Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kilau Investasi Emas yang Tak Pudar Ditengah Gempuran Fintech

by Teti Purwanti on 7 Mei, 2019

Logam mulia sudah menjadi portofolio investasi favorit sejak dahulu kala. Sebab harga emas dinilai paling stabil dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Kini dengan maraknya tawaran investasi peer to peer lending dengan imbal hasil yang menarik dari berbagai perusahaan financial technology (fintech), emas tetap mampu mempertahankan kilau investasinya.

Ada dua bentuk investasi emas yang lazim di masyarakat, yaitu dalam bentuk emas perhiasan dan emas batangan. Dari keduanya itu, emas batangan paling banyak diminati karena dinilai lebih menguntungkan.

Penasaran apa yang membuat masih banyak orang berinvestasi dalam bentuk perhiasan emas? Ini alasannya:

  • Mudah didapatkan

Sejak dahulu emas perhiasan memang sangat mudah didapatkan, bahkan di pasar tradisional. Bersama berkembangnya zamanlah, toko emas juga naik kasta memiliki berbagai gerai toko emas mewah hingga masuk ke berbagai mal.

(Baca juga: 4 Tempat Jual Emas Batangan Selain di PT Antam)

Walaupun banyak, kamu wajib lebih berhati-hati dalam memilih emas di toko konvesional. Kamu harus paham jenis emas yang akan kamu beli dan jangan sampai tertipu oleh emas palsu.

Cobalah untuk mencari emas di toko ternama dan sudah memiliki reputasi yang bagus sehingga dapat meminimalisir risiko.

  • Bisa menawar harga

Jika kamu memilih investasi emas batangan, kamu akan dihadapkan pada harga mutlak yang tidak bisa ditawar. Namun, tidak demikian kalau kamu membeli perhiasan emas yang masih memungkinkan melakukan tawar-menawar dengan penjual di toko emas.

Karena ada banyak toko emas, kamu bisa melakukan perbandingan antara toko yang satu dengan toko yang lainnya sampai kamu mendapatkan harga yang sesuai dengan dana kamu.

Selain itu, membeli perhiasan emas juga bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu. Saat ini, kamu bisa membeli emas dengan berat di bawah 1 gram. Tidak hanya menyesuaikan budget dengan berat, emas pun bisa dibeli berdasarkan karatnya.

Di pasaran terdapat beragam jenis karat emas, seperti 18 karat, 22 karat, dan 24 karat. Kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan atau ketersediaan.

Namun kelemahannya adalah kamu akan kesulitan jika ingin menjual atau menukar tambah perhiasan emas kamu di toko lain. Kamu harus membeli dan menjual perhiasan emas kamu pada satu toko yang sama atau harganya akan turun seketika.

  • Menunjang penampilan

Pada masa jayanya, banyaknya perhiasan emas yang digunakan oleh seseorang bertujuan untuk menunjukkan jumlah kekayaan yang dimilikinya. Namun lebih dari itu, dengan memakai perhiasan emas kamu bisa terlihat lebih cantik.

Sebagian orang mungkin hanya menganggap perhiasan sebagai aksesori untuk mempercantik diri melalui material yang berharga, meski tidak jarang juga menjadikannya untuk mendongkrak gengsi di masyarakat. Namun, terlepas dari itu semua, mengoleksi perhiasan emas bisa menjadi investasi yang menjanjikan jika dikelola dengan strategi yang baik.

Kendati demikian, berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan tetap menarik. Selain bisa memberikan return yang cukup baik di masa mendatang, investasi ini bisa kamu gunakan sehari-hari untuk mempercantik diri.

Di sisi lain, tentu ada risiko yang harus kamu tanggung dengan berinvestasi perhiasan emas, seperti nilai jual yang turun mengikuti harga pasar dan juga dikurangi biaya pembuatan. Selain itu, perhiasan emas juga memiliki kecenderungan cepat rusak karena sering dipakai.

Misalnya gelang dan cincin bisa cepat rusak karena digunakan dan terbentur dengan benda lain. Apabila sudah berubah warna atau bentuknya tidak sesuai bentuk awal, tentu harganya akan turun.

(Baca juga: Gak Ngerokok Sebulan, Kamu Bisa Investasi di 3 Instrumen Ini)

Itu dia sederet keuntungan serta risiko berinvestasi perhiasan emas. Jika kamu tidak punya waktu untuk menyambangi toko emas guna membeli langsung perhiasan yang kamu inginkan, mungkin portofolio emas tidak cocok untuk kamu koleksi.

Kamu mungkin akan lebih nyaman berinvestasi dengan memilih sendiri portfolio sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com, yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja secara online.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami