Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Tips Investasi Properti yang Aman dan Menguntungkan bagi Pemula

by Kyla Damasha on 29 November, 2019

Masa muda merupakan masa-masa yang tepat untuk berjuang, khususnya dalam hal mempersiapkan masa depan. Kita semua tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, namun tidak ada yang terlambat dalam melakukan antisipasi.

Persiapan masa depan tidak hanya berbicara mengenai menggapai cita-cita saja, melainkan juga berbicara mengenai kondisi ekonomi dan finansial.

Meskipun saat ini kita memiliki karir yang cemerlang, maka belum tentu hal tersebut akan berlangsung selamanya. Begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, persiapan kondisi finansial di masa yang akan datang sangatnya penting untuk dilakukan sejak dini.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai berinvestasi. Saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis investasi yang bisa kamu jadikan pilihan, mulai dari emas, saham, hingga aneka ragam barang seperti jam tangan dan properti.

Meskipun saat ini banyak pemula yang memilih emas sebagai langkah awal mereka dalam berinvestasi karena dikenal memiliki risiko yang rendah, perlu diketahui bahwa investasi properti pun tak kalah rendahnya lho.

Masih banyak yang belum tahu bahwa ternyata investasi properti juga memiliki risiko yang cenderung rendah namun terbukti menghasilkan keuntungan dalam jumlah fantastis.

Walaupun begitu, kamu tetap harus mengetahui tips investasi properti yang baik dan benar guna menghindari atau mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelum kita membahas mengenai tips investasi properti yang aman dan menguntungkan, ada baiknya kamu juga mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi properti itu sendiri. Apa sajakah itu?

Kelebihan Investasi Properti
a. Risiko yang Rendah

Ternyata tidak hanya emas saja yang memiliki risiko rendah, investasi properti pun juga memiliki risiko yang tak kalah rendahnya. Hal ini dikarenakan pergerakan nilai properti cenderung stabil dan tidak setajam ataupun sesensitif ketika kamu berinvestasi saham.

Maka dari itu, jika kamu baru ingin belajar berinvestasi dan belum berani mengambil risiko, investasi properti bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

b. Nilai Keuntungan yang Meningkat dari Tahun ke Tahun

Kelebihan kedua yang dihasilkan oleh investasi properti adalah nilai keuntungan yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Dalam jangka waktu yang singkat, investasi properti bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar lho. Keuntungan tersebut biasanya akan berbentuk uang sewa maupun uang kontrak. Lumayan banget kan!

c. Dapat Dijadikan Agunan

Jika kamu sudah memiliki properti namun menginginkan investasi properti lainnya, maka properti yang kamu miliki bisa dijadikan sebagai agunan untuk mengajukan pinjaman baru.

Siklus keuntungan yang akan kamu dapatkan pada nantinya kurang lebih sama, sehingga hal tersebut bisa memberikanmu gambarangan mengenai properti seperti apa dibutuhkan, baik itu dalam segi besarnya modal, jangka waktu balik modal, keuntungan yang akan didapat, serta memperhitungkan berapa tanggungan hutang yang akan dibayar dalam jangka waktu tertentu.

d. Terlihat Secara Fisik

Jika saham dan emas tidak terlalu terlihat bentuk fisiknya, maka dengan berinvestasi properti kamu bisa melihat fisiknya secara jelas. Nah, hal inilah yang membuat investasi properti banyak digemari, khususnya untuk orang-orang yang memiliki modal besar.

(Baca Juga: 5 Investasi Buat Mahasiswa yang Bisa Bikin Kaya di Masa Tua)
Kelemahan Investasi Properti
  1. Modal yang Besar

Sepertinya sudah menjadi pengetahuan umum bahwa investasi properti memang harus diawali dengan modal yang besar. Di awal, kamu setidaknya harus mengeluarkan modal yang setara dengan membeli rumah baru.

Sebenarnya modal ini juga bergantung pada jenis properti seperti apa yang akan kamu investasikan. Meski begitu, modal awal yang dapat dikatakan cukup besar.

Namun, tentunya seluruh modal yang telah kamu keluarkan tersebut akan sebanding dengan keuntungan yang di dapat. Bahkan tidak menutup kemungkinan penghasilan yang di dapat dari investasi properti bisa saja sampai berkali-kali lipat.

b. Kekosongan

Ketika kita memutuskan untuk memulai investasi properti, maka kamu juga harus siap untuk mengiklankan properti yang kamu miliki tersebut. Perlu diketahui bahwa mengiklankan properti tidak semudah yang kita kira. Kita harus menggunakan berbagai media yang ada agar banyak orang yang tahu bahwa kita memiliki properti yang siap digunakan.

Dalam proses mendapatkan pelanggan, akan terdapat waktu dimana properti yang kamu miliki dalam keadaan kosong tak berpenghui. Nah, hal inilah yang perlu diwaspadai, karena kita tidak tahu akan sampai kapan properti tersebut dibiarkan kosong namun kamu tetap harus mengeluarkan biaya untuk perawatan.

c. Penghasilan yang Pasif

Meskipun penghasilan yang didapat dari investasi properti cenderung tidak sedikit, namun penghasilannya itu sendiri juga masih tergolong pasif. Dalam arti bahwa penghasilan yang akan kamu dapat belum tentu sama dari satu bulan ke bulan berikutnya.

Ada kalanya kamu mendapatkan uang yang lebih sedikit dari bulan sebelumnya, namun ada kalanya pula kamu bisa saja mendapatkan uang yang jauh lebih besar.

d. Potensi Kerusakan Properti

Karena investasi properti berbentuk fisik, maka kerusakan pun bisa berkemungkinan untuk terjadi. Terdapat berbagai faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya kerusakan pada properti, mulai dari kebakaran, perubahan cuaca, kebakaran, perampokan, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi properti, ada baiknya untuk melakukan pertimbangan terlebih dahulu mengenai biaya-biaya yang sekiranya diperlukan untuk perawatan dan renovasi.

Tips Investasi Properti untuk Pemula
1. Memiliki Fokus yang Jelas

Tips investasi properti yang pertama adalah memilih fokus pada investasi properti itu sendiri. Perlu diketahui bahwa investasi properti memiliki jenis yang beraneka ragam, seperti properti kantor untuk kepentingan bisnis, properti apartment dan rumah untuk kepentingan, atau villa untuk kepentingan liburan, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, sebelum memulai membeli properti untuk berinvestasi, ada baiknya untuk menentukan fokus investasi yang kamu tuju, dengan begitu kamu pun menjadi memiliki gambaran tentang modal serta keperluan-keperluan lainnya yang pada nantinya harus kamu penuhi.

2. Menentukan Jangka Waktu

Menentukan jangka waktu juga merupakan salah satu tips investasi properti yang tidak boleh terlupakan. Mengapa demikian? Karena ketika ingin melakukan investasi dalam bentuk apapun, kamu memang harus memiliki target mengenai investasi yang kamu lakukan itu sendiri. Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai target tersebut?

Perlu diingat bahwa memiliki target cukup berpengaruh terhadap bentuk investasi yang kamu jalankan. Sebagai contoh, kamu ingin mengumpulkan uang dengan jumlah tertentu dalam waktu satu tahun, kira-kira investasi properti seperti apa yang bisa memberikanmu keuntungan dalam waktu yang relatif cepat? Hal-hal seperti ini harus kamu pikirkan dengan sebaik-baiknya.

3. Ketersediaan Modal

Dibandingkan jenis investasi lainnya, investasi properti dapat dikatakan sebagai jenis investasi yang membutuhkan modal awal yang cukup besar. Maka dari itu, salah satu tips investasi properti yang wajib kamu lakukan yaitu dengan mempersiapkan modal yang cukup.

Apabila modal yang kamu miliki belum cukup, maka kamu bisa mengajukan pinjaman, baik itu melalui bank maupun melalui fintech P2P lending.

Namun, satu hal yang harus kamu lakukan sebelum mengajukan pinjaman yaitu, kamu harus melakukan perhitungan terlebih dahulu mengenai berapa jumlah modal yang sekiranya kamu butuhkan.

Agar aman, ada baiknya jika kamu mengajukan pinjaman dibatasi maksimal 50% dari kemampuan keuangan yang kamu miliki. Jangan sampai kamu tidak sanggup untuk mengembalikan dana pinjaman karena jumlahnya yang melebihi batas kemampuan.

4. Mulailah dari yang kecil

Suatu hal besar pastinya dimulai dari yang kecil terlebih dahulu, tak terkecuali dalam berinvestasi properti. Meskipun investasi properti membutuhkan modal yang cenderung tidak sedikit, namun bukan berarti kamu juga harus memulainya dari yang besar.

Sebagai contoh, untuk permulaan kamu bisa mengawalinya dari membuat kos-kosan dengan jumlah kamar yang tidak terlalu banyak.

Pada nantinya ketika kos-kosan mu sudah berjalan dengan mulus, barulah kamu bisa mengembangkannya dengan kamar yang lebih banyak serta fasilitas yang lebih mumpuni.

5. Menghemat Pembayaran Pajak

Dalam berinvestasi properti, jangan lupa bahwa kamu juga diwajibkan untuk membayar pajak. Nah, dalam hal ini kamu bisa berkonsultasi pada profesional yang telah memiliki cukup pengalaman dalam bidang properti dan perpajakan sebagai salah satu tips investasi properti yang tepat.

Dengan menggunakan tips investasi properti yang mereka sarankan, maka tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa menghemat dalam hal pembayaran pajak.

6. Membuat Strategi Investasi

Di dalam tips investasi properti, kamu pastinya juga harus mengatur strategi yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan dengan kurun waktu yang cenderung cepat. Perlu diketahui bahwa kamu harus mengetahui waktu yang tepat dalam membeli properti.

Ada kalanya harga properti sedang turun, namun ada kalanya pula harga properti menjadi sangat tinggi. Hal-hal seperti inilah yang perlu kamu ketahui dan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah properti.

Karena sebenarnya, harga properti juga dipengaruhi oleh kondisi perekonomian, baik global maupun nasional. Maka dari itu, salah satu tips investasi properti yang harus kamu lakukan yaitu dengan selalu memantau pemberitaan di media massa ataupun menanyakan kepada teman dan kerabat mengenai perkembangan beritan terkini. Dengan begitu, kamu pasti akan menemukan harga properti yang sesuai kantong.

Sebenarnya, tips investasi properti tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan. Kamu hanya banyak berdiskusi dan meminta saran kepada orang-orang yang telah berpengalaman dan memantau berita terkini mengenai perekonomian yang mampu mempengaruhi harga dari properti itu sendiri.

Selain itu, satu hal yang harus kamu persiapkan ketika ingin melakukan investasi properti yaitu dengan memiliki modal yang cukup. Ingin berinvestasi properti namun belum memiliki modal yang cukup? Yuk segera ajukan pinjaman di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda