Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Yuk Mengenal Lebih Jauh Manfaat Kartu Debit Berlogo GPN

by Achmad Fauzi on 1 Agustus, 2018

Bank Indonesia (BI) tak bosan-bosan mendorong masyarakat agar mengganti kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau lebih dikenal kartu debit dengan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Saat ini masih banyak kartu ATM masyarakat yang menggunakan sistem pembayaran luar negeri seperti Visa dan Mastercard.

Padahal, banyak manfaat yang bisa masyarakat dapatkan setelah mengganti kartu ATM dengan logo GPN. Apalagi, jika Anda menggunakannya, artinya Anda telah mendukung teknologi ciptaan dalam negeri. Karena, GPN merupakan sistem pembayaran yang dikembangkan oleh Bank Indonesia sendiri.

Manfaat Kartu Debit Berlogo GPN

Menurut Bank Indonesia, setidaknya ada 5 manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan kartu debit GPN. Manfaat ini tidak bisa ditemui di sistem pembayaran lain seperti Visa dan Mastercard. Nah, berikut 5 manfaat tersebut.

(Baca juga: Apa Sih Keuntungan Kartu Debit Berlogo GPN?)

Bisa transaksi di semua kanal

Dengan kartu debit GPN, Anda bisa melakukan transaksi di semua kanal pembayaran, karena sistem GPN telah terkoneksi dengan semua perbankan. Semua proses transaksi dan pembayaran juga akan ditampung di satu sistem. Sehingga, proses transaksi akan cepat dan mudah.

Foto: HSBC
Transaksi dijamin aman

Anda tak perlu takut, transaksi Anda gagal atau malah double dengan menggunakan kartu debit GPN. Pasalnya, kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi. Sehingga, transaksinya dijamin aman dan Anda bisa bertransaksi dengan nyaman.

Selain itu, berbeda dengan sistem pembayaran lain, pada sistem GPN, seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik. Sehingga, tidak ada pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

(Baca juga: Jurus Bank Indonesia Genjot UMKM untuk 'Go International')

Tidak dikenakan biaya MDR

Hadirnya GPN juga memberi keuntungan bagi para pedagang. Bagaimana tidak, dengan adanya transaksi menggunakan kartu debit GPN, para pedagang akan merasakan adanya penurunan Merchant Discount Rate (MDR).

MDR sendiri adalah potongan atau fee yang dibebankan kepada pihak merchant atau pemilik outlet terkait dengan kegiatan transaksi yang dilakukan pada mesin EDC. Awalnya, MDR yang dibebankan kepada pedagang sebesar 2 persen-3 persen. Namun, kini dengan kartu debit GPN biaya MDR turun menjadi 1 persen.

Tabel: Bank Indonesia
Tidak perlu bawa uang tunai terlalu banyak

Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

(Baca juga: Yuk Cek! Olahraga Apa yang Bisa Menurunkan Berat Badan?)

Potongan administrasi lebih murah

Dengan kartu debit GPN, potongan administrasi perbankan juga lebih murah. Selain itu, biaya transfer dengan beda bank juga akan lebih murah. Mengapa? Karena seluruh proses dilakukan secara domestik sehingga lebih efisien.

Jadwal penukaran GPN

Anda bisa mendapatkan kartu debit GPN dengan menukarkan langsung kartu debit Anda ke kantor cabang perbankan terdekat. Bank Indonesia pun telah juga bekerja sama dengan perbankan menyelenggarakan Pekan Penukaran Kartu Berlogo GPN di 17 wilayah yang tersebar di Indonesia selama periode 29 Juli-3 Agustus 2018.

Penukaran kartu ATM diselenggarakan pada 3 tahap hingga Oktober 2018. Hal ini sejalan dengan kewajiban pencantuman logo nasional (GPN) untuk kartu ATM/debit yang telah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2018. Perlu diingat pergantian kartu ini tanpa dikenakan biaya alias gratis.

(Baca juga: 5 Cara Kreatif Atur Uang untuk Membeli Gadget Baru)

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami