Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Investasi Tas Mewah? Perhatikan Dahulu Hal-hal Berikut Ini!

by Teti Purwanti on 2 Juli, 2019

Kalau banyak lelaki yang hobi mengoleksi sepatu mahal, maka banyak perempuan yang tidak bisa menolak dengan tas-tas keren, apalagi dari rumah mode ternama seperti Chanel, Hermes, dan juga Louis Vuitton. Tas mewah tersebut pun bisa dijadikan investasi.

investasi tas mewah

Bukan hanya untuk bergaya, kini tas-tas yang terbilang mewah tersebut bisa juga dijadikan investasi yang menguntungkan. Konon, harga dari tas mewah dapat berubah-ubah sesuai dengan tren atau kepopularitasan. Tetapi tiga brand ikonis, Chanel, Loius Vuitton, dan Hermes dipastikan memiliki nilai jual kembali yang sangat bagus.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa langsung mencari tiga merek tersebut dan berinvestasi di tas secara sembarangan. Sebelum memulai investasi tas mewah, ketahui dahulu beberapa hal berikut ini agar kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

(Baca juga: Jenis Investasi Syariah yang Telah Disetujui MUI, Cek Yuk!)
Risiko dan Keuntungan

Tidak seperti emas, tas bisa mengalami perubahan imej sehingga bisa saja, bukannya untung malah buntung. Apalagi kalau sampai rusak karena kurang mendapat perawatan, hingga atribut yang hilang dan berakibat pada berkurangnya nilai jual tas tersebut. Padahal, kesempurnaan fisik tas merupakan kunci utama penentu harga.

Pastikan kamu bisa merawatnya, apalagi kalau kamu sudah bisa memiliki tas mewah sekelas Hermes Birkin yang untuk mendapatkannya saja sudah harus antre. Hermes memang terkenal dengan kuantitasnya yang terbatas, sehingga memberikan kesan eksklusif.

Hermes Birkin menjadi salah satu tas populer di dunia. Para selebriti mulai dari Victoria Beckham, Alessandra Ambrosio hingga seluruh klan Kardashian-Jenner hampir dipastikan memiliki tas tipe ini. Untuk satu buah tas Birkin, Hermes membanderol harga mulai dari 9 ribu dolar AS (Rp 133 juta) hingga 150 ribu dolar AS (Rp 2,2 miliar) tergantung dari material yang digunakan, ukuran, dan model tas.  Tas ini bisa memberikan keuntungan berkali-kali lipat bahkan dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

Salah satu tas lainnya yang cocok dipertimbangkan untuk dijadikan barang investasi adalah Chanel Boy Bag. Meski terbilang ‘pendatang baru’ sejak 2011, Boy Bag memiliki nilai yang semakin naik setiap tahunnya. Beberapa selebriti seperti Jessica Biel, Leigh Lezark, Bella Thorne, dan Taraji P. Henson pernah terlihat menggunakan tas ini.

Selain Chanel dan Hermes, Louis Vuitton Neverfull tote bag rupanya menjadi tas yang cepat laku jika dijual kembali. Bentuknya yang klasik dan praktis membuat banyak perempuan menyukainya. Seri Neverfull ini terbuat dari material yang berbeda-beda setiap edisinya. Terkadang, Louis Vuitton juga menggandeng seniman ternama untuk merilis Neverfull dalam koleksi terbatas.

(Baca juga: Jam Tangan Mewah Jadi Investasi, Cek 5 Artis yang Koleksi!)
Jual di Saat yang Tepat

Dengan embel-embel investasi, tentu saja yang diharapkan adalah keuntungan. Namun, untuk mendapatkan keuntungan terbaik, tunggulah hingga waktu yang tepat. Untuk tas berdesain klasik yang timeless, tentu harga jual cenderung akan stabil dan jauh dari ancaman penurunan nilai jual, tapi tak ada salahnya untuk menjual benda koleksi ini saat ada berita terbaru dari desainer tas tersebut.

Seperti saat Hermès mengklaim tas mereka merupakan investasi terbaik dan bisa memberi keuntungan pada pemiliknya. Saat kabar ini viral di media sosial, kamu bisa memanfaatkannya sebagai momen yang tepat untuk menjual tas mewah bermerek. Selain itu, bergabunglah dengan grup-grup yang juga memiliki ketertarikan yang sama, tentu kamu akan menemukan waktu yang paling tepat dengan harga terbaik.

Kamu juga bisa menjualnya di platform online. Kamu hanya harus menaruh foto dan menceritakan kondisinya, sambil menunggu pembeli, kamu masih bisa menggunakan tersebut. Selain itu, pastikan pula platform yang kamu pilih tidak meminta komisi yang terlalu tinggi. Pilihan terakhir bisa melalui media sosial, seperti Instagram yang saat ini juga sudah banyak beredar dengan titip jual dan juga titip beli.

Bagaimana, apakah kamu tertarik memiliki beragam tas bermerek di atas? Saat ini, banyak juga artis Indonesia yang tidak ragu-ragu memamerkan tas mewahnya, seperti Syahrini, Sandra Dewi, dan juga Shandy Aulia, serta masih banyak lagi.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.