Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Alasan Mengapa Investasi Apartemen Sangat Menjanjikan

by Miftahul Khoer on 15 Oktober, 2018

Investasi di bidang properti seperti apartemen kian banyak digemari orang. Para investor tahu betul keuntungan berinvestasi properti apartemen cukup menggiurkan. Simak beberapa alasan mengapa investasi apartemen sangat menjanjikan saat ini.

inspirasi desain rumah_KPR - CekAja.com

Apartemen merupakan aset tidak bergerak yang layak dijadikan investasi. Berbeda dengan kendaraan yang harga jualnya menyusut, harga jual apartemen justru terus meningkat. Simak apa saja keuntungan investasi di apartemen.

Harga sewa dan jual tinggi

Sedikitnya ada dua hal yang dilakukan para pemilik apartemen saat ia membeli apartemen. Pertama ia menyewakan secara harian, bulanan hingga tahunan.

Di beberapa kota metropolitan seperti Depok dan Jakarta, banyak pemilik apartemen yang menyewakan harian hingga bulanan. Nilai sewa apartemen di kota-kota metropilitan ini cukup besar seiring banyak yang mencari hunian sewa yang nyaman dan harganya terjangkau.

Kedua, mereka menjual kembali apartemen yang telah dibelinya dengan harga yang menarik. Setiap tahunnya, kenaikan harga apartemen bisa mencapai 5 persen hingga 10 per sen. Itu artinya, jika apartemen yang dibeli seharga Rp300 juta, maka kenaikan harganya mencapai Rp15 juta hingga Rp30 juta per tahun.

Apartemen menjadi tren dan hunian favorit

Ketersediaan lahan untuk hunian di kota-kota besar dan metropolitan semakin terbatas dan harganya semakin mahal. Maka salah satu caranya adalah membangun hunian vertikal yakni apartemen.

Apartemen saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk tinggal yang tak jauh dengan lokasi mereka bekerja. Sehingga tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi tren. Selain banyak fasilitas yang ditawarkan, tinggal di apartemen juga dinilai cukup aman dan nyaman.

Selain itu, tinggal di apartemen juga bakal menjadi favorit masyarakat seiring banyak proyek pembangunan apartemen yang berada di lokasi transit oriented development (TOD) atau pengembangan berorientasi transit yang dekat dengan terminal atau stasiun kereta.

Lokasi-lokasi apartemen di kawasan yang dekat dengan terminal atau stasiun kereta KRL, LRT atau MRT akan memudahkan akses masyarakat ke lokasi tujuan.

Maka jangan heran kalau saat ini banyak investor yang bergerak di sektor properti untuk membeli aparteman dengan tujuan dijual kembali agar mendapatkan untung sebesar-besarnya.

(Baca juga: Mau Bisnis Online Laris Manis? Ini 5 Kiatnya)

Yang harus diperhatikan saat investasi apartemen

Jika Anda tertarik berinvestasi apartemen, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rencana investasi Anda dilakukan secara matang dan terhindar dari kerugian.

Pertama perhatikan lokasi. Usahakan, lokasi apartemen yang dibeli berada di tempat strategis. Seperti dikatakan sebelumnya, salah satu lokasi paling strategis untuk berinvestasi apartemen adalah di kota-kota besar dan berlokasi di dekat akses transportasi.

Kedua, perhatikan juga terkait status lahan yang dijadikan lokasi pengembangan apartemen oleh pengembang. Pastikan lahan memang dimiliki oleh pengembang, bukan berstatus build, operate, transfer atau BOT.

Status BOT adalah aset milik pemerintah yang dimanfaatkan oleh pihak swasta selama jangka waktu tertentu. Pihak swasta tersebut mendapatkan hak kelola lahan dan bangunan yang keuntungannya dibagi kepada pemerintah sebagai pemilik aset.

(Baca juga: Fakta-fakta Soal Batalnya Kenaikan Harga BBM Premium)

Jika waktu perjanjian telah habis, maka aset diserahkan kembali kepada pemerintah selaku pemilik. Dengan demikian, sebaiknya lahan yang akan dijadikan investasi benar-benar milik pengembang.

Ketiga, perhatikan juga fasilitas yang ditawarkan. Salah satu alasan orang akan tinggal di apartemen adalah fasilitas yang tersedia seperti taman yang representatif, area parkir memadai, kolam renang, CCTV, are anak, swalayan, foodcourt dan fasilitas lainnya.

Jika Anda membeli apartemen untuk dijual kembali, maka diusahakan fasilitas-fasilitas tersebut harus tersedia untuk membuat calon konsumen Anda tertarik dengan apartemen yang akan Anda sewakan atau jual.

Saatnya membeli apartemen

Di atas telah dijelaskan beberapa keuntungan yang cukup menggiurkan berinvestasi di apartemen. Sekarang, saatnya Anda memutuskan untuk membeli apartemen yang akan Anda jadikan sebagai instrumen investasi Anda.

Bagi yang punya uang tunai, Anda bisa membeli langsung apartemen. Tapi bagi yang ingin kredit, Anda bisa menggunakan fasilitas kredit yang ditawarkan sejumlah perbankan.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, penyaluran kredit untuk apartemen per Juli 2018 mencapai Rp11,73 triliun atau meningkat dibandingkan dengan periode sama pada tahun 2017.

Sekarang, saatnya Anda memutuskan apakah ingin membeli apartemen dengan tunai atau dengan kredit? Anda bisa akses CekAja.com untuk membandingkan bank mana yang memberikan fasilitas pinjaman yang kompetitif untuk pembelian apartemen. Yuk cek.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami