Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ini Alasannya Kenapa Kamu Harus Berolahraga di Pagi Hari

by Rafly Aditia on 26 Januari, 2016

pekerjaan sampingan - CekAja.com

Berolahraga seperti jogging, body workout hingga berenang adalah aktivitas yang harus kamu lakukan setidaknya dua kali seminggu demi menjaga kesehatan tubuh. Tapi, tahukah kamu bahwa sebaiknya olahraga tersebut dilakukan pada pagi hari demi mendapatkan manfaat yang maksimal?

Nah, agar hasil olahraga lebih maksimal, mulai sekarang kamu wajib membiasakan diri olahraga di pagi hari. Berikut ini sejumlah alasan mengapa berolahraga lebih baik dilakukan di pagi hari:

Metabolisme sedang maksimal

Pastikan kamu mengonsumsi dua gelas air putih dan sarapan setidaknya 20-30 menit setelah bangun pagi sebelum berolahraga. Mengapa seperti itu? Karena pada saat berolahraga pagi dengan perut kenyang maka kamu metabolisme tubuh bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. (Baca juga: Tiga Olahraga Gratis Untuk Para Wanita yang Ingin Langsing)

Membakar lemak lebih cepat

Karena metabolisme tubuh yang meningkat tersebut, berolahraga pagi akan membuat lemak terbakar lebih cepat. Beberapa studi menyarankan melakukan olahraga intens selama 2 hingga 5 menit di pagi hari demi membakar 200 kalori lebih banyak dibandingkan olahraga regular selama 45 menit yang dilakukan tidak teratur.

Pertumbuhan otot berada pada puncaknya

Bukan hanya untuk membakar lemak yang menumpuk di tubuh, olah raga di pagi juga membuat program pembentukan otot lebih maksimal. Yup, ketika kamu berolahraga di pagi hari hormon tubuh kamu akan diatur sangat baik oleh tubuh.

Begitu juga kinerja organ tubuh yang berfungsi membakar lemak, meningkatkan metabolisme tubuh dan pembnentukan otot. Maka dari itu, lakukan minimal 10 menit olaharaga pembentukan otot setiap paginya. (Baca juga: Hindari 7 Penyakit Ini dengan Rutin Berolahraga)

Bantu kamu lebih fokus

Bagi yang hanya memiliki waktu sedikit di pagi hari, maka jangan berpikir olah raga akan membuat badan letih saat bekerja. Mulai sekarang, lakukanlah olahraga ringan ketika kamu berada di kantor pada saat pagi hari. Karena berolahraga di pagi hari akan membantu kamu lebih fokus dan meningkatkan kinerja otak.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.