Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Yuk, Mampir ke Tempat Wisata Kuliner Enak dan Murah di Kota Pasuruan

by Vera Khairifah on 4 November, 2019

Kota-kota di Provinsi Jawa Timur memang dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan kulinernya. Termasuk wisata alam serta wisata kuliner enak dan murah di Kota Pasuruan.

Dilihat dari letak geografisnya, Kota Pasuruan memiliki daerah pinggir pantai hingga daerah pegunungan. Sehingga tak mengherankan jika wisata alam dan kulinernya begitu beragam. Di sisi Timur, Kota Pasuruan berbatasan dengan Kota Probolinggo dan berbatasan dengan Kota Malang di sisi Selatan.

Wisata Alam Pasuruan

Wisata kuliner enak dan murah di Kota Pasuruan mudah ditemui di sekitar area tempat wisata alam. Secara garis besar, wisata alam Pasuruan terdiri dari area puncak atau dataran tinggi, danau, dan pantai. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemandian Alam Banyu Biru

Adalah tempat wisata renang yang kolam airnya bersumber dari alam asli dan berwarna kebiruan. Lokasinya di desa Sumber Rejo, kecamatan Winongan. Buka setiap hari pada jam 8 pagi hingga 5 sore.

  • Pantai Karang Hitam

Pantai di sisi laut Utara memang tidak sebiru laut Selatan. Tetapi, di pantai ini dihiasi dengan karang-karang besar yang eksotis dan indah. Untuk sampai di pantai ini, kamu harus datang ke daerah Kebun, Wates, kecamatan Lekok.

  • Danau Ranu Grati

Tak jauh dari Jalan Raya Pantura yang memasuki daerah Bandilan, ada danau yang sangat terkenal bernama Ranu Grati. Danau ini cukup besar dan terdapat area tambak serta sewa perahu milik warga.

  • Kawasan Tretes

Ini adalah kawasan dataran tinggi di Pasuruan. Suhu udara yang agak dingin masih terasa di sini dan dijadikan tempat wisata favorit warga Pasuruan dan Malang.

  • Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading adalah salah satu tempat wisata air terjun yang pemandangannya indah. Selain cukup tinggi curahan airnya, ada juga bebatuan besar yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Lokasinya ada di daerah Cemorogading, Ngadirejo, Tutur.

Wisata Kuliner Enak dan Murah di Kota Pasuruan

Beberapa tempat wisata kuliner enak dan murah di Kota Pasuruan yang terkenal dan wajib kamu kunjungi di antaranya adalah:

  • Lesehan Pak Sholeh

Makanan rumahan dengan cita rasa yang sedap meskipun tampilannya sederhana memang cukup dikenal warga Jawa Timur. Lesehan Pak Sholeh di Jalan Ahmad Yani, Tenggulanan, Tunggul Wulung pun menjadi salah satu destinasi wisata kuliner enak dan murah di Kota Pasuruan yang terkenal.

(Baca juga: Ini 8 Tempat Kuliner di Bandung yang Murah Meriah, Kuy Kepoin!)

Sajian makanan seperti nasi, ayam dan bebek goreng, serta aneka sayuran bisa kamu santap mulai dari harga Rp 15 ribu. Letak tempat makan ini mungkin akan agak susah ditemui, namun selalu ramai pembeli. Lesehan Pak Sholeh buka mulai jam 08.00 hingga 22.00 WIB.

  • Warung Nasi Punel Hj. Lin

Warung ini terletak di Jalan DR. Soetomo No. 9, Gempeng, Bangil. Dengan harga Rp20 ribu per porsi, kamu bisa makan nasi dengan pilihan lauk ayam, daging, paru, jeroan, sate kerang, dan masih banyak lagi. Buka mulai pukul 06.30 hingga 20.00 WIB.

  • Soto Gondrong

Enggak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Jawa Timur tanpa makan soto. Di Soto Gondrong, cita rasa sotonya cukup khas dengan bumbu khusus dan kegurihan yang nikmat. Seporsi soto dihargai Rp12 ribu-an. Buka mulai 09.00 pagi, lokasinya berada di Jalan Tanjung Arum, Prigen.

  • Kupang Lontong Pak Coboy

Selain soto, sajian kupang lontong atau lontong dengan kerang kecil juga menjadi ciri khas makanan Jawa Timur. Kupang Lontong Pak Coboy ini selalu ramai, terutama di jam makan siang dan malam.

Harga seporsi kupang lontong sekitar Rp12 ribu, sedangkan sate kerangnya Rp1.000 per tusuk. Porsinya cukup banyak lho, sehingga terbilang murah. Tempat makan ini buka mulai pukul 12.00 hingga 19.00 wib.

  • Bakso Cak Man Pdk

Bakso berukuran besar yang direbus maupun digoreng dengan harga murah ada di sini. Sambelnya juga dijamin pedas, dan ada juga menu nasi goreng serta es campur yang nikmat.

Yuk langsung aja ke Bakso Cak Man Pdk di Jalan Raya Malang – Gempol No. 121, Kademangan Lor, Capang, Purwodadi, Pasuruan. Buka di jam 09.00 sampai 23.00 WIB.

  • Ote-ote Miraza

Kalau kamu ke Pasuruan, ote-ote menjadi makanan yang harus dicoba juga. Meskipun begitu, ini makanan nonhalal karena ote-ote adalah makanan mirip pastel dengan bentuk kue dorayaki yang berisi daging babi cincang. Harganya Rp17.500 per piece, dan bisa dibeli di restoran Miraza di Jalan Raya Kasri No. 49, Pandaan.

(Baca juga: Daftar Kuliner Murah di Palembang, Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima)

Sebelum liburan ke Pasuruan, manfaatkan beragam promo kartu kredit yang bisa kamu gunakan untuk memesan tiket pesawat atau hotel ya. Pilih sendiri kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup kamu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast