Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Yuk, Wirausaha dengan Koperasi Simpan Pinjam di Malang

by lhmdi on 20 Maret, 2016

fakta uang_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Sebagai salah satu Kota yang sedang berkembang kegiatan koperasi simpan pinjam di Malang pun menunjukkan perkembangan sebagai alat pembiayaan untuk kebutuhan keuangan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Koperasi sendiri merupakan salah satu badan hukum untuk kegiatan ekonomi yang sesuai dengan prinsip dasar koperasi yang tertera dalam UU No 17 tahun 2012. Begitu juga dengan koperasi simpan pinjam.

Berdasarkan UU Koperasi, layanan simpan pinjam memiliki anggota dengan sifat terbuka serta sukarela dan dikelola secara mandiri. Sementara itu keuntungan koperasi dalam bentuk Sisa Hasil Usaha atau yang dikenal juga dengan SHU dibagi secara rata sesuai kesepakatan dalam rapat anggota.

Koperasi simpan pinjam secara umum memiliki modal yang terdiri dari:

  1. Pembayaran Simpanan Pokok yang dilakukan oleh anggota koperasi hanya dilakukan dalam waktu satu kali.
  2. Memiliki istilah Simpanan Wajib yang dibayarkan oleh anggota setiap bulannya.
  3. Memiliki Simpanan Sukarela yang dibentuk dalam skema tabungan.
  4. Memiliki dana cadangan yang terdiri dari sisa hasil usaha yang tidak dibagikan namun digunakan untuk meningkatkan modal usaha koperasi.
  5. Modal pinjaman koperasi simpan pinjam dilakukan oleh pengurus koperasi ke pihak lain seperti bank atau lembaga penyalur dana.
  6. Memiliki dana hibah atau donasi yang diberikan secara sukarela dari masyarakat lainnya kepada nasabah.

Daftar Koperasi Simpan Pinjam di Malang

Tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi yang mendorong berbagai macam kegiatan wirausaha membuat layanan koperasi simpan pinjam di Malang pun dicari oleh banyak masyarakat. Bagi kamu yang tertarik mengembangkan usaha di Malang, dan ingin mendapatkan pinjaman modal dari koperasi simpan pinjam, berikut beberapa daftar koperasi yang bisa kamu tuju.

  1. Koperasi Simpan Pinjam Citra Abadi, Kota Malang, Jawa Timur dengan nomor telepon yang dapat dihubungi (0341) 348080
  2. Koperasi Simpan Pinjam Buana Agung Kota Malang, Jawa Timur dengan nomor telepon yang dapat dihubungi (0341) 419962
  3. Koperasi Simpan Pinjam Putra Jaya, Kota Malang, Jawa Timur dengan nomor telepon yang dpat dihubungi (0341) 486485
  4. Koperasi Simpan Pinjam Setia Kawan, kota Malang, dengan nomor telepon (0341) 355862
  5. Koperasi Simpan Pinjam Sadar Jaya di Kota Malang, Jawa Timur dengan nomor telepon yang dapat dihubungi di (0341) 489064
  6. Koperasi Simpan Pinjam Artha Manunggal, Kota Malang, Jawa Timur dengan nomor telepon yang (0341) 551015
  7. Koperasi Simpan Pinjam Adi Dana Malang, Jawa Timur dengan nomor telepon yang (0341) 480905

Tentunya, masih banyak layanan koperasi simpan pinjam di Malang lainnya yang bisa kamu coba. Namun, tentunya memilih koperasi simpan pinjam tidak sembarang dan harus memiliki rekam jejak yang baik. Selain itu, terdapat juga beberapa keuntungan meminjam dana atau modal di koperasi simpan pinjam yang ada di kota Malang. Berikut beberapa gambarannya:

Kenapa sebaiknya memilih koperasi simpan pinjam untuk menjadi tempat meminjam dana dan bukan di tempat lain? Ini karena manfaat dari koperasi yang memang ditujukan untuk membantu anggotanya dengan: 

  1. Membuat semua anggota mendapatkan modal usaha

Perkembangan wirausaha yang tinggi di kota Malang, tentunya menjadi potensi bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat sekitar. Karena, itu ketika kamu menjadi anggota koperasi, maka secara otomatis punya hak atau kesempatan mendapatkan pinjaman yang khusus digunakan untuk modal usaha.

  1. Membuat usaha lebih berkembang

Setiap koperasi termasuk jenis simpan pinjam memiliki tugas membantu usaha para anggotanya agar bisa mengembangkan usaha. Tidak hanya dalam pengembangan modal saja, namun bagaimana mengembangkan kegiatan bisnis mereka atau membuka jenis usaha baru.

Oleh karena itu menjadi bagian dari koperasi simpan pinjam akan membantu kamu lebih banyak belajar untuk mengembangkan usaha. Contohnya, koperasi kosayu malang, koperasi kredit kosayu blimbing. Namun, koperasi simpan pinjam di malang sama menariknya dengan perum pegadaian di malang.

  1. Menghindari rentenir

Pinjaman modal tentunya bisa didapatkan dimana saja, bahkan termasuk “rentenir.” Namun, kerugian yang diakibatkan karena menggunakan jasa rentenir pun tidak terhingga sehingga beban keuangan akan menjadi lebih besar.

Hal yang berbeda akan terjadi ketika kamu menjadi anggota koperasi simpan pinjam di Malang. Selain syarat koperasi simpan pinjam yang terbilang mudah, meminjam modal usaha pun jadi lebih ringan ketimbang menggunakan jasa rentenir.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.