Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Yuk, Mudik Lewat Jalur Selatan Jawa, Pemandangannya Indah!

by Tisyrin N. T on 31 Mei, 2019

Hari ini merupakan hari terakhir efektif bekerja bagi para karyawan sebelum libur Lebaran. Pastinya senang sekali bukan, karena jadwal mudik sudah di depan mata. Nah, buat kamu yang akan mudik dengan mobil pribadi, jalur selatan Jawa bisa jadi alternatif selain jalur Pantura atau tol Trans Jawa.

mudik-jalur selatan Jawa

Jalur Selatan Jawa Lebih Lengang

Jalur Tol Trans Jawa diprediksi akan jadi jalur favorit para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, untuk menghindari kepadatan, jalur selatan Jawa bisa menjadi pilihan. Kondisi jalur tersebut dipastikan siap untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Seperti dilansir laman setkab.go.id, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi jalur selatan Jawa seperti Nagreg, Tasikmalaya, dan Garut akan lebih lengang daripada jalur yang lain. Selain itu, pemandangan yang indah dan banyaknya tempat pariwisata bisa menjadi pilihan jalur yang menyenangkan bagi pemudik.

Tempat Wisata di Jalur Selatan Jawa

Menhub juga memprediksikan puncak arus mudik akan terjadi pada hari ini (31/5). Nah, bagaimana? Kamu sudah siap mudik? CekAja merangkum beberapa tempat wisata di jalur selatan Jawa yang bisa kamu kunjungi, cek yuk!

  • Green Canyon, Pangandaran

Kalau kamu mau mencoba body rafting, kamu bisa mendatangi Green Canyon. Tempat wisata di Pangandaran, Jawa Barat, ini sudah tak asing lagi bukan namanya? Bukan cuma menjajal aktivitas seru, matamu juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang ada. Pesona tempat ini disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Objek wisata lain yang bisa kamu kunjungi di Pangandaran yaitu Pantai Batu Karas. Pantai ini adalah surga bagi para peselancar pemula. Nah, jangan lupa ya untuk mampir ke Pangandaran yang sudah dikenal sebagai tujuan wisata favorit.

(Baca juga: Mudik ? Jangan Lupa Siapkan Asuransi Kendaraan!)
  • Candi Cangkuang, Garut

Garut juga memiliki peninggalan agama Hindu berupa candi. Kamu bisa mengunjungi Candi Cangkuang yang berada di Desa Cangkuang. Lokasinya dikelilingi oleh danau, sehingga jika ingin ke sana harus menggunakan rakit.

Di area candi juga ada makam kuno yang terbuat dari batu serta museum. Museum tersebut menyimpan koleksi barang antik, kitab kuno, buku sejarah, dan sebagainya. Terdapat pula fasilitas di area candi berupa penginapan, toko cinderamata, taman, hingga perahu untuk menyusuri danau.

  • Baturraden, Purwokerto

Baturraden adalah kawasan wisata yang berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam dan udara yang sejuk. Banyak sekali wahana permainan yang bisa dinikmati di tempat ini.

Pesona alamnya mulai dari air terjun, hutan pinus, hingga taman bunga akan memanjakan matamu. Ada pula koleksi tanaman langka, waterboom, hingga koleksi satwa langka. Kalau ingin bermalam, tersedia juga penginapan di sekitar area wisata.

  • Pantai-pantai di Kebumen

Tahukah kamu kalau pantai-pantai di Kebumen, Jawa Tengah, punya pesona menawan? Salah satu pantai yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Menganti. Kamu bisa bersantai di gazebo yang tersedia di pantai ini untuk melepas lelah.

Selain Pantai Menganti, ada pula Pantai Ayah, Pantai Bopong, Pantai Suwuk, Pantai Karang Bolong, dan banyak lagi yang bisa kamu sambangi. Kamu bisa memilih pantai yang lokasinya tak terlalu jauh dari jalur mudik kalau gak punya banyak waktu.

  • Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Kabupaten Gunung Kidul di Yogyakarta juga punya banyak pantai cantik seperti Pantai Drini, Pantai Indrayanti, dan Pantai Timang. Pastinya, pemandangan yang disuguhkan akan mampu mengusir lelah.

Perjalanan mudik lewat jalur darat memang akan membuat badan terasa lelah. Jadi, sebelum kendaraanmu melaju lebih jauh, tak ada salahnya mampir ke pantai.  Asyik sekali bukan? Kamu bisa beristirahat ditemani semilir angin.

  • Kota Yogyakarta

Banyak sekali pilihan tempat yang bisa kamu singgahi di Kota Yogyakarta. Buat kamu yang doyan belanja, mampir saja ke Malioboro, Yogyakarta. Kamu bisa berburu aksesori, oleh-oleh, pakaian, dan sebagainya.

Sebagai kota wisata, Yogyakarta juga punya banyak pilihan hotel. Jadi, kamu bisa menginap dulu semalam biar gak kelelahan karena menempuh perjalanan jauh.

(Baca juga: Mudik Pakai Mobil? Perlengkapan Ini Jangan Sampai Lupa Dibawa Ya!)
  • Pantai- pantai di Pacitan

Lagi-lagi, kamu akan menjumpai pantai indah di sekitar jalur selatan Jawa. Di Jawa Timur, kamu bisa rehat sejenak di Pacitan. Banyak pantai indah yang siap menyambutmu seperti Pantai Banyu Tibo dan Pantai Klayar.

Gak cuma pantai, Pacitan juga terkenal sebagai Kota Seribu Goa. Jadi, berwisata ke goa juga bisa jadi pilihan selain pantai. Eits, jangan lupa ya siapkan asuransi terbaik sebelum mudik! Cek pilihannya di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami