Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Kenali Produk Mulia, Salah Satu Investasi Emas yang Menguntungkan dari Pegadaian

by Ayunindya Annistri on 22 Oktober, 2019

Sejak dulu emas dikenal sebagai instrumen investasi yang dijamin menguntungkan jika dibandingkan dengan investasi saham. Tak hanya minim risiko, alasan banyak orang menggemari jenis investasi ini karena sifatnya yang likuid alias mudah dicairkan.

fakta-fakta unik emas

Ada begitu banyak perusahaan di Indonesia yang menyediakan investasi emas, salah satunya adalah PT Pegadaian (Persero). BUMN yang logonya identik dengan warna hijau dan neraca ini menawarkan berbagai jenis produk untuk investasi emas, salah satunya adalah Mulia.

Seperti apakah produk Mulia itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Sekilas Tentang Produk Mulia  

Dikutip dari laman resmi Pegadaian.co.id, Mulia merupakan layanan penjualan emas batangan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Sebagai investasi emas yang menguntungkan, produk ini diklaim mudah dalam proses pengajuan serta jangka waktu lebih fleksibel. Masing-masing emas batangan memiliki berat kurang lebih sekitar 5 gram sampai 1 kilogram.

Untuk melakukan pembelian, Pegadaian menerapkan sistem pembayaran tunai yang mana logam mulia tersebut dapat langsung kamu terima setelah menyelesaikan transaksi. Sementara untuk pembelian angsuran, logam mulia baru bisa kamu terima jika sudah melakukan pelunasan.

Jenis-jenis Pembelian Produk Mulia

Ada begitu banyak cara yang bisa kamu tempuh bila ingin investasi emas yang menguntungkan, mulai dari Mulia Tunai, Mulia Personal, Mulia Arisan, hingga Mulia Kolektif. Berikut penjelasan mengenai keempat produknya:

  • Mulia Tunai

Lewat Mulia Tunai, pembelian emas batangan berukuran  0,5 gram – 1 kilogram dapat dilakukan secara tunai di berbagai gerai resmi Pegadaian dengan cara tepat dan emas akan langsung diterima oleh pembeli.

Namun sebelum itu, calon pembeli wajib menyertakan kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP/SIM/Paspor.

Investasi emas yang menguntungkan ini memang sangat cocok kamu gunakan terutama untuk mengamankan harta kekayaan yang tengah dimiliki.  

  • Mulia Personal

Pembelian emas batang juga bisa kamu lakukan dengan Mulia Personal. Investasi emas yang menguntungkan ini menerapkan sistem pembayaran angsuran dengan uang muka mulai dari 15-90 persen dari harga emas itu sendiri.

(Baca juga: Arisan Emas, Ini 4 Hal yang Perlu Dipersiapkan)

Produk ini tersedia di gerai Pegadaian dan Pegadaian Digital. Kamu dapat melakukan pembayaran angsurannya mulai dari 3, 6, 12, 18, 24, dan 36 bulan di gerai Pegadaian terdekat, Pegadaian Digital, ATM, internet banking, serta mobile banking.

  • Mulia Arisan

Ada pula Mulia Arisan, yang mana kamu harus membentuk kelompok terlebih dahulu dengan anggota berjumlah minimal 6 orang. Produk ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan 1 keping emas bersertifikat LBMA/SNI lewat undian yang dilakukan setiap bulannya.

Untuk pembayaran uang muka, masing-masing anggota kelompok diwajibkan membayar uang sebesar 10-15 persen dari harga emas yang telah ditetapkan pada awal arisan.

Setelah itu, barulah tiap anggota hanya membayar angsuran per bulan melalui gerai Pegadaian, online, atau lewat ATM.

  • Mulia Kolektif

Serupa dengan Mulia Arisan, Mulia Kolektif merupakan produk investasi emas batangan secara angsuran yang ditujukan untuk komunitas beranggotakan minimal 6 orang.

Tiap orang yang tergabung dalam satu kelompok diharuskan menandatangani terlebih dulu akad pembiayaan sebelum menentukan pilihan keping emas yang diinginkan.

Selain itu, tiap anggota bisa memiliki emas batangan bila telah melakukan seluruh pembiayaan baik uang muka sebesar 20 persen maupun biaya angsuran yang dikenakan pada masing-masing anggota. 

Produk Mulia Kolektif sangat cocok kamu gunakan bersama komunitas yang dimiliki bila ingin memiliki emas batangan dengan skema pembayaran angsuran.

Syarat dan Tata Cara Pembelian Produk Mulia

Sebelum melakukan pembelian produk Mulia, kamu harus menentukan dulu sistem pembayaran yang akan kamu pilih dari produk ini. Misalnya untuk pembelian Mulia secara tunai, kamu cukup menyiapkan kartu identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor).

(Baca juga: 7 Keuntungan Punya Tabungan Emas, Apa Aja?)

Sedangkan untuk pembelian secara angsuran, kamu dapat menentukan pola pembayaran angsuran yang disesuaikan dengan keinginan.

Kemudian datangi kantor cabang Pegadaian terdekat dan mengisi formulir pengajuan Mulia. Setelah itu lakukan pendaftaran via online lewat Pegadaian Digital Service atau hubungi call center Pegadaian melalui laman resminya.

Keunggulan Produk Mulia untuk Investasi

Umumnya investasi apapun yang kamu lakukan tentu mempunyai keunggulan, termasuk investasi Mulia di Pegadaian. Tak hanya dari cara mendapatkannya saja, ini keunggulan lainnya dari produk Mulia.

  • Jangka waktu pembayaran angsuran yang beragam dan terbilang cukup lama, yakni mulai dari 3 bulan sampai dengan 36 bulan dinilai cocok untuk nasabah yang ingin memiliki emas batangan meski dengan pendapatan pas-pasan.
  • Sebagai aset masa depan, Mulia dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak karena sifatnya yang mudah dicairkan (likuid).
  • Mulai dari proses pengajuan hingga pencairan diklaim sangat mudah dan praktis karena Pegadaian mengedepankan keprofesionalan dalam melayani nasabah.
  • Tersedia pilihan emas batangan dengan berat mulai dari 5 gram sampai 1 kilogram.
  • Pembayaran uang muka jauh lebih ringan yaitu sekitar 10 hingga 90 persen dari nilai logam. 
Tips Aman Investasi Emas di Pegadaian

Setelah mengetahui seluk beluk produk Mulia yang dimiliki oleh Pegadaian, kamu dapat menerapkan beberapa tips berikut terkait dengan investasi emas yang akan dilakukan nanti di Pegadaian.

  • Lakukan riset mengenai harga emas

Sebelum mendatangi kantor Pegadaian untuk investasi, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai harga emas. Harga tersebut nantinya menjadi acuan baik saat melakukan pembelian maupun saat menjual kembali (buyback). Untuk mengetahui harga pasti dari satu keping emas, kamu bisa mencari informasinya di internet, salah satunya melalui PT Antam.

  • Lakukan pembayaran tepat waktu

Untuk bisa menikmati investasi emas yang menguntungkan ini, usahakan pembayaran cicilan dilakukan sesuai dengan jatuh temponya. Karena selain didenda, pihak Pegadaian juga dapat melelang emas yang kamu miliki bila ternyata telat melakukan pembayaran dan parahnya lagi hasil dari lelang tersebut akan dipotong sebesar 2%.

  • Beli dan sesuaikan dengan kemampuan finansial

Ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi emas, pastikan pula kemampuan finansialmu tidak di bawah rata-rata. Belilah emas yang sekiranya sesuai dengan isi dompet, hal ini bertujuan agar kamu tidak terbebani dengan besarnya angsuran yang wajib kamu bayarkan setiap bulannya.

Sah-sah saja bila kamu ingin melakukan investasi terutama emas guna menjaga harta kekayaan hingga masa mendatang. Tetapi kamu juga harus mengetahui segala risiko yang pastinya akan kamu hadapi kelak.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami