Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Yuk Pilih-pilih Kredit Rumah Murah Tahun 2017

by lhmdi on 31 Mei, 2016

uang muka KPR _kredit rumah - CekAja.com

Pencarian kredit rumah murah bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah mungkin akan segera berakhir.

Beberapa waktu yang lalu, salah satu program pemerintah yang diusahakan oleh salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur adalah pembelian rumah murah tanpa down payment atau uang muka membeli rumah di Jakarta.

Meskipun program ini belum jelas apakah akan segera terwujud, namun nyatanya, beberapa perusahaan baik swasta dan pemerintah saling bahu-membahu memberikan pelayanan pembelian rumah dengan nilai kredit yang terjangkau bagi masyarakat.

Selain itu, masih terdapat pilihan lainnya, yaitu rumah murah yang ditawarkan pemerintah pusat dengan bekerjasama Bersama pengembang dan bank pemerintah untuk menghadirkan rumah. Bahkan uang muka dari rumah ini sangat kecil dan terjangkau bagi masyarakat.

Akan tetapi, pilihan akan kredit rumah yang murah dan terjangkau saat ini semakin banyak. Nah! Bagi kamu yang sedang mencari rumah murah dengan nilai kredit yang terjangkau mencakup bunga dan cicilannya, bisa memilih beberapa layanan pembelian rumah berikut ini:

  1. Go-jek dan BTN

Bank Tabungan Negara atau yang dikenal dengan BTN ternyata bekerjasama dengan layanan ojek online atau daring. Go-jek untuk menghadirkan rumah mudah. Tentu saja, program ini khusus disediakan bagi para pengemudi atau mitra Go-jek lainnya.

BTN sendiri ternyata mengajak 12 pengembang perumahan untuk menyediakannya di beberapa lokasi agar mitra atau pengemudi Go-jek dapat menikmati kredit murah rumah di Bekas, Tangerang, Depok, hingga Ciputat.

Tipe rumah yang dihadirkan untuk mitra dan pengemudi gojek pun bervariasi, sehingga dapat dipilih sendiri. Mulai dari tipe 21 hingga tipe 36 dengan luas tanah antara 60 hingga 70 meter.

Rumah ini dapat dibeli dengan menggunakan uang muka sebesar satu persen serta nilai bunga lima persen tetap selama 20 tahun. Perkiraannya, pengemudi dan mitra Go-jek dapat menabung sebesar Rp 42.000 tiap harinya selama dua puluh tahun untuk mendapatkan rumah ini.

Bahkan, BTN mengklaim sudah ratusan pengemudi serta mitra Go-jek yang tertarik dan lolos pengecekan persyaratan kredit rumah dari Bank Indonesia.

  1. BPJS dan BTN

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan bersama Bank Tabungan Negara atau BTN pun sudah bekerjasama menghadirkan kredit rumah murah dan juga mudah. Hanya dengan uang muka atau down payment sebesar satu persen bagi peserta aktif dan dapat memaksimalkan nilai kredit rumah hingga Rp 500.000.000.

Program rumah murah ini diberikan kepada pekerja formal dan non-formal yang terbagi pada dua yaitu, masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR dan masyarakat dengan pendapatan yang lebih baik atau non-MBR.

Bagi masyarakat yang masih memiliki penghasilan rendah, fasilitas KPR yang diberikan maksimal 99 persen dari harga rumah. Sementara itu bagi masyarakat non-MBR mendapatkan kredit rumah maksimal sebesar 95 persen dari harga rumah yang ditaksir sebesar Rp 500.000.000.

Bagi kamu yang tertarik mengajukan program KPR yang digagas BPJS serta bekerjasama dengan BTN ini, kamu harus terdaftar sebagai anggota BPJS khusus JHT selama satu tahun dan kemudian membawa kartu kepersetaan untuk diajukan ke kantor BTN yang ada di Kabupaten dan Kota.

Baca Juga : Ini Risiko Jika Indonesia Tidak Memiliki Surat Utang Negara

  1. BPD dan FLPP

Bagi yang masih terasa asing mendengar istilah FLPP, layanan ini merupakan kependekan dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan yang diselenggarakan oleh Kementrian Perumahan Republik indonesia.

Salah satu program pentingnya adalah menyalurkan kredit pembelian rumah di daerah-daerah di luar pulau Jawa. Oleh karena itu FLPP bekerjasama dengan beberapa Bank Pembangunan Daerah atau BPD di Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau, Sumatera Selatan dan Bank Belitung, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Nagari Sumatera Barat hingga Papua.

Untuk uang muka, masyarakat perlu menyiapkan 10% untuk rumah tapak, 12.5% untuk apartemen biasa dari harga properti yang akan dibeli. Dengan nilai bunga sebesar 7.25% fix selama masa kredit, program ini mengklaim bahwa masyarakat di luar Jawa pun dapat menikmati pembiayaan kredit rumah murah.

  1. Perumnas dan BTN

Selanjutnya, kamu bisa berbagi kepada teman-teman yang belum memiliki pekerjaan tetap. Karena golongan pekerja lepas kini juga punya kesempatan untuk mendapatkan rumah murah.

Perum Perumnas dan Bank Tabungan Negara, bekerja sama untuk mewujudkan rumah  bagi masyarakat yang memiliki pekerjaan tidak tetap sehingga tidak memiliki bukti slip gaji yang biasanya menjadi persyaratan saat mengajukan kredit rumah.

Program yang kabarnya sudah dimulai sejak Februari 2017 yang lalu ini akan menggunakan pembiayaan KPR skema mikro yang dilakukan BTN, dan Perumnas yang menyediakan produknya dalam bentuk rumah.

Tertarik untuk mencobanya?

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami