Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Panduan Lengkap Investasi Saham Bagi Milenial, Tertarik Mencoba?

by CekAja on 13 September, 2019

Masa muda adalah masa yang tepat untuk mencoba hal-hal baru demi meningkatkan kualitas diri dan tentunya kesejahteraan tiap individu. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar lebih sejahtera ialah dengan bermain saham.

investasi valuta asing

Di era yang semakin modern ini, pandangan masyarakat mengenai investasi di pasar modal semakin terbuka. Jika dulu terkesan hanya orang-orang berdompet tebal saja yang pantas menjadi investor, kini siapa saja bisa menjadi investor termasuk milenial.

Bagi kamu yang termasuk generasi milenial, memahami seluk beluk saham adalah wajib hukumnya agar tidak salah langkah dalam berinvestasi di kemudian hari. Pasalnya investasi jenis ini sangat berpotensi memberikan keuntungan besar bagi kamu dalam jangka waktu lama, namun juga memiliki risiko yang tinggi.

Cara memulai investasi saham bagi milenial

Saham adalah bukti penyertaan berupa kertas yang diterbitkan oleh perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) kepada para investor. Nilai jual suatu saham bisa terhitung tinggi bila kondisi keuangan perusahaan tersebut sehat.

(Baca juga: 5 Reksadana Saham Syariah Terbaik Agustus 2019)

Untuk bermain saham, seorang investor biasanya membutuhkan perusahaan broker atau sekuritas dalam melakukan transaksi jual beli di BEI.

Memilih broker saham tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu melalui internet atau bertanya langsung kepada kerabat terdekat. Pastikan broker yang dituju sudah terdaftar dan mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Usai mendapat perusahaan broker saham yang tepat, selanjutnya kamu bisa melakukan pembukaan rekening di satu atau beberapa perusahaan dengan menyertakan identitas diri. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian terkait hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Untung-rugi bermain saham

Seperti halnya investasi lainnya, saham juga memiliki berbagai keuntungan dan kerugiannya sendiri. Dengan menerapkan prinsip “jual saham saat harga tinggi dan beli saham bila harga turun”, kamu pasti sudah bisa mengetahui apa saja untung rugi dari investasi yang tengah digandrungi saat ini.

Keuntungan investasi saham bagi milenial

Ada dua keuntungan yang bisa kamu peroleh dari investasi saham, yaitu:

1. Capital gain

Capital gain alias kenaikan harga saham adalah keuntungan yang didapat dari hasil selisih harga jual dan harga beli saham. Hal ini bisa saja terjadi karena banyaknya aktivitas perdagangan di bursa efek. Untuk mendapatkan untung, harga saham saat dijual harus lebih tinggi dibandingkan saat kamu membelinya.

2. Dividen

Dividen adalah pembagian laba yang diberikan pihak perusahaan kepada para pemegang sahamnya. Biasanya pihak perusahaan tidak memberikan keseluruhan laba kepada investor, lantaran sebagian akan digunakan kembali untuk mendanai kegiatan bisnis perusahaan di tahun berikutnya.

Kerugian/risiko bermain saham

Tidak hanya keuntungan saja yang bisa kamu nikmati, nyatanya ada juga risiko kerugian yang bisa kamu alami bila salah mengambil keputusan investasi.

1. Capital loss

Kebalikan dari capital gain, capital loss adalah kondisi dimana investor mengalami kerugian lantaran harga jual saham yang merosot drastis dibandingkan saat kamu membelinya pertama kali.

2. Likuidasi

Tidak hanya capital loss saja, kerugian lainnya yang kerap menghantui saat bermain saham yaitu likuidasi. Kondisi ini bisa saja terjadi apabila perusahaan mengalami kebangkrutan dan terpaksa ditutup.

Maka dari itu, ada baiknya tidak menanam saham di satu perusahaan saja. Karena bila perusahaan tersebut bangkrut dan tidak memiliki sisa kekayaan sepersen pun, para investor tidak akan memperoleh kembali uang yang sudah ditanam dalam bentuk saham di perusahaan tersebut.

Modal awal investasi saham bagi milenial

Beberapa perusahaan broker saham saat ini sudah menyediakan fasilitas menanam saham dengan harga yang cukup terjangkau. Sebagai seorang milenial, kamu bisa memulai investasi dengan patokan harga Rp1 hingga Rp5 juta.

(Baca juga: Anti Mainstream, Menikah dengan Mas Kawin Saham dan Reksa Dana)

Bila modal sudah terkumpul, jangan lupa untuk melakukan transaksi jual beli saham di BEI sesuai dengan kebijakan waktu yang ditetapkan pihak BEI.

Jadwal transaksi yang ditetapkan pihak BEI, umumnya hanya berlaku di hari kerja saja yaitu Senin hingga Jumat dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

Aplikasi belajar investasi saham bagi milenial

Era digital yang kian berkembang seperti saat ini tentunya memudahkan kamu untuk mempelajari saham secara online. Bermodalkan gadget dan koneksi internet yang stabil, kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi seperti RTI Business, Stockbit, dan Nabung Saham GO yang menyediakan info seputar saham beserta simulasi trading-nya.

Strategi investasi saham bagi milenial

Bermain saham bisa dikatakan sebagai hal yang menyenangkan sekaligus menantang bagi para investor. Bagi kamu yang newbie dalam portfolio investasi ini, bisa memperhatikan beberapa strategi dasar dalam bermain saham.

1. Pantau selalu kondisi ekonomi

Sebagai seorang investor, kamu diawajibkan untuk selalu mengikuti berita yang berhubungan dengan ekonomi di seluruh dunia. Karena sejatinya investasi saham yang paling menguntungkan saat situasi ekonomi sedang stabil ataupun mengalami peningkatan.

2. Mulai investasi dalam jumlah kecil

Tak dapat dipungkiri, investasi saham adalah investasi yang sangat menggiurkan dari segi keuntungan. Namun untuk kamu yang baru mencobanya, sebaiknya mulai dari jumlah kecil saja yaitu Rp1 juta atau Rp5 juta. Tujuannya untuk meminimalisir kerugian yang bisa saja terjadi.

3. Pilih broker yang terpercaya

Memilih perusahaan broker yang terpercaya adalah keharusan untuk kamu lakukan, terutama bila baru berkecimpung di dunia saham.

Bandingkan antara satu perusahaan broker dengan perusahaan lainnya dengan melihat reputasi yang dimiliki. Jangan lupa untuk mencari informasi apakah perusahaan tersebut telah mengantongi izin dari OJK.

Itulah tadi beberapa panduan seputar saham yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu tertarik untuk bermain saham namun terkendala modal awal, kunjungi CekAja.com yang akan memberi solusi permodalan dalam bentuk kredit tanpa agunan (KTA).

Tentang Penulis