Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Ini Cara Apply Kartu Kredit untuk Anda yang Baru Kerja

by Tisyrin N. T on 14 Mei, 2018

Anda baru memasuki dunia kerja? Tak ada salahnya untuk mulai menimbang untuk mengajukan kartu kredit. Mengapa? Karena kartu kredit sejatinya akan banyak membantu dalam kehidupan sehari-hari termasuk bagi para pekerja pemula atau first jobber.

Menilik data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), hingga pada akhir 2017, terdapat 17,24 juta kartu kredit yang beredar. Nilai transaksi kartu kredit sepanjang 2017 mencapai Rp288,91juta.

Sementara pada Maret 2018, jumlah kartu kredit yang beredar sebanyak 17,4 juta dan nilai transaksi sepanjang Maret 2018 mencapai Rp71,13 juta. Anda tertarik merasakan transaksi dengan kartu kredit?

Seorang first jobber bisa merasakan berbagai kemudahan jika memiliki kartu kredit. Misalnya bagi Anda first jobber yang bidang pekerjaannya butuh ditunjang dengan penampilan, maka kartu kredit bisa membantu untuk membeli pakaian kerja.

Selain itu, kartu kredit juga dapat Anda manfaatkan untuk membeli peralatan penunjang kerja.  Apalagi, kartu kredit juga seringkali banjir promo yang akan membuat hidup Anda semakin hemat.

Nah, sembari menimbang-nimbang apakah akan membuat kartu kredit atau tidak, yuk simak cara membuat kartu kredit, tip memilih kartu kredit, hingga contoh kartu kredit yang sesuai untuk pekerja pemula.

Cara Apply Kartu Kredit

Anda yang baru masuk ke dunia kerja dan baru pertama kali akan mengajukan kartu kredit pasti masih bertanya-tanya, bagaimana cara mengajukan kartu kredit?

Secara umum, bank mensyaratkan usia minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun untuk pemegang kartu kredit utama. Sedangkan untuk kartu tambahan, usia minimum 17 tahun dan maksimum 65 tahun.

Dokumen yang perlu disiapkan seorang karyawan untuk mengajukan kartu kredit biasanya berupa fotokopi KTP, fotokopi slip gaji, serta fotokopi NPWP. Namun, semua kembali kepada ketetapan masing-masing bank penerbit kartu kredit.

Saat ini, untuk mengajukan kartu kredit semakin mudah karena pesatnya kemajuan teknologi. Selain cara konvensional dengan mendaftar langsung melalui bank, Anda juga bisa mengajukan kartu kredit secara online. Yuk simak!

(Baca juga: Ini Cara Batalkan atau Ubah Jadwal Tiket Kereta Api Mudik)

Melalui bank

Anda bisa mengajukan kartu kredit langsung ke pihak bank, caranya dengan melalui sales kartu kredit, langsung mendatangi kantor cabang bank, atau melalui website bank. Pahami syarat-syarat yang ditetapkan oleh pihak bank dan siapkan dokumen yang mereka minta.

Setelah mengisi aplikasi permohonan kartu kredit dan menyerahkan dokumen lengkap ke pihak bank, Anda tinggal menunggu hasilnya. Apabila permohonan kartu kredit Anda disetujui, maka kartu kredit akan dikirim ke alamat Anda.

Melalui e-commerce finansial

Saat ini, sudah ada e-commerce finansial seperti CekAja.com yang siap membantu Anda untuk mengajukan kartu kredit secara online. Anda juga bisa membandingkan berbagai jenis kartu kredit di CekAja.com sehingga bisa menemukan yang paling sesuai untuk Anda.

Simak langkah-langkah mengajukan kartu kredit di CekAja.com sebagai berikut :

  • Masuk ke CekAja.com
  • Arahkan kursor ke bagian ‘Kartu Kredit’. Setelah itu, klik ‘Kartu Kredit’
  • Apabila sudah, akan muncul pilihan kartu kredit dari berbagai bank, pelajari satu per satu
  • Pilih salah satu kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Selanjutnya, klik ‘Ajukan Sekarang’
  • Isi data diri yang diminta
  • Tunggu panggilan dari customer service
  • Kurir akan mengambil dokumen persyaratan
  • Tunggu proses selanjutnya
Tip Memilih Kartu Kredit untuk Pekerja Pemula

Anda mengalami kebingungan dalam menentukan kartu kredit yang tepat? Beberapa tip berikut ini bisa membantu Anda.

Cari kartu kredit yang banyak beri keuntungan untuk first jobber

Jangan asal-asalan ketika mengajukan kartu kredit, karena jika Anda teliti, ada kartu kredit tertentu yang memberikan segudang keuntungan bagi first jobber. Keuntungan yang dimaksud bisa jadi berupa hadiah saat mengajukan kartu kredit pertama kali, gratis iuran tahunan, atau keuntungan lainnya.

Keuntungan seperti gratis iuran tahunan tentu akan sangat meringankan seorang pekerja pemula bukan? Nah, dengan mempelajari berbagai jenis kartu kredit, Anda akan menemukan kartu kredit yang paling sesuai untuk first jobber.

Seperti halnya ketika akan membeli sebuah barang, Anda harus menilai terlebih dahulu apakah barang tersebut sesuai atau tidak dengan kebutuhan Anda.

Cari kartu kredit yang syarat penghasilannya sesuai dengan Anda

Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis kartu kredit. Satu bank saja bisa menerbitkan macam-macam kartu kredit. Nah, untuk itu, Anda harus teliti sebelum mengajukan kartu kredit jika tak ingin mengalami penolakan.

Khusus pekerja pemula, carilah penerbit kartu kredit yang mensyaratkan jumlah penghasilan sesuai dengan kondisi Anda.

Seorang pekerja pemula biasanya penghasilannya belum terlalu besar. Maka dari itu, carilah penerbit kartu kredit yang mensyaratakan penghasilan minimal Rp3 juta saja. Dengan begitu, akan mudah bagi Anda untuk lolos dan cepat mendapatkan kartu kredit incaran Anda.

Cari kartu kredit yang sesuai kebutuhan

Terdapat jenis kartu kredit yang secara khusus memberikan banyak benefit untuk hal-hal tertentu seperti kartu kredit A banyak memberikan keuntungan untuk belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket, sementara kartu kredit B untuk kegiatan traveling.

Nah, Anda bisa meninjau ulang kebutuhan Anda dan karakteristik Anda untuk menemukan jenis kartu kredit yang cocok.

(Baca juga: Wah! Bank Indonesia Siapkan Jurus untuk Perkuat Rupiah)

Contoh Kartu Kredit untuk Pekerja Pemula

Untuk memudahkan Anda, inilah beberapa contoh kartu kredit yang pas untuk para pekerja pemula. Yuk, simak!

BRI Touch

Kartu kredit dari Bank BRI ini sesuai bagi Anda yang belum pernah memiliki kartu kredit sebelumnya. Limit awal kartu kredit BRI Touch adalah sebesar Rp5 juta.

Dengan syarat minimum penghasilan per bulan Rp3 juta serta tawaran gratis annual fee seumur hidup, maka kartu ini sangat cocok untuk pekerja pemula. Cukup siapkan dokumen berupa KTP, NPWP, dan slip gaji.

Keuntungan lain yang ditawarkan yaitu promo menarik di puluhan merchant lifestyle pilihan mulai dari kafe, restoran, hingga e-commerce.

AEON Card

Kartu lain yang bisa Anda pilih adalah AEON Card. Persyaratan umum untuk mengajukan kartu kredit AEON adalah minimum penghasilan Rp3 juta per bulan, usia pemegang kartu utama adalah 21-65 tahun dan kartu tambahan 17-65 tahun.

Jika Anda tertarik, Anda harus menyiapkan dokumen berupa fotokopi e-KTP/Paspor & KITAS serta bukti penghasilan (slip gaji atau surat keterangan penghasilan) atau rekening koran (3 bulan terakhir).

Kartu kredit Citibank

Terdapat promo menarik dari Citibank yaitu hadiah berupa voucher Tokopedia Rp1 juta bagi para pemula yang mengajukan berbagai jenis kartu kredit Citibank. Untuk bisa mengajukan kartu kredit Citibank, syaratnya adalah usia 21-65 tahun dan penghasilan minimum Rp60 juta per tahun.

Hadiah voucher akan diberikan untuk nasabah baru atau nasabah Citibank yang belum memiliki kartu kredit Citibank jenis apa pun. Program tersebut hanya berlaku untuk pengajuan minimum 2 kartu kredit Citibank yang telah disetujui.

Dan, semua kartu utama dan kartu tambahan (jika ada) yang disetujui pada program ini akan mendapatkan iuran tahunan gratis untuk 1 tahun pertama. Program ini berlaku hingga 31 Desember 2018.

Kartu kredit CIMB Niaga Classic

Kartu kredit CIMB Niaga Classic juga menawarkan gratis iuran tahunan. Untuk kartu MasterCard, mendapatkan gratis iuran tahunan seumur hidup. Sementara kartu VISA, mendapatkan gratis iuran tahunan  untuk 2 tahun pertama.

Selain itu, terdapat fasilitas cicilan tetap. Anda bisa mengubah pembelanjaan dengan CIMB Niaga Classic menjadi cicilan tetap dengan bunga ringan dan jangka waktu angsuran 3,6, atau 12 bulan.

Syarat umum untuk mengajukan kartu ini adalah usia 21-65 tahun untuk pemegang kartu utama, sedangkan kartu tambahan 17-70 tahun.

(Baca juga: Traveling Saat Ramadan? Mengapa Tidak!)

Bagi karyawan, siapkan dokumen berupa fotokopi KTP/paspor (khusus WNA), fotokopi slip gaji/asli surat keterangan penghasilan/fotokopi SPT PPH 21, serta fotokopi NPWP (untuk limit tertentu).

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami