Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Memilih Mobil Tua yang Cocok untuk Investasi

by Kyla Damasha on 24 Juni, 2020

Saat ini sudah banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa depan, salah satunya dengan mengoleksi mobil tua yang cocok untuk investasi.

Mobil tua yang cocok untuk investasi

Memang tak dapat dipungkiri bahwa selain menabung dan membuka bisnis, sudah mulai banyak orang yang terjun ke dunia investasi karena dianggap investasi itu sendiri dapat menambah jumlah harta yang dimiliki sekaligus membuat kondisi finansial menjadi jauh lebih baik.

Banyak instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari emas, saham, reksadana, properti, dan masih banyak lagi. Nah, salah satu jenis investasi yang sepertinya sudah mulai digandrungi oleh banyak orang, terutama dari kalangan public figure, adalah investasi mobil antik.

Hanya saja, investasi mobil tua untuk saat ini mungkin hanya bisa dilakukan oleh sebagian kecil orang saja, khususnya bagi yang memiliki cukup banyak uang, karena faktanya, dalam membeli mobil antik itu sendiri kamu harus rela mengeluarkan kocek yang tak sedikit.

(Baca juga: Asuransi untuk Mobil Tua)

Tetapi, khusus kamu yang tengah memiliki kondisi finansial yang stabil, tak ada salahnya untuk mencoba instrumen investasi satu ini. Namun, tentu saja mobil klasik memiliki jenis yang beraneka ragam. Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa pilihan mobil tua yang cocok untuk investasi. Yuk disimak bersama-sama.

Tips Berinvestasi Mobil Tua

Sebelum kita membahas tentang beberapa pilihan mobil tua yang cocok untuk investasi, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang tips memilih mobil tua yang tepat. Karena, perlu diketahui bahwa memilih mobil tua sejatinya tak sama dengan memilih mobil biasa yang sering kita gunakan di dalam aktivitas sehari-hari.

Dalam memilih mobil tua, kamu memerlukan beberapa pertimbangan agar mobil tersebut memang layak untuk dijadikan sebagai instrumen investasi yang menjanjikan. Maka dari itu, terdapat sejumlah tips yang bisa kamu lakukan agar tidak salah memilih, yaitu adalah:

  • Pilihlah Mobil dari Merek Terkenal

Tips pertama dalam memilih mobil tua yang cocok untuk investasi adalah dengan memilih mobil dari merek terkenal atau setidaknya dikenal oleh banyak orang. Mengapa? Karena semakin tua mobil klasik maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

Dan biasanya mobil dari merek terkenal akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan merk mobil lainnya yang kurang terkenal.Perlu diingat bahwa merk mobil memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap harga jual mobil tersebut. Hal tersebut dikarenakan merek mobil merupakan representatif popularitas dari mobil itu sendiri. 

  • Carilah Mobil yang Tidak Diproduksi Massal

Jika kamu ingin membeli mobil untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang, maka disarankan untuk carilah mobil special edition alias tidak diproduksi secara massal. Karena dengan begitu, apabila kamu ingin menjual mobil tersebut di masa yang akan datang, maka kamu berkemungkinan untuk mendapatkan tawaran harga yang sangat mahal. Sebagai contoh, mobil Ferrari 250 GTO yang hanya diproduksi sebanyak 36 unit saja di dunia.

  • Jangan Menunda

Dalam berinvestasi, mungkin kamu akan menunggu adanya waktu yang tepat untuk memulai. Tetapi, jika ini berhubungan dengan mobil klasik, selagi nemu yang murah janganlah menunda untuk langsung membeli dengan alasan menunggu waktu yang tepat.

Apalagi jika kamu berhasil menemukan mobil klasik bekas yang tengah dijual oleh pemilik sebelumnya, maka kalau bisa janganlah menunda dan segera beli mobil tersebut.

  • Rawatlah Mobil Agar Harga Tetap Terjaga

Perlu diketahui bahwa tidak semua mobil klasik dengan usia tua akan dibanderol dengan harga tinggi apabila dijual. Karena, sepenuhnya juga berpengaruh dengan bagaimana kamu merawat mobil tersebut.

Oleh karena itu, agar mobil klasik dapat ditawar dengan harga tinggi, kamu perlu melakukan perawatan yang tepat. Karena biasanya, mobil klasik yang terawat bisa memberikan harga yang jauh lebih tinggi untuk mobil seusianya.

Tipe Mobil Tua yang Cocok untuk Investasi

Mobil tua yang cocok untuk investasi harus memiliki harga yang terus meningkat walaupun usianya yang semakin tua. Dan hal inilah yang tak bisa didapat oleh mobil bekas pada umumnya yang harganya semakin terkikis seiring bertambahnya usia. Lalu sekiranya, mobil tua seperti apa sih yang cocok untuk dijadikan sebagai investasi?

1. Mobil Station Wagon

Mobil Station Wagon - Memilih Mobil Tua yang Cocok untuk Investasi

Tipe mobil tua yang cocok untuk investasi pertama adalah mobil station wagon yang memiliki bentuk seperti sedan dengan atap bagian belakang dibuat panjang hingga ke atas bagasi, sehingga ruang bagasi akan menyatu dengan ruang tempat duduk penumpang.

Nah, mobil sedan pada umumnya memiliki tiga pilar, yaitu A, B, C, maka station wagon memiliki empat pilar hingga D pada ujung belakangnya. Mobil tipe ini memiliki dua jenis, yaitu mobil empat pintu atau mobil dua pintu yang biasa disebut sebagai hatchback.

2. Mobil Dua Pintu

Mobil Dua Pintu - Memilih Mobil Tua yang Cocok untuk Investasi

Mobil tua yang cocok untuk investasi selanjutnya adalah mobil dengan tipe dua pintu. Karena biasanya, mobil dengan dua pintu ini tidak diproduksi secara massal dengan jumlah unit yang terbatas. Sehingga, seperti yang telah sedikit dibahas sebelumnya, mobil dua pintu sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi.

Seperti ungkapan di dalam prinsip dagang, semakin banyak orang yang mencari keberadaan dari mobil tersebut namun jumlah yang dimiliki justru kurang dari permintaan pasar, maka dapat dipastikan harga mobil akan sangat melambung tinggi.

3. CBU

CBU - Memilih Mobil Tua yang Cocok untuk Investasi

CBU atau Completely Built Up merupakan jenis kendaraan yang sepenuhnya didatangkan dari luar negeri yang kemudian di jual di Indonesia. Salah satu contohnya seperti Ferrari yang dikirim langsung dari Italia. Dikarenakan hal itulah, tak jarang banyak orang yang memilih Ferrari untuk dijadikan sebagai investasi karena harganya yang dapat dipastikan tak akan pernah turun.

Nah, mobil dengan model seperti ini jelas menjadi sangat langka dan klasik di masa yang akan datang. Karena kita tidak tahu sampai kapan mobil ini akan dipasarkan di Indonesia.

4. Mobil Langka

Mobil Langka - Memilih Mobil Tua yang Cocok untuk Investasi

Mobil langka dalam hal ini adalah mobil yang tidak diproduksi secara massal dan memiliki jumlah yang terbatas. Sebagai contoh hanya terdapat 9 unit di seluruh dunia. Ketika kamu ingin memilih mobil langka untuk dijadikan sebagai investasi, maka cari tahu terlebih dahulu tentang keberadaan mobil tersebut di pasaran, khususnya di Indonesia. Apakah banyak orang yang memilikinya? Atau bahkan tidak sama sekali?

Kemudian, tanyakan lagi pada diri sendiri, apakah tampilan mobil tersebut bisa menarik perhatian banyak orang ketika melintas di jalanan umum? Karena kedua hal ini berpotensi menjadikan mobil tersebut sangat antik dengan nilai jual yang sangat tinggi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Pilih Asuransi atau Investasi?)

Jadi, itulah beberapa tips memilih mobil tua yang cocok untuk investasi. Apakah saat ini kamu tengah berinvestasi pada sesuatu? Atau malah belum sama sekali? Nah, jika kamu belum menentukan instrumen investasi yang cocok, kamu bisa lho melakukan perbandingan di CekAja.com.

Karena CekAja.com bisa membantumu dalam memilih instrument investasi yang paling sesuai dengan kemampuan, tujuan, serta kebutuhan. Tak hanya itu, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa mengajukan produk investasi yang diinginkan dengan sangat mudah dan cepat. Jadi, yuk segera berinvestasi hanya di CekAja.com.  

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda