Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Bukti Investasi Makin Mudah dan Murah, Yuk Cek!

by Tisyrin N. T on 17 Mei, 2018

Jika mendengar kata investasi, apa yang Anda pikirkan? Apakah Anda masih beranggapan bahwa Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk investasi? Saat ini, buang jauh-jauh pikiran tersebut. Karena dengan uang yang nilainya ribuan saja, Anda sudah bisa berinvestasi.

mahasiswa investasi saham - CekAja.com

Jalan semakin terbuka lebar untuk Anda yang ingin mengamankan uang Anda demi masa depan lebih cerah. Investasi bisa jadi penyelamat bagi Anda dari tergerusnya nilai uang karena inflasi.

Investasi akan membantu Anda meraih mimpi, entah itu ibadah haji, traveling ke luar negeri, hingga masa pensiun yang sejahtera dan bahagia. Nah, inilah bukti investasi makin mudah dan murah, yuk cek!

Beli SUN mulai dari Rp1 juta saja

Kementerian Keuangan menawarkan Surat Utang Negara (SUN) untuk retail atau Saving Bond Retail (SBR) seri SBR003 secara online dan minimal pembeliannya menjadi hanya Rp1 juta. Langkah pemerintah ini sangat menarik, karena untuk  seri sebelumnya yaitu SBR002, minimal pembeliannya sebesar Rp10 juta.

Artinya, ini merupakan peluang bagi Anda untuk berinvestasi dengan modal ringan tetapi tetap aman. Apalagi di tengah maraknya investasi bodong, tentu Anda harus lebih berhati-hati memilih instrumen investasi bukan?

Jika Anda tertarik membeli SUN, pemerintah menjual seri SBR003 mulai tanggal 14 sampai 25 Mei 2018. Instrumen investasi tersebut dijual secara online lewat 9 mitra distribusi. Mitra yang dimaksud adalah bank (BCA, Mandiri, BNI, Permata, BRI), perusahaan efek (Trimegah Sekuritas), perusahaan efek khusus (Bareksa, Tanamduit), serta perusahaan teknologi finansial atau tekfin (Investree).

Lalu bagaimana cara membelinya? Anda cukup mengakses website salah satu mitra. Selanjutnya, Anda bisa membuat akun, memilih besaran nominal pembelian, dan melakukan pembayaran.

SUN yang ditawarkan pemerintah tersebut memiliki kupon minimal 6,8 persen. Tingkat kupon ini berlaku selama tiga bulan pertama, sedangkan berikutnya akan disesuaikan setiap 3 bulan pada tanggal penyesuaian kupon hingga jatuh tempo pada 20 Mei 2020.

(Baca juga: 5 Ide Konsep Acara Buka Bersama yang Menarik, Yuk Cek!)

Nabung emas mulai dari Rp5.000-an

Pegadaian juga membuka peluang investasi murah melalui program Tabungan Emas. Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan serta harga yang terjangkau.

Uniknya, minimal pembelian emas melalui program ini hanya sebesar 0,01 gram saja atau senilai Rp5.000-an. Tertarik? Untuk bisa mengikuti program Tabungan Emas, Anda cukup datang ke outlet Pegadaian atau Agen Pegadaian. Selanjutnya, Anda dapat mengisi formulir dan melampirkan fotokopi identitas diri.

Selain itu, Anda dapat membuka Tabungan Emas secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore.

Investasi recehan di e-commerce

E-commerce Bukalapak dan Tokopedia juga membuka peluang untuk berinvestasi dengan ringan. Program BukaReksa dari Bukalapak misalnya, menyediakan fasilitas untuk investasi reksa dana mulai dari Rp10.000-an saja. Angka ini tentu sangat ringan apabila dibandingkan investasi reksa dana pada umumnya.

Ada pula program BukaEmas dari Bukalapak yang menyediakan fasilitas jual beli emas mulai dari 0,005 gram atau senilai kurang lebih Rp3.000. Nantinya, Anda dapat menarik keping emas tersebut dan keping emas akan dikirim ke alamat Anda.

Keping emas yang akan Anda dapatkan adalah keluaran resmi dari Antam dan terakreditasi LBMA (London Bullion Market Association). Anda dapat menarik kepingan emas jika jumlahnya telah mencapai minimal 0,5 gram.

Selanjutnya, ada Tokopedia Reksa Dana dari Tokopedia yang membuka peluang investasi reksa dana dengan ringan. Anda bisa investasi reksa dana mulai dari Rp10.000, potensi keuntungannya mencapai 7% dalam setahun.

Nabung saham mulai dari Rp100.000

Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki program kampanye bertajuk Yuk Nabung Saham. Kampanye ini mengajak masyarakat untuk investasi di pasar modal melalui share saving. Dengan modal mulai Rp100.000 setiap bulan, masyarakat bisa menabung saham secara rutin dan berkala.

Dalam kampanye ini, produk yang ditawarkan berupa saham dan reksa dana. Sudah ada setidaknya 34 perusahaan sekuritas yang menjalin kerja sama dengan BEI untuk menjalankan program Yuk Nabung Saham.

Asyiknya, transaksi pembelian saham bisa dilakukan secara autodebet. Dengan begitu, akan memaksa Anda untuk rajin berinvestasi bukan? Yuk, segera amankan dana Anda di produk investasi yang aman.

(Baca juga: Bunga Penjaminan Tetap, Yuk Investasi!)

Dengan kemajuan teknologi, investasi semakin mudah dan murah. Toko finansial online nomor satu di Indonesia CekAja.com juga menyediakan produk investasi. Yuk cek produk investasi dari lembaga keuangan terpercaya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami