Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Banyak yang Kepincut, Ini Lho Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

by Miftahul Khoer on 17 Desember, 2019

Ada berbagai macam bentuk investasi yang dilakukan oleh masyarakat, salah satunya adalah investasi logam mulia seperti emas. Investasi emas bisa dilakukan baik dalam bentuk perhiasan maupun emas koin dan batangan. Emas memang masih digemari orang sebagai bentuk investasi karena punya banyak kelebihan. 

harga emas

Mungkin kamu tertarik untuk menginvestasikan uangmu dalam bentuk emas juga? Sebelum itu, ada baiknya kamu menyimak kelebihan dan kekurangan investasi emas berikut ini:

Kelebihan Investasi Emas
1. Mudah dicairkan

Salah satu alasan orang memilih emas sebagai investasi karena mudah dicairkan. Dibanding investasi lain, emas memang mudah dijual kapan saja. Hal ini merupakan poin plus tersendiri terutama bagi orang yang sedang membutuhkan uang secara mendadak. Dengan menjual sebagian emas, maka masalah tersebut bisa teratasi.

2. Bisa digunakan sebagai tabungan darurat

Karena kemudahannya untuk dicairkan, emas bisa dijadikan tabungan darurat. Tidak hanya bisa dijual dengan mudah, emas juga bisa dijadikan jaminan di Pegadaian bagi kamu yang membutuhkan uang untuk sementara waktu. Nanti kamu bisa menebusnya kembali. Dengan emas sebagai jaminan, biasanya harga yang ditawarkan juga lebih tinggi dibanding barang lain seperti misalnya barang elektronik.

3. Harga cenderung stabil

Salah satu alasan emas dijadikan pilihan investasi adalah karena harganya yang cenderung stabil. Hal ini membuat investasi emas dianggap aman dari risiko kerugian. Cocok buat kamu yang merasa perlu mengamankan uangmu.

4. Bisa dimulai dengan modal terbatas

Berbeda dengan investasi lain yang memerlukan modal cukup banyak, investasi emas bisa dilakukan dengan modal yang sangat kecil sesuai dengan kemampuan. Misalnya program tabungan emas yang memungkinkanmu untuk memiliki emas dengan berat minimal 0,01 gram saja. Hal ini tentu sangat ringan dilakukan.

5. Mudah dengan pilihan tabungan dan kredit

Sekarang, pilihan investasi emas makin banyak dan makin mudah. Kamu bisa mengikuti program tabungan emas seperti yang disediakan oleh Pegadaian. Dana yang disetor ke tabungan emasmu akan secara otomatis dikonversi menjadi emas. Hal ini memungkinkanmu untuk menabung sekaligus investasi.

Selain itu, kamu juga bisa membeli emas dengan sistem kredit. Kamu bisa melakukan cara ini di Pegadaian atau bank syariah yang menyediakan jasa kredit emas. Umumnya, kamu diwajibkan membayar uang muka sebesar 10-20% dari harga emas. Setelah itu, kamu tinggal mengangsur selama jangka waktu yang ditentukan.

(Baca juga: Investasi Emas: Ini Beda Emas Antam dan UBS)
Kekurangan Investasi Emas

Setelah mengetahui kelebihan investasi emas, berikutnya kita bahas kekurangannya berikut ini:

1. Risiko kehilangan

Karena emas berupa barang, maka salah satu kekurangan utamanya adalah risiko kehilangan. Hal ini terutama kalau kamu membeli emas dalam bentuk perhiasan dan memakainya. Selain hilang karena terjatuh, emas juga bisa hilang karena dicuri orang. Menyimpan emas di dalam rumah juga tidak aman dari risiko ini.

Hal aman yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko ini adalah apabila kamu mengambil tabungan emas atau kredit emas, karena emasnya bisa dititipkan kepada pihak penyedia jasa sehingga keamanannya terjamin.

2. Kenaikan harga yang lambat

Meski harga emas yang stabil cenderung aman, tapi harus diakui bahwa emas tidak akan memberikan keuntungan yang signifikan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, emas hanya cocok untuk investasi jangka panjang.

3. Harga fluktuatif

Meski cenderung stabil dan mengalami kenaikan walau lambat, kadang harga emas juga mengalami penurunan. Hal ini biasanya tergantung pada kondisi ekonomi negara dan tingkat konsumsi masyarakat.

4. Selisih harga beli dan harga jual

Selain itu, ada juga selisih harga beli dan harga jual. Ketika membeli emas, kemudian menjualnya, biasanya akan dikenakan potongan sebesar 5-10%. Itu juga masih harus disesuaikan dengan harga beli dan jual yang berlaku pada hari itu. Kurs harga ini harus diperhatikan dengan baik saat memutuskan untuk membeli atau menjual emas.

(Baca juga: Ternyata Ini Logam Paling Berharga dan Mahal Selain Emas)
Kemudahan Investasi Emas Melalui Aplikasi

Saat ini kalau kamu mau mulai investasi emas, sudah ada cara yang lebih mudah yaitu melalui aplikasi investasi emas. Ada banyak aplikasi emas baik itu dari marketplace yang menyediakan program investasi emas, maupun aplikasi khusus investasi emas yang bisa kamu pilih. Beberapa kemudahan yang bisa kamu peroleh ketika mulai investasi emas melalui aplikasi antara lain:

1. Modal ringan

Sama halnya seperti tabungan emas, membeli emas melalui aplikasi juga bisa dimulai mulai 0,01 gram saja yaitu seharga kurang lebih Rp6.000. Hal ini tentu terasa ringan dilakukan dan mudah bukan? Kamu bisa saja membeli emas setiap hari.

2. Bisa dijual kembali

Selain itu, kamu bisa menjualnya kembali kapanpun kamu mau. Uangnya nanti akan masuk ke e-wallet kamu yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan atau kamu bisa menariknya ke rekeningmu.

3. Cek harga realtime

Aplikasi investasi emas juga memberikan update harga secara realtime sehingga kamu bisa mengamati dan memilih kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas. Misalnya, kamu membeli saat harga turun, kemudian menjualnya kembali saat harga naik.

4. Bisa dilakukan kapan saja di mana saja

Yang paling memudahkan dengan adanya aplikasi investasi emas, kamu bisa melakukan kapan saja dan di mana saja selama kamu terkoneksi ke internet. Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke bank atau Pegadaian.

Begitulah seluk beluk investasi emas yang perlu kamu tahu. Jadi kapan kamu akan mulai investasi emas? CekAja.com juga memberikan informasi mengenai perbandingan harga emas setiap hari lho! Cek ya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.