Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Lokasi Tanah yang Bagus untuk Investasi, Siap-siap Untung Besar!

by Ayunindya Annistri on 8 Juli, 2020

Zaman sekarang, investasi tidak melulu tentang saham dan emas. Kalau ingin menambah penghasilan, maka cobalah bermain di investasi properti, khususnya tanah. Soalnya saat ini, tanah bisa dibilang sebagai investasi menjanjikan karena lonjakan harganya yang cukup fantastis. Lantas, seperti apa lokasi tanah yang bagus untuk investasi? Cek ulasannya di sini!

Lokasi Tanah yang Bagus untuk Investasi

Bagi orang tua zaman dulu, membeli tanah bagaikan menimbun harta untuk masa depan. Bagaimana tidak? Harga tanah yang jarang sekali turun dan justru selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun menjadi pertimbangan untuk melakukan investasi tanah.

Makanya jangan heran, jika dulu banyak orang yang berlomba-lomba membeli tanah dan menjualnya kembali di tahun berikutnya.

Tapi, ada hal yang mesti diperhatikan sebelum menggeluti hal ini, salah satunya adalah pemilihan lokasi tanah untuk investasi. Soalnya, tidak semua lokasi bisa dijadikan sebagai investasi properti dan jika kamu salah memilih, bukan keuntungan yang didapat melainkan pula kerugian.

Nah, kali ini CekAja bakal kembali membahas informasi menarik mengenai lokasi tanah yang bagus untuk investasi seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Daftar Lokasi Tanah yang Bagus untuk Investasi
1. Tanah yang kosong dan belum berprospek pembangunan

Tanah yang kosong dan belum berprospek pembangunan

Pertama, lokasi tanah yang bagus untuk investasi adalah tanah kosong yang memang belum digunakan sama sekali. Selain harga belinya yang jauh lebih murah, jenis tanah ini juga berpeluang untung besar.

Apalagi kalau lokasinya berada di kawasan pemukiman, pusat industri atau setidaknya banyak dilewati oleh orang-orang. Bisa jadi dikemudian hari, harga jual dari tanah ini merangkak naik dan kamu pun bisa menerima pundi-pundi rupiah dalam jumlah besar.

(Baca Juga: 8 Tips Membeli Tanah Murah, Anti Tipu-tipu)
2. Lokasi tanah yang jauh dari kebisingan

Lokasi tanah yang jauh dari kebisingan

Berikutnya, lokasi tanah yang bagus untuk investasi adalah yang jauh dari kebisingan. Artinya, ketika kamu ingin investasi tanah, pertimbangkan lokasinya terlebih dulu di mana kamu bisa memilih lokasi tanah yang jauh dari kebisingan dan sesuatu yang tidak nyaman, seperti dekat dengan limbah sampah, kawasan yang dikenal memiliki tingkat kriminalitas tinggi, dan kawasan yang sering dilanda bencana alam.

Maka dari itu, sebelum berinvestasi pastikan kamu sudah benar-benar jeli melihat lokasi tersebut dan jika masih ragu cobalah meminta bantuan kepada pihak notaris yang mungkin berada di dekat lokasi tanah tersebut.

3. Lokasi tanah yang dekat pusat kota dan strategis

Lokasi tanah yang dekat pusat kota dan strategis

Memilih lokasi tanah yang bagus untuk investasi bisa juga dilihat dari strategis atau tidaknya lokasi tersebut. Soalnya nih kebanyakan orang atau perusahaan yang ingin membeli tanah pasti melihat letak dari tanah itu sendiri.

Di mana idealnya lokasi tanah haruslah berada dekat dengan pusat kota, mudah diakses dari jalan raya dan tersedia fasilitas umum maupun fasilitas untuk menunjang ekonimi yang juga mudah dijangkau.

Walaupun berinvestasi di lokasi ini cukup mahal, tapi bayangkan deh kalau nantinya ada yang membeli tanah milikmu karena dianggap strategis. Pasti keuntungan yang kamu dapatkan bisa mencapai ratusan juta rupiah loh. Apalagi kalau letaknya ada di pusat kota besar seperti Jakarta.

4. Lokasi tanah yang ideal

Lokasi tanah yang ideal

Di poin keempat dalam hal memilih lokasi tanah yang bagus untuk investasi, setidaknya kamu mesti memperhatikan bentuk dari tanah itu sendiri. Inilah alasannya kenapa banyak orang yang ingin memiliki tanah ideal untuk berinvestasi, karena nantinya harga jual yang dipatok bisa melambung tinggi.

Sebaiknya pilih tanah yang ukuran lebarnya sekitar 40 hingga 75 persen dari ukuran panjang tanahnya, seperti 12×20 meter persegi, 8×18 meter persegi, 6×15 meter persegi, dan 9×20 meter persegi.

5. Tanah dengan bentuk trapesium

Tanah dengan bentuk trapesium

Pilihan lainnya saat mencari lokasi tanah yang bagus untuk investasi adalah dengan melihat apakah bentuk tanah tersebut trapesium atau tidak. Soalnya nih, kebanyakan orang pasti mengincar tanah berbentuk trapesium terutama untuk pembangunan rumah.

Jenis ini dinilai memiliki ukuran yang lebih sempit pada bagian depan ketimbang bagian belakangnya, di mana nantinya tampilan rumah akan terlihat lebih lebar di bagian belakangnya.

(Baca Juga: Ini 5 Investasi Anti Mainstream yang Menguntungkan)
Ingin Investasi Tanah? Simak Dulu Tipsnya Berikut Ini

Sebelum memulai investasi tanah ini, ada baiknya jika kamu menyimak beberapa tips berikut, agar investasi tanah yang dilakukan untung dan tidak mendatangkan kerugian di masa mendatang.

  • Cek legalitas tanahnya, mulai dari bebas sengketa, tidak sedang dihuni hingga memiliki ukuran yang sesuai dengan apa yang tertera di sertifikat
  • Cek kondisi tanah, yang mana umumnya meliputi bentuk tanah, ukuran dan kepadatan tanahnya sendiri
  • Lakukan negosiasi harga, supaya tanah yang didapat sesuai dengan harga belinya
  • Amankan lokasi, supaya taka da lagi oknum nakal yang asal mencomot tanah milikmu
  • Berada di lokasi strategis, agar mudah dijual dan mendatangkan keuntungan berlipat
Mau Investasi Tanah Tapi Belum Ada Dana? Pinjam saja di CekAja.com

Nah, itu tadi pembahasan mengenai lokasi tanah yang bagus untuk investasi beserta kiat menggeluti investasinya. Kalau kamu ingin mencoba peruntungan di invesitasi properti khususnya tanah, namun belum ada dana, jangan pesimis ya.

Soalnya, kamu bisa menggunakan layanan pinjaman dana tunai dari CekAja.com untuk nantinya digunakan membeli satu kavling tanah untuk investasi.

Untungnya lagi, CekAja menyediakan pinjaman dengan sistem cicilan ringan dan bunga rendah hanya sekitar 0,65 persen saja. Sehingga kelak jika tanah yang kamu investasikan laku terjual, dapat dimanfaatkan kembali untuk menutupi kekurangan setelah kamu meminjam dana.

Jadi, perputaran uangmu pun tetap aman tanpa merasa dirugikan di akhir. Bagaimana? Tertarik ajukan pinjaman dana di CekAja? Yuk, langsung akses laman utama CekAja.com dan gunakan pinjaman yang kamu dapatkan untuk investasi tanah.

Modal terpenuhi, investasi pun lancar dijalankan!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau