Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Investasi Emas: Ini Beda Emas Antam dan UBS

by Tisyrin N. T on 11 Desember, 2019

Bicara investasi, emas masih jadi instrumen yang digemari oleh banyak orang. Terdapat dua jenis emas batangan yang selama ini merajai pasar yaitu Antam dan UBS. Namun, ada pula beberapa pemain lain yang meramaikan pasar emas batangan serta pemain baru.

Buat kamu yang masih awam banget soal dunia per-emas-an tapi tertarik untuk investasi emas, tak ada salahnya untuk memahami terlebih dahulu perbedaan tentang emas Antam dan UBS. Saat ini, emas batangan Antam menguasai sekitar 90% pangsa pasar, sedangkan emas UBS hanya sekitar 10%. Pemain lain di pasar emas batangan baru mendapatkan sedikit tempat di pasar.

Perbedaan Emas Antam dan UBS

Emas batangan keluaran Antam dan UBS memiliki persamaan yaitu dari segi kadar emasnya yang mencapai 99,99 persen atau 24 karat. Namun, keduanya juga memiliki perbedaan antara lain dari segi produsen, ukuran, dan sertifikatnya.

Emas Antam
  • Produsen

Emas Antam memang terdengar sangat akrab ya di telinga? Wajar saja karena emas batangan Antam menguasai sebagian besar pangsa pasar. Produsen emas Antam adalah PT Aneka Tambang Tbk. atau PT Antam, BUMN yang memiliki tambang emas serta pemurnian emas.

Antam berdiri pada tahun 1968 dan menjadi produsen emas batangan sejak tahun 1973. Tak hanya seputar emas, BUMN yang satu ini juga punya kegiatan lain termasuk mengolah dan memurnikan perak hingga platina.

  • Ukuran

Emas batangan Antam tersedia dalam 12 pecahan mulai dari 0,5 gram hingga 1 kg. Rinciannya yaitu ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, dan 1.000 gram (1 kg).

  • Sertifikat

Berdasarkan informasi di situs resminya logammulia.com, semua produk unit usaha Antam Logam Mulia telah mendapatkan jaminan kualitas dalam bentuk akreditasi dari lembaga sertifikasi berskala nasional maupun global. Antam Logam Mulia mendapatkan akreditasi London Bullion Market Association (LBMA) sejak 1 Januari 1999 yang termasuk dalam Good Delivery List.

Hanya perusahaan pemurnian dengan produk yang telah terakreditasi LBMA dan memenuhi standar yang tepat untuk diperdagangkan pada pasar OTC global yang akan muncul pada Good Delivery List. Antam Logam Mulia merupakan satu-satunya pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang bersertifikat LBMA.

(Baca juga: Ternyata Ini Logam Paling Berharga dan Mahal Selain Emas)
Emas UBS
  • Produsen

Produsen emas batangan UBS adalah PT Untung Bersama Sejahtera atau PT UBS. Perusahaan ini berdiri di Surabaya pada tahun 1981. Selain memproduksi emas batangan, PT UBS juga mengeluarkan sejumlah brand perhiasan antara lain Venus dan Starshine.

  • Ukuran

Berbeda dengan emas batangan Antam yang tersedia hingga ukuran 1 kg, produk emas batangan UBS lebih terbatas pilihannya. Emas batangan UBS hanya tersedia dalam ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

  • Sertifikat

Emas batangan UBS bersertifikat Nasional yang merupakan keluaran PT UBS sendiri. Untuk emas pecahan 0,1 – 4 gram, sertifikatnya menggunakan kertas dan emas terlaminasi di dalamnya. Sementara untuk emas pecahan 5 – 100 gram, sertifikatnya memakai kertas berhologram dan terpisah dari emas.

(Baca juga: Mudah, Murah, Menguntungkan, Tiga Alasan Investasi Emas Cocok Buat Milenial)
Pemain Lain yang Meramaikan Pasar Emas Batangan

Selain emas batangan keluaran Antam dan UBS yang memang sudah ‘punya nama’, masih ada lho emas batangan keluaran produsen lain. Sampoerna Strategic Group bahkan baru-baru ini mulai nyemplung di bisnis emas. Perusahaan ini melalui anak usahanya PT Sampoerna Gold Indonesia memasarkan emas batangan dengan berbagai ukuran.

Pada tahap awal, Sampoerna menjual emas batangan yang diberi nama WARIS ukuran 10 gram hingga akhir tahun 2019. Pada tahun depan, barulah perusahaan ini menjual emas batangan dengan ukuran yang lebih kecil mulai dari 1 – 5 gram.

Jenis emas batangan lain yang ada di pasaran yaitu emas PAMP (Produits Artistiques Métaux Précieux) asal Swiss. Emas PAMP tersedia dalam empat ukuran mulai dari 5 gram hingga 100 gram. Selain emas PAMP, kamu juga bisa menjumpai emas batangan HWT dan King Halim Gold.

Emas batangan HWT diproduksi PT Hartono Wira Tanik. Emas ini terdiri atas ukuran 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. PT HWT juga memproduksi perhiasan seperti kalung, cincin, anting, dan gelang. Perusahaan tersebut berdiri pada tahun 1988 dan rajin menjadi sponsor ajang kecantikan Puteri Indonesia sejak tahun 2007.

Sementara emas batangan King Halim Gold diproduksi PT Pamitramas Mulia, perusahaan yang dirintis sejak tahun 1982. Keunggulan produk keluaran perusahaan ini adalah pemanfaatan teknologi Italia. Emas batangan King Halim Gold tersedia dalam ukuran 5 gram hingga 100 gram.

Nah, buat kamu yang ingin update tentang harga emas, kamu bisa cek setiap hari di toko finansial CekAja.com ya!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.