Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Aplikasi Saham Terbaik untuk Investor Pemula

by Vera Khairifah on 22 Oktober, 2019

Perkembangan teknologi telah memudahkan investor dalam melakukan berbagai transaksi saham di pasar modal. Bagi investor yang baru berkecimpung di pasar saham Indonesia, aplikasi saham sangat penting untuk diunduh di gadget karena memiliki berbagai manfaat.

Di antaranya untuk membantumu memahami lebih lanjut cara membaca pergerakan saham, mempelajari faktor-faktor penentu tingkat kepercayaan perusahaan broker yang menjual sahamnya, serta cara menjual maupun membeli saham.

Jenis Aplikasi Saham

Sebelum mengunduh aplikasi saham, simak dulu jenis-jenis aplikasi saham yang tersedia berikut ini. Perlu diketahui, aplikasi yang memungkinkanmu bertransaksi jual-beli saham hanyalah aplikasi yang terkoneksi dengan rekening saham yang kamu miliki.

1. Aplikasi Saham dan Simulasi

Ini adalah aplikasi saham yang harus dimiliki oleh kamu yang baru berminat masuk ke pasar modal sebagai investor. Para investor pemula tentu saja memerlukan panduan cara jual-beli saham serta menganalisa fundamental perusahaan. Untuk itu, aplikasi saham yang dilengkapi dengan simulasi transaksi bisa membantu kamu.

Aplikasi ini umumnya dilengkapi dengan tahap-tahap transaksi serta penjelasannya. Juga, ada informasi mengenai daftar pergerakan saham dalam maupun luar negeri untuk pemantauan secara real time. Salah satu aplikasi saham jenis ini yang banyak diunduh adalah Stock Market Simulator yang tersedia di App Store.

2. Aplikasi Saham Perusahaan Sekuritas

Bagi kamu yang mau berinvestasi saham tentu harus membuka rekening saham terlebih dulu di perusahaan sekuritas. Nah, kini sebagian besar perusahaan sekuritas memiliki aplikasi saham yang bisa digunakan investornya untuk jual-beli saham.

Sehingga transaksi tersebut tidak perlu melalui pialang sebagai perwakilan dari perusahaan sekuritas. Kamu pun bisa bertransaksi dimana saja, dan kekuasaan bertransaksi ada di genggaman tanganmu.

(Baca juga: Panduan Lengkap Investasi Saham Bagi Milenial, Tertarik Mencoba?)

Beberapa aplikasi saham dari perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia antara lain: Simas Equity Mobile dari PT Sinarmas Sekuritas, POEMS ID dari PT Phillip Sekuritas Indonesia, MOST Mobile Mandiri dari Mandiri Sekuritas, BIONS Mobile dari BNI Sekuritas, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Aplikasi Saham dan Berita Pasar

Selain memantau pergerakan nilai saham setiap harinya, investor juga perlu menganalisa kondisi fundamental perusahaan tempat dia akan menginvestasikan saham, maupun menganalisa situasi pasar modal terkini. Hal itu bisa dilakukan dengan baik salah satunya dengan rutin membaca informasi dan berita-berita pasar saham.

Aplikasi saham dan berita pasar memudahkan investor memperoleh informasi tersebut setiap hari. Aplikasi dari portal berita pasar saham yang tersedia di antaranya adalah Bisnis.com, Bloomberg, Kontan, dan lainnya.

4. Aplikasi Saham Komunitas Online

Ketika menjadi investor pemula, kamu mungkin akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengatur strategi agar investasi saham terhindar dari kerugian. Berbagi cerita atau diskusi singkat dengan sesama investor bisa membantu kamu tuh.

Langsung saja unduh aplikasi saham komunitas online seperti Stockbit yang tersedia di App Store maupun Play Store.

Di aplikasi jenis ini, ada ribuan pengguna lain yang juga sebagai investor yang bisa kamu ajak interaksi bersama. Misalnya, menanyakan situasi pasar saham saat ini, saling menginformasikan kenaikan atau penurunan saham suatu perusahaan, dan lain sebaginya.

5. Aplikasi Saham Mobile Banking

Layanan mobile banking yang ada di bank tempat kamu menabung uang tunai dalam bentuk rekening dana (RDN) juga bisa dimanfaatkan untuk membayar tagihan transaksi pembelian saham.

Meskipun begitu, aplikasi saham mobile banking hanya sebatas itu saja, bukan untuk mengecek nilai saham atau hal lainnya yang terkait dengan industri pasar modal.

6. Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik

Selain aplikasi saham dari perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening saham, ada juga sederet aplikasi saham terbaik yang direkomendasikan untuk kamu unduh, yaitu:

A. RTI Business

Aplikasi saham terbaik yang juga dikenal di kalangan investor adalah RTI Business. Ini adalah aplikasi saham yang menyediakan informasi pasar modal Indonesia. Mulai dari price quotes, charts, data finansial, analisa, informasi mengenai keputusan perusahaan terkini, berita pasar modal dan saham, dan masih banyak lagi.

(Baca juga: Panduan dan Cara Membeli Saham Lengkap untuk Investor Pemula)

Sejak dirilis pada 18 Agustus 2015, RTI Business sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna.

B. Stockbit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Stockbit adalah salah satu aplikasi saham yang digunakan oleh para investor dan komunitasnya dalam berdiskusi tentang investasi. Namun, ada kelebihan lain yang dimiliki Stockbit. Yakni, di aplikasi ini, kamu bisa jual-beli saham secara langsung.

Karena Stockbit terkoneksi dengan rekening saham di bawah naungan PT Sinarmas Sekuritas. Sehingga untuk kamu yang merupakan investor dari perusahaan sekuritas ini, kamu bisa bertransaksi dengan mudah di Stockbit, selain menggunakan aplikasi Simas Equity Mobile sendiri.

Keamanan transaksi via splikasi saham ini juga sangat terjamin. Karena adanya fitur Touch ID yang memungkinkan proses konfirmasi transaksi dengan sidik jari pengguna.

C. Investing.com

Aplikasi saham lainnya seperti Investing.com juga memuat informasi saham secara real time (langsung). Dilengkapi pula dengan fitur Economic Calendar untuk info terbaru mengenai acara ekonomi dunia, fitur pengaturan portofolio saham, serta berita dan analisa pasar saham. Aplikasi ini tersedia di App Store dan Play Store gadget-mu.

D. Indonesia Stock Exchange Data

Untuk kamu para investor pemula di Indonesia, aplikasi Stock Exchange Data pasti akan menjadi favoritmu. Sebab aplikasi ini sangat mudah digunakan, dengan fitur-fitur sederhana yang tidak membuat pusing pengguna baru.

Di aplikasi ini tersedia data real time, notifikasi mengenai waktu terbaik menjual dan membeli saham, serta manajemen portofolio saham, berita ekonomi, dan masih banyak lagi.

E. IDX Channel

Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange (IDX) sebagai penyelenggara dan penyedia sistem pasar modal di Indonesia juga memiliki aplikasi saham yang recommended.

Informasi mengenai berita berita bisnis dan ekonomi, aksi korporasi, dan ekonomi global ada di aplikasi ini.

Investasi memang memiliki peran penting dalam meningkatkan nilai harta kamu di masa depan. Selain saham, kamu juga bisa memilih instrumen investasi lainnya yang cocok untukmu di CekAja! 

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami