Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Yuk, Ketahui DP KPR Rp 0 dan Program Serupa di Luar Negeri

by Tisyrin on 26 April, 2017

rumah dp 0%_KPR - CekAja.com

Tak semua orang mampu membeli rumah secara tunai. Karena itu, Kredit Pemilikan Rumah alias KPR menjadi cara yang paling umum untuk mewujudkan pembelian rumah impian.

Namun, uang muka alias down payment (DP) kerap menjadi kendala bagi banyak orang. Tak jarang orang urung mengajukan Kredit Pemilikan Rumah karena belum memiliki uang yang cukup untuk membayar DP. Padahal, mereka mampu untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Pantas saja, ketika salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies-Sandi, menjanjikan program DP 0 rupiah, masyarakat pun sumringah. Seperti apa sebenarnya gambaran rencana program DP 0 rupiah tersebut? Adakah program serupa di luar negeri?

Seperti apa program DP 0 rupiah itu? Apa yang dimaksud DP 0 rupiah?

Berdasarkan hasil hitung cepat, pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Masyarakat sangat menantikan program DP 0 rupiah yang mereka usung.

Dalam situs resmi Anies-Sandi, DP 0 rupiah artinya pihak lain, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  memberikan subsidi atau menalangi DP, dan bank tetap mendapatkan uang muka.

Untuk siapa program ini?

Program nantinya ini ditujukan untuk warga DKI Jakarta (dibuktikan dengan KTP). Selain itu, syarat lainnya adalah warga dengan penghasilan total rumah tangga hingga Rp7 juta per bulan, dan belum memiliki properti sendiri. Termasuk para pekerja informal yang selama ini sulit mendapatkan fasilitas kredit, karena tipe penghasilan yang tidak tetap.

Prioritas utama program ini adalah warga yang telah memegang KTP DKI dalam jangka waktu tertentu, misalnya 5 tahun. Tujuannya untuk menghindari “warga DKI dadakan”.

Seperti apa bentuk properti dalam program ini?

Properti dalam program ini merupakan hunian vertikal sederhana subsidi pemerintah dengan harga hingga Rp350 juta.

Bagaimana ilustrasi program tersebut?

Ilustrasi untuk rumah susun FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) seharga maksimal Rp350 juta, bagi sebuah rumah tangga berpenghasilan total Rp7 juta:

Pokok pinjaman (tanah dan bangunan) = Rp350 juta

Normalnya, konsumen harus membayar DP 15% (15% x Rp350 juta = Rp53 juta). Namun, dalam program ini, Pemprov DKI Jakarta yang akan menalangi DP.

Syarat mendapatkan fasilitas ini, konsumen harus memenuhi persyaratan berikut:

-Warga DKI Jakarta

-Kredit untuk rumah pertama, dan digunakan sebagai rumah tinggal

-Menunjukkan bahwa selama 6 bulan terakhir, dia berhasil menabung sebesar Rp2,3 juta setiap bulan di Bank DKI. Hal tersebut untuk membuktikan bahwa konsumen nantinya mampu membayar cicilan KPR

-Bagi kelompok berpenghasilan tetap melampirkan bukti penghasilan, dan bagi kelompok berpenghasilan tidak tetap melampirkan keterangan penghasilan yang ditandatangani lurah

Apabila lolos penilaian, konsumen harus mencicil sebesar Rp2,3 juta selama 20 tahun (asumsi bunga bank 5% untuk FLPP).

Catatan:

Program ini akan menyediakan berbagai skema, contoh di atas hanya ilustrasi. Skema yang memungkinkan antara lain memperpanjang masa tenor cicilan yang tidak hanya 20 tahun.

Bagaimana program serupa di negara lain?

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, terdapat beberapa pilihan program bagi masyarakat untuk membeli rumah melalui KPR dengan DP ringan atau DP 0%, antara lain:

  1. Pinjaman untuk para veteran

Departemen Veteran Amerika Serikat atau United States Department of Veterans Affairs (VA) memberikan program pembelian rumah dengan KPR tanpa DP untuk veteran terkualifikasi hingga personil militer yang mendapat hak khusus.

Selain tanpa DP, bunga KPR untuk program ini tergolong sangat rendah. Bagi mereka yang baru pertama kali mengajukan KPR, hanya dikenakan bunga 1,25% – 3,3%.

  1. Navy Federal

Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat menjalankan program bernama Navy Federal. Program ini ditujukan untuk anggota militer yang masih aktif. Mereka berhak mendapatkan pembiayaan rumah tanpa DP.  Bunga untuk program ini hanya sekitar 1,75%.

  1. USDA (US Department of Agriculture’s) loans

Program ini berlaku untuk rumah di area-area tertentu, dan terdapat batasan pendapatan bagi mereka yang ingin mengikutinya.

China

Di China, sempat gencar promosi hunian dengan tema tanpa DP.  Alasannya, karena hunian tidak laku terjual sementara stok masih banyak. Namun, strategi ini kurang berhasil sehingga muncul fenomena kota hantu.

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami