Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Aneka Cara Investasi Emas di Pegadaian, Kamu Mau yang Mana?

by Tisyrin N. T on 24 September, 2019

Emas banyak digemari sebagai instrumen investasi hingga saat ini. Salah satu lembaga yang menyediakan layanan investasi emas adalah Pegadaian. BUMN dengan ciri khas warna hijau tersebut bahkan menyediakan beberapa jenis layanan investasi emas.

investasi emas Pegadaian

Wajar jika emas punya banyak penggemar. Emas adalah instrumen investasi yang minim risiko dan sifatnya likuid alias mudah dicairkan. Bukan cuma itu saja, untuk berinvestasi emas kini kian mudah karena hanya membutuhkan sedikit modal.

Kalau kamu tertarik untuk investasi emas, tak ada salahnya mempelajari terlebih dahulu beberapa jenis investasi emas agar dapat menemukan cara yang paling sesuai untukmu. Inilah beberapa jenis cara layanan investasi emas yang ditawarkan oleh Pegadaian seperti dikutip dari Pegadaian.go.id dan sumber lainnya:

  • Mulia

Mulia merupakan layanan penjualan emas batangan dengan proses yang mudah. Emas batangan bisa dimiliki dengan berbagai macam cara seperti membeli secara tunai (Mulia Tunai), angsuran (Mulia Personal), hingga arisan (Mulia Arisan).

Melalui Mulia Tunai, kamu dapat membeli emas secara tunai di jaringan outlet Pegadaian Galeri 24 dengan cara tepat dan emas akan langsung kamu terima.  Kamu dapat memilih emas batangan berukuran 0,5 gram hingga 1 kg dengan sertifikat LBMA/SNI.

Sementara melalui Mulia Personal, kamu bisa mendapatkan emas batangan secara mengangsur. Kamu harus membayar uang muka mulai dari 15% hingga 90% dari harga yang telat ditentukan.  Kamu bisa memilih jangka waktu pembiayaannya mulai dari 3, 6, 12, 18, 24, dan 36 bulan.

Layanan ini tersedia di outlet Pegadaian dan Aplikasi Pegadaian Digital. Kamu dapat membayar angsurannya lewat outlet Pegadaian dan melalui Pegadaian Digital, ATM, internet banking, dan mobile banking.

Lewat Mulia Arisan, kamu harus membentuk kelompok dengan anggota minimal 6 orang. Nantinya setiap orang membayar uang muka sebesar 10% hingga 15% dari harga emas. Setelah itu, setiap anggota harus membayar angsuran setiap bulan. Kemudian setiap bulan dilakukan pengundian untuk menentukan siapa anggota yang akan mendapatkan 1 keping emas.

(Baca juga: 5 Hal yang Membuat Harga Emas Naik Turun, Apa Aja?)

  • Tabungan Emas

Tabungan Emas merupakan layanan penitipan saldo emas yang memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman, dan tepercaya. Nasabah yang tertarik membuka tabungan emas bisa menyiapkan kartu identitas berupa KTP atau Paspor kemudian datang ke outlet Pegadaian atau Agen Pegadaian. Selanjutnya, dapat mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas.

Untuk menabung emas (top up) dapat dilakukan dengan mudah yaitu melalui outlet Pegadaian, ATM, Aplikasi Pegadaian Digital, serta  Agen Pegadaian. Transaksi top up dapat dimulai dari 0,01 gram atau jika dikalikan harga emas saat ini nilainya setara hanya Rp7.000-an saja.

Nantinya, saldo emas yang terkumpul dapat dicetak menjadi bentuk emas batangan baik jenis Antam maupun UBS dengan pilihan ukuran mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100 gram. Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram.

(Baca juga: Daripada Hura-hura Mending Investasi Emas, Ini Tipsnya!)
  • Konsinyasi Emas

Konsyinyasi Emas merupakan skema investasi yang memanfaatkan emas yang kamu miliki menjadi penghasilan dengan cara titip jual. Jadi, emas kamu dititipkan di Pegadaian dan akan dijual kembali. Setelah itu, Pegadaian akan memesan lagi emas pengganti dengan kadar dan berat yang sama. Dengan begitu, emas kamu terbilang tetap utuh tetapi mampu menghasilkan keuntungan kompetitif.

Emas yang dititipkan di Pegadaian nilai minimalnya adalah 5 gram. Sementara pembagian hasil keuntungan adalah sebesar 1/3 untuk pemilik emas dan 2/3 untuk Pegadaian.

Syarat-syarat untuk mengikuti program Konsinyasi Emas yaitu fotokopi identitas diri (KTP/ SIM/ Passport) yang masih berlaku, kuitansi pembelian emas atau Berita Acara Serah Terima Emas yang dibeli di Pegadaian serta mengisi dokumen pengajuan konsinyasi dan materai Rp6.000 (sebanyak 2 lembar). Konsinyasi Emas ini dapat dilakukan melalui outlet Galeri 24 di seluruh Indonesia.

Jadi, kamu tertarik yang mana? Yuk segera investasi emas untuk membantu terwujudnya berbagai kebutuhan, mulai dari biaya pendidikan, ibadah haji dan umroh, atau untuk mewujudkan mimpimu membeli mobil!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami