Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Yuk! Pilih-Pilih Jenis Pinjaman Bank DKI

by lhmdi on 5 July, 2016

pinjaman uang cepat_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Sebagai salah satu bank daerah yang berpusat di kota, tentunya banyak masyarakat yang akan mengajukan pinjaman Bank DKI untuk mendapatkan bantuan pinjaman dana.

Bank DKI sendiri sebenarnya adalah PT Bank Pembangunan Daerah Djakarta Raya, pada 30 April 1961, dimana kepemilikan bank ini berada di tangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Seiring berjalannya waktu Bank DKI pun kian berkembang dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mulai dari pelayanan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat hingga memberikan fasilitas-fasilitas bagi masyarakat yang bergabung sebagai nasabah.

Tentu saja, pinjaman dana merupakan salah satu hal penting yang perlu dijalankan untuk meningkatkan aktifitas perbankan maupun kegiatan masyarakat. Beberapa pinjaman tersebut di antaranya dapat digunakan untuk membeli rumah hingga kredit mikro dari Bank DKI.

Bahkan dalam waktu dua tahun terakhir, dibawah pimpinan mantan gubernur Basuki atau yang dikenal dengan Ahok, Bank DKI dibuat senyaman mungkin untuk digunakan. Sebagai contoh, masyarakat yang menjadi nasabah Bank DKI dapat menikmati fasilitas gratis transportasi, hingga layanan publik terbaik lainnya seperti pendidikan dan kesehatan.

Dua Jenis Bank DKI

Hampir sama seperti bank-bank milik pemerintah atau bank swasta lainnya, Bank DKI mengenalkan dua jenis bank yang mereka miliki saat ini. Pertama adalah bank konvensional yang diberi nama bank DKI, dan yang kedua adalah Bank DKI Syariah, yang disesuaikan dengan ketentuan yang didasarkan pada pertimbangan ekonomi Syariah.

Keduanya memiliki berbagai macam produk menarik. Untuk Bank DKI Konvensional, terdapat beberapa produk seperti tabungan, deposito atau giro. Begitu pula dengan layanan kreditnya, Bank DKI memiliki layanan seperti, kredit modal kerja, kredit investasi hingga kredit dengan agunan.

Agar menarik banyak minat masyarakat dalam menggunakan layanan perbankan dari bank pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terdapat juga beberapa promo bank DKI yang disebar. Nah! bagi kamu yang tertarik menggunakan layanan promo ini, berikut beberapa pilihan promo dari Bank DKI saat ini.

  1. Savematic TabunganKu

Kalkulator simulasi kredit bank - CekAja.com

Bagi para Pegawai Negri Sipil atau PNS DKI Jakarta, rasanya tidak salah mencoba program promo dari Bank DKI ini. Savematic TabungaKu merupakan sebuah program tabungan rutin bulanan melalui fasilitas autodebet yang dia,bil dari rekening gaji PNS atau masyarakat umum yang memiliki tabungan di Bank DKI.

Penawaran menarik ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti setoran Rp 100.000 per bulan, nasabah gratis mendapatkan souvenir dari IKEA dengan catatan melakukan transaksi debet minimal Rp 300.000.

  1. Bank DKI Goes to School

sekolah swasta terbaik_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Pemerintah DKI Jakarta juga berusaha untuk menarik minat bagi sekolah-sekolah untuk ikut dalam program Canvassing melalui sekolah-sekolah yang menerima Kartu Jakarta Pintar atau KJP.

Bagi sekolah-sekolah yang ada di Jakarta, keuntungan mengikuti program ini adalah mendapatkan dana bantuan serta perbaikan dan kelengkapan sekolah, bantuan pustaka, hingga bantuan untuk kegiatan siswa dan karyawan dalam bentuk sponsor.

Syaratnya pun sangat mudah, bagi guru hanya cukup membuka rekening tabungan di bank DKI, sementara itu, bagi siswa perlu dilengkapi dengan fotokopi kartu keluarga, fotokopi kartu tanda penduduk dari orang tua.

Promo Pinjaman Bank DKI

Pada tahun 2015 yang lalu, Bank DKI memberikan keuntungan yang maksimal bagi masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman di bank DKI. Salah satunya adalah nilai pinjaman yang mencapai Rp 500.000.000 kepada para nasabahnya.

Namun, untuk meningkatkan minat pada pinjaman yang diinginkan oleh masyarakat, pemerintah menambah promo pinjaman ini. Pinjaman yang tergolong pada kredit multiguna ini dibagi dua, yaitu, pertama kredit multiguna pegawai aktif dan kredit multiguna masa persiapan pensiun dan Purna Karya.

Nah! Bagi kamu yang ingin mengetahui seperti apa gambaran promo pinjaman dari Bank DKI, berikut dua pilihan yang ditawarkan oleh Bank DKI:

  1. Kredit multiguna pegawai aktif

Pinjaman ini merupakan jenis pembiayaan yang ditujukan bagi pegawai aktif yang pembayaran pendapatan atau gajinya dilakukan melalui bank DKI, atau perusahaan dimana debitur memiliki perjanjian kerjasama penyaluran kredit multiguna menggunakan layanan Bank DKI.

Fasilitas pembiayaan yang ditujukan bagi Pegawai Aktif yang pembayaran gajinya dilakukan melalui Bank DKI, atau perusahaan tempat debitur bekerja telah memiliki perjanjian kerja sama penyaluran KMG dengan Bank DKI.

  1. Kredit multiguna masa persiapan pensiun dan Purna Karya

Pinjaman ini sendiri dibagi dua, yaitu kredit multiguna purna karya yang ditujukan kepada pegawai aktif, maka, jenis pinjaman ini ditujukan pada pegawai yang tengah bersiap untuk pensiun dan pembayarannya dilakukan melalui PT Taspen atau badan pengganti yang ditetapkan pemerintah melalui bank DKI.

Berikutnya adalah MPP uang merupakan kependekan dari kredit multiguna masa persiapan pensiun. Fasilitas pinjaman ini diberikan bank DKI kepada pegawai pemerintah Provinsi DKI yang memiliki masa aktif tersisa dua tahun sebelum pensiun.

Dari dua jenis pinjaman Bank DKI yang tergabung dalam fasilitas promo ini terlihat, layanan perbankan ini ingin menarik minat masyarakat untuk bergabung dan menggunakan layanan maksimal tentang pinjaman.

Pinjaman ini tentunya bisa diolah lagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabahnya. Namun, selain dua jenis pinjaman yang tergabung dalam promo Bank DKI, terdapat dua jenis pinjaman lagi yang patut untuk dicoba. Apa saja ya?

Kredit untuk Usaha

takut miliki kartu kredit _ kartu kredit - CekAja.com

Kredit ini merupakan fasilitas pinjaman yang diberikan dalam nilai rupiah maupun nilai mata uang asing untuk dijadikan pembiayaan modal usaha atau kegiatan untuk bisnis dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Bank DKI sendiri, kredit modal kerja ini dapat digunakan untuk usaha di bidang pertanian, pertambangan, industri. listrik, gas, konstruksi, restoran, hotel, logistik, hingga jasa sosial.

Bank DKI sendiri akan membiayai 70 % maksimal dari kebutuhan modal kerja. Sementara itu, kredit modal kerja ini juga ditetapkan memiliki agunan, namun tanggungannya adalah objek usaha yang sedang dibiayai.

Nah! Bagi kamu yang tertarik menggunakan kredit modal kerja dari Bank DKI, terdapat beberapa persyaratan berikut:

  1. Memiliki usia yang sudah berjalan hingga dua tahun.
  2. Mengajukan surat permohonan kredit.
  3. Memiliki legalitas usaha seperti akte pendirian, NPWP, SIUP, dan TDP.
  4. Wajib melampirkan laporan keuangan selama dua tahun terakhir.
  5. Menyerahkan bukti rekening koran dalam waktu enam bulan terakhir.
  6. Menyerahkan bukti agunan atau objek yang dibiayai.
  7. Melampirkan profil tentang perusahaan serta bukti proyek kerja dalam dua tahun terakhir, khusus untuk usaha bidang kontraktor umum.

Jenis pinjaman berikutnya adalah kredit investasi yang merupakan dana segar untuk jangka menengah atau panjang yang diberikan kepada calon debitur baik perusahaan perorangan untuk digunakan sebagai pembiayaan barang-barang modal pendukung usaha.

Proses pembiayaan yang diberikan juga hampir serupa dengan kredit modal kerja, dimana Bank DKI akan menanggung pembiayaan sebesar 70%. Sementara itu, pinjaman dari Bank DKI yang satu ini juga memiliki agunan utama yaitu objek usaha yang dibiayai.

Persyaratannya hampir serupa dengan kredit investasi, yaitu minimal usaha dua tahun, mengajukan surat permohonan kredit, akte pendirian perusahaan, yang dilengkapi dengan NPWP, SIUP dan TDP.

Selanjutnya perusahaan juga wajib menyerahkan laporan keuangan dalam dua tahun terakhir, rekening koran dalam jangka waktu enam bulan terakhir, menyerahkan bukti agunan, serta dilengkapi dengan dokumen penilaian proyek atau Feasibility study.

  1. Kredit agunan deposito

Terakhir, kredit agunan deposito yang merupakan fasilitas kredit dalam nilai rupiah atau valuta asing dan diberikan kepada badan usaha seperti PT, Koperasi, BUMD, hingga Yayasan dan Dana Pensiun.

Tidak berhenti disitu, pinjaman ini juga diberikan pada perorangan dengan agunan tunai berupa deposito berjangka milik Bank DKI dengan perpanjangan yang dilakukan otomatis.

Manfaat dari kredit deposito ini adalah penarikan yang dapat dilakukan setiap saat, pelunasan yang disesuaikan dengan jatuh tempo kredit. Sementara itu jangka waktu kredit pun cukup lama yaitu satu tahun dan dapat diperpanjang. Limit kredit maksimum yang diberikan adalah 95% dari nilai deposito yang dimiliki.

KPR Bank DKI

rumah murah_KPR - CekAja.com

Terakhir, meskipun tidak tergabung dalam promo pinjaman dari Bank DKI atau jenis kredit multiguna lainnya, namun pinjaman yang satu ini layak dicoba.

Salah satunya adalah pinjaman untuk pembelian rumah yang bernama KPR Griya Monas. Pinjaman ini ditujukan pada perorangan untuk membeli rumah tapak, ruko, rukan, atau kebutuhan konsumtif yang beragunan properti.

Tidak hanya itu, masih terdapat beberapa fasilitas lainnya seperti refinancing KPR, Take over KPR, hingga renovasi yang termasuk dalam layanan KPR Griya Monas

Jenis pinjaman yang satu ini dapat diajukan oleh Pegawai Negeri Sipil DKI Jakarta atau juga karyawan yang sudah memiliki penghasilan tetap, profesional seperti dokter hingga wirausahawan dan wirausahawati.

Tertarik mencoba beragam pinjaman dari Bank DKI ini?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami