memiliki kadar quinine sulfate di kelas SQ7.

Kandungan Pohon Kina

Pohon kina memiliki beberapa kandungan yang berasal dari kelompok alkaloid kuinolin yaitu quinine, quinidine, cinchonine dan cinchonidine yang memiliki anti malaria. Sedangkan senyawa alkaloid sendiri pada pohon kina ditemukan pada bagian kulit pohon dan akar.

Kandungan alkaloid di kulit kayu pohon kina sendiri dapat dideteksi dengan cara ekstraksi senyawa alkaloid dari kulit pohon kina. Caranya kulit kayu pohon kina tersebut dipisahkan dari lichen yang menempel kemudian digiling dengan mesin lalu kulit kayu pohon kina dilarutkan dalam dimethyl sulfoxide. Meskipun setiap pohon kina memiliki kandungan tersebut, namun kandungan senyawa alkaloid kuinolin ini berbeda pada setiap spesies pohon kina.

Kina Sebagai Obat Anti Coronavirus

Melihat berbagai manfaat yang diberikan oleh pohon kina maka mungkin saja pohon kina bisa menjadi salah satu obat yang menyembuhkan pasien terinfeksi virus Corona. Sayangnya, di Indonesia sendiri belum ada laboratorium yang memiliki riset terkait pohon kina sebagai obat dari coronavirus. Namun beberapa peneliti menyarankan agar isu pohon kina untuk mengatasi coronavirus harus segera diteliti kembali dan lebih dalam.  Mereka sepakat bahwa pohon kina bisa meningkatkan kekebalan tubuh namun untuk menyembuhkan virus Corona harus diteliti lebih dalam lagi.

Untuk itu kamu yang mengetahui informasi terkait pohon kina anti coronavirus jangan buru-buru panik dan memborong semua kulit pohon kina. Sebab yang paling utama dalam penyembuhan penyakit coronavirus ini adalah daya tahan tubuh yang kuat. Meskipun sudah banyak yang menganjurkan bahwa meminum klorokuin fosfat bisa menyembuhkan virus bukan berarti kita langsung buru-buru mengikuti anjuran tersebut karena belum ada jurnal penelitian yang resmi terkait klorokuin fosfat pada pohon kina. sebab, penelitian terkait klorokuin fosfat baru pada hipotesis awal dan risetnya masih berlangsung.

Hoax Klorokuin di Nigeria

Perlu kamu ketahui di Nigeria sempat beredar pesan bahwa klorokuin fosfat adalah obat yang paling manjur dalam mengobati virus Corona. dalam pesan tersebut tertulis bahwa seseorang harus mengkonsumsi 500 mg klorokuin fosfat selama 8 hari dan pesan itu juga mendesak orang-orang yang membacanya harus segera ke apotik untuk membeli obat klorokuin fosfat ini.

Faktanya, WHO sendiri membantah bahwa obat klorokuin itu bisa menjadi solusi dari coronavirus. sebab hingga saat ini belum ada vaksin maupun obat antivirus yang sangat spesifik untuk mencegah maupun mengobati Covid-19. Selain itu sejumlah dokter di negeri a setelah dikonfirmasi mengatakan dosis penggunaan klorokuin tersebut yang beredar lewat pesan whatsapp sudah melebihi resep untuk pengobatan malaria titik padahal obat itu sudah dilarang di Nigeria sejak tahun 2005 karena adanya tingkat kegagalan obat yang tinggi dan kasus resistensi obat pada beberapa negara.

Hoax terkait klorokuin fosfat Ini akhirnya ditelusuri dan sebuah situs yang menjual klorokuin ditemukan dengan domain dari Inggris. Dalam situs tersebut tertulis klorokuin berisi 14 tablet di bandrol harga 1, 4 juta. setelah ditelusuri dengan teliti lagi situs tersebut ternyata terdaftar pada akhir bulan Februari lalu dengan tanggal yang sama saat pesan berantai terkait klorokuin itu beredar. namun sekarang situs tersebut sudah tidak bisa dibuka lagi karena pemilik situs sedang dalam penyelidikan. Kementerian komunikasi dan informatika Indonesia juga telah memberikan konfirmasi bahwa informasi terkait obat anti malaria klorokuin fosfat yang bisa menyembuhkan pasien virus korona tersebut adalah disinformasi.

Bayangkan, jika kita hanya membaca pesan dan langsung terburu-buru memutuskan untuk membeli obat secara panik banyak sekali resiko yang akan didapat. Oleh karena itu, setelah kamu mendapatkan informasi obat apapun yang bisa menjadi anti virus Corona sebaiknya Cari informasi lagi lebih dalam terkait jurnal resmi dan penelitian. sebaiknya jangan panik dan tidak perlu bertindak terburu-buru.

Pencegahan Tertular Virus Corona

Ingat, virus Corona ini hanya bisa sembuh dengan kekebalan tubuh mu yang kuat. obat yang bisa menyembuhkan belum ada dan kamu hanya bisa melakukan pencegahan agar kamu tidak tertular. Beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah mengarantina diri sendiri dan tidak melakukan perjalanan atau keluar dari rumah apabila tidak ada hal yang sangat penting dan mendesak. Selain itu pastikan kamu selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik.

Untuk saat ini pastikan kamu melakukan social distance dan menjaga jarak apabila bertemu dengan orang lain minimal 1 meter. Lakukan beberapa tips seperti etika batuk yang benar dan jangan bersin sembarangan. Apabila kamu sudah mengalami beberapa gejala seperti tertular virus Corona maka Segera hubungi fasilitas Kesehatan terdekat atau hotline yang telah disediakan pemerintah Daerah masing-masing. Gunakanlah masker apabila kamu mengalami gejala tersebut.

Bersihkan rumah dan konsumsi makanan bergizi serta hindari daging setengah matang. Sebaiknya masak daging dengan matang dan hindari kontak dengan hewan yang kemungkinan bisa menularkan coronavirus. Jika seseorang sudah terinfeksi Virus Corona jangan khawatir sebab ada asuransi yang memberikan perlindungan khusus bagi nasabah yang terinfeksi virus Corona. Sehingga untuk berjaga-jaga dan memberikan proteksi lebih kamu bisa membeli produk asuransi yang menawarkan perlindungan bagi nasabah yang positif terkena virus Corona.

Demikian ulasan terkait pohon kina anti Corona. Semoga kandungan dari kulit pohon kina memang terbukti secara klinis dan melewati berbagai serangkaian penelitian mendalam. Sebab jika pohon kina memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan virus Corona, tentunya pohon kina anti corona akan menjadi solusi tepat untuk penyembuhan pasien yang terinfeksi Virus Corona di Indonesia maupun di negara lainnya.

Tentang Penulis