Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Yuk, Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Menghemat Biaya Belanja

by Tisyrin on 29 November, 2016

tips hemat_kartu kredit - CekAja.com

Sadarkah kamu jika pekarangan rumah meskipun sempit dapat kamu manfaatkan untuk banyak hal? Ya, kamu bisa menanam sayur-sayuran untuk konsumsi sendiri. Selain akan menghemat biaya belanja harianmu, kamu juga bisa menghasilkan sayuran organik yang lebih sehat.

Dengan konsep urban farming, lahan sempit di perkotaan pun bisa lebih produktif. Namun, tak semua jenis sayuran mudah berkembang di lahan sempit. Berikut beberapa jenis sayuran yang cocok untuk kamu tanam di rumah.

Cabai

Orang Indonesia sangat menyukai sambal. Tidak lengkap bukan rasanya makan tanpa sambal? Nah, lebih asyik lagi jika kamu punya pohon cabai sendiri. Manfaatkan tanah pekarangan maupun pot untuk menanam cabai.

Untuk mendapatkan benih yang berkualitas, rendam biji cabai dalam air lalu pilih biji yang tenggelam. Sebelum ditanam di tempat yang kamu inginkan, kamu bisa menyemai benihnya terlebih dahulu agar menjadi bibit. Setelah siap, baru pindahkan bibit ke tempat yang kamu inginkan dan jangan lupa untuk menyiramnya. (Baca juga: 5 Mobil Ini Dibuat Khusus untuk Pria Maskulin)

Tomat

Kamu membutuhkan tomat untuk membuat sambal atau sebagai bahan pelengkap saat memasak. Pilih biji yang berkualitas dari tomat yang sehat, kemudian lakukan persemaian. Setelah itu, barulah tanam bibit tomat di tempat yang kamu inginkan.

Kangkung

Kangkung sangat lezat untuk dikonsumsi meskipun kamu hanya mengolahnya dengan cara ditumis. Agar punya persediaan kangkung sendiri di rumah, belilah benihnya di toko pertanian atau toko online.

Kamu bisa menanamnya secara konvensional yaitu pada tanah, dengan atau tanpa persemaian.  Selain membeli benih, pilihan lain menanam kangkung yaitu dengan cara stek. Dan jika kamu enggan menanam di tanah, cobalah teknik hidroponik.

Bayam

Sayuran yang satu ini kaya akan gizi dan enak disantap. Selain dimasak menjadi sayur bayam, kamu bisa mengolahnya menjadi keripik bayam ataupun tumis bayam. Benihnya tersedia di toko pertanian atau toko online. Untuk menanamnya secara konvensional, bisa secara langsung maupun disemai terlebih dahulu. Seperti kangkung, bayam juga bisa ditanam dengan cara hidroponik.

Kemangi

Kemangi sangat lezat dijadikan sebagai lalapan, apalagi aromanya yang wangi akan menambah selera makan. Tanpa perlu dimasak, kemangi sudah siap disantap. Enak sekali bukan jika kamu punya pohon kemangi sendiri? Seperti kangkung atau bayam, kamu bisa menanam kemangi menggunakan benih maupun stek. Cara menanamnya bisa secara konvensional maupun hidroponik.

Selada

Selada bisa kamu makan sebagai salad maupun disantap bersama sandwich dan burger. Kamu juga bisa mencari benih selada di toko pertanian dan toko online. Setelah disemai, pindahkan ke tempat yang diinginkan. Selain dengan cara konvensional, bisa juga menanamnya dengan cara hidroponik. (Baca juga: Mau Karier Kamu Mengkilap di Tahun 2017? Ini Resolusi yang Harus Dibuat)

Sawi

Ada beberapa jenis sawi. Jika ingin menanamnya, tinggal pilih yang sesuai dengan seleramu. Seperti sayuran lainnya, kamu bisa membeli benihnya kemudian menanamnya di rumah. Sawi juga bisa ditanam dengan cara konvensional maupun hidroponik.

Butuh dana cepat untuk membiayai kebutuhan darurat? Kenapa tidak manfatkan pinjaman online. Ajukan sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.