Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Tips Investasi Emas yang Menguntungkan, Pemula Wajib Cek!

by Ayunindya Annistri on 21 Februari, 2020

Investasi emas kini tak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berduit, bahkan kamu pun yang mungkin masih bergaji pas-pasan bisa melakukannya. Ketimbang menabung tapi keuntungan yang didapat tetap saja stabil, investasi dinilai lebih menjanjikan hingga jangka panjang. Penasaran seperti apa tips investasi emas yang menguntungkan untuk pemula? Simak ulasannya di bawah ini!

Tips Investasi Emas yang Menguntungkan

Mengapa Investasi Emas Itu Penting?

Sudah sejak dulu emas dikenal sebagai instrumen investasi yang menguntungkan ketimbang investasi saham atau bahkan menabung. Sebab, logam mulia yang satu ini enggak hanya minim resiko saja, melainkan juga nilainya cenderung stabil dan bersifat likuid alias mudah dicairkan.

Selain itu, proses pembelian emas yang mudah melalui PT Antam dan Pegadaian juga menjadi faktor lainnya mengapa masyarakat menggemari investasi jenis ini.

Di sisi lain pula, sebagai pemula kamu juga bisa melakukan investasi emas dengan skema kelola sendiri. Maksudnya, kamu hanya perlu membeli emas di Antam kemudian dirawat secara berkala dengan menempatkannya di tempat penyimpanan yang aman.

Sebelum menjual, periksa kembali emas batangan yang dimiliki dan pastikan wujudnya tidak mengalami perubahan sama sekali. Karena, wujud emas yang mengalami perubahan dapat mempengaruhi harga jualnya di pasaran.

(Baca Juga: 8 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu)
Tips Investasi Emas yang Menguntungkan Bagi Pemula

Sudah paham betapa pentingnya investasi emas untuk kehidupan finansialmu kan? Nah, sekarang saatnya kamu menjajal dunia investasi logam mulia ini. Enggak perlu khawatir meski kamu termasuk newbie dengan gaji minimalis. Sebab, CekAja bakal berbagi tips investasi emas yang menguntungkan untuk pemula berikut ini. Yuk, simak!

1. Buat perencanaan yang jelas

Penting halnya buat kamu tahu bila tips investasi emas yang menguntungkan itu dimulai dari perencanaan atau tujuan yang dibuat dengan jelas. Pasalnya, kalau kamu hanya mengikuti tren membeli emas kemudian dijual sewaktu-waktu, justru hanya akan membuatmu merugi saja.

Oleh karenanya, kamu harus menentukan terlebih dulu tujuan dari investasi emas yang dilakukan. Entah itu untuk tabungan pendidikan masa depan, biaya naik haji, atau bahkan untuk biaya menggelar pesta pernikahan.

2. Pantau harga emas secara berkala

Saat berinvestasi emas, kamu mau tak mau harus selalu memantau harga logam mulia tersebut dan pergerakannya di pasar global. Karena tidak setiap harinya, adalah waktu yang tepat untuk membeli emas maupun menjualnya kembali.

Seperti dikutip dari laman Sahabat Pegadaian, waktu terbaik untuk melakukan pembelian emas adalah sekitar bulan April hingga pertengahan Juni. Karena diantara bulan tersebut, harga emas cenderung menurun sementara permintaannya sendiri meningkat.

Kemudian masih dari laman yang sama, sebaiknya kamu menghindari bulan November hingga Desember untuk membeli emas. Karena di penghujung tahun, harga emas cenderung mengalami kenaikan, meski perkiraan ini belum tentu sama setiap tahunnya.

3. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Tips investasi emas yang menguntungkan berikutnya adalah selalu menyesuaikan kemampuan finansial yang dimiliki. Karena serupa dengan investasi lainnya, investasi emas juga membutuhkan dana lebih. Maka dari itu, selalu sesuaikan investasi yang dilakukan dengan kemampuan finansial mu.

Enggak perlu langsung mengeluarkan banyak dana, sebab beberapa lembaga penyedia investasi emas seperti Pegadaian menerapkan aturan investasi dengan iuran per bulan hanya sekitar Rp 50 ribu saja.

4. Pastikan memilih jenis emas yang sesuai  

Perlu kamu ketahui bila emas itu memiliki banyak jenisnya. Mulai dari logam mulia hingga emas kuno, semuanya memiliki nilai yang berbeda. Sebagai pemula, sangat disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Karena investasi logam mulia lebih menguntungkan dan lebih tepat sebagai simpanan masa depan ketimbang perhiasan.

Kelebihan investasi logam mulai sendiri terletak pada harga jualnya yang cenderung tinggi. Berbeda dengan emas perhiasaan yang harga jualnya sedikit lebih rendah karena beberapa faktor, seperti jumlah karat, biaya pembuatan, nilai seni, depresiasi atau penurunan harga, dan model.

5. Perhatikan tempat penyimpanan emas

Terakhir, tips investasi emas yang menguntungkan untuk pemula adalah dengan selalu memperhatikan tempat penyimpanannya apakah benar-benar layak dan aman untuk menempatkan emas. Karena kecerobohan dalam berinvestasi emas bisa saja terjadi dan ini juga termasuk salah satu resiko paling fatal, bila logam mulia yang dimiliki cacat atau bahkan hilang.

Umumnya, penyimpanan emas bisa dilakukan di rumah dengan menaruhnya ke dalam brankas khusus. Namun, untuk meningkatkan keamanan, kamu bisa menggunakan layanan Safe Deposit Box yang biasanya disediakan oleh bank khusus untuk menyimpan barang berharga milik nasabah.

(Baca Juga: 3 Investasi yang Bakal Populer di Kalangan Milenial Tahun 2020)
Beli Emas Sekarang Mudah Kok!

Seperti diketahui bahwa pembelian emas kini enggak lagi ribet, karena telah tersedia PT Antam dan Pegadaian. Dua lembaga ini menjual berbagai jenis emas asli mulai dari 0,1 gram.

Kamu hanya perlu mengakses website resminya, dimana PT Antam menyediakan website khusus untuk pembelian emas yakni https://www.logammulia.com/. Kemudian untuk pembelian emas di Pegadaian, kamu bisa langsung mengakses website resminya dan pilih fitur “Produk” lalu klik “Investasi Emas” yang tersedia di halaman pertama situs.

Meski investasi emas itu menjanjikan, namun satu hal yang perlu kamu pahami bila tidak selamanya keuntungan dari investasi jenis ini bakal didapat dalam waktu singkat.

Dibutuhkan kesabaran ekstra agar hasil yang didapat kelak juga maksimal. Selama kamu menerapkan tips investasi emas yang menguntungkan di atas, maka jangan takut untuk merugi.

Untuk mendapatkan panduan finansial yang netral dan terpercaya, kamu juga bisa mengakses situs CekAja.com. Lewat situs ini, kamu juga bisa mengajukan pinjaman dana tunai hingga kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau