Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Cerdas Agar Kartu Kredit Anda Tak Over Limit

by Achmad Fauzi on 23 Mei, 2018

Kartu kredit di era zaman now memang sangat dibutuhkan. Saat ini, hampir semua orang memiliki kartu kredit. Namun, penggunaan yang berlebihan bisa mengakibatkan kartu kredit over limit, bagaimana mencegahnya? Simak cara cerdas agar kartu kredit Anda tak over limit.

Anda tentu akan merasa resah jika kartu kredit Anda sudah over limit atau penggunaannya melebihi batas pagu kredit (limit) yang disetujui. Over limit juga bisa terjadi jika di dalam kartu kredit Anda masih ada tanggungan cicilan sebelumnya.

Misalnya, jika limit kartu kredit Anda Rp5 juta, dan Anda telah menggunakannya sampai batas limit. Lalu saat jatuh tempo, Anda hanya membayar Rp4 juta. Di situ Anda masih mempunyai tanggungan cicilan Rp1 juta.

Kemudian, di bulan selanjutnya, Anda kembali gunakan kartu kredit sampai batas limit. Padahal, Anda masih memiliki saldo terhutang. Nah, kondisi itu bisa memicu kondisi over limit.

Maka dari itu, Anda harus cerdas dalam menggunakan kartu kredit, agar tak mengalami kondisi over limit. Nah, berikut berbagai tip yang bisa Anda lakukan agar kartu kredit Anda dikategorikan over limit.

Catat semua transaksi

Mencatat semua transaksi adalah hal yang Anda harus lakukan. Pasalnya, catatan tersebut nantinya bisa jadi pengingat sebelum Anda menggunakan kartu kredit.

Tidak hanya itu, dengan adanya catatan, Anda juga dapat menghitung berapa transaksi dan pembayaran kredit yang sudah dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah kartu sudah over limit atau tidak.

Anda bisa mencatat transaksi Anda lewat memo di handphone Anda. Atau, bisa juga Anda mencatat di buku catatan yang berukuran kecil.

(Baca juga: Ini Bukti Investasi Makin Mudah dan Murah, Yuk Cek!)

Usahakan selalu bayar lunas

Jangan lupa untuk membayar cicilan kartu kredit Anda jika telah jatuh tempo. Dan usahakan untuk membayar secara lunas.

Perlu diingat, sebaiknya hindari untuk menyisakan cicilan Anda, karena bisa jadi bumerang bagi Anda di kemudian hari. Pasalnya, jika Anda masih menyisakan cicilan bisa menjadi cikal bakal kartu kredit Anda mengalami over limit.

Menggunakan kartu kredit sesuai kebutuhan

Jangan terlalu ngoyo dalam menggunakan kartu kredit. Anda harus mengatur penggunaan kartu kredit. Anda bisa memilih kebutuhan apa saja yang harus dibayar dengan kartu kredit.

Selain itu, jika Anda berbelanja, carilah barang-barang promo dan diskon. Apalagi, di bulan Ramadan seperti saat ini, banyak promo dan diskon dari kartu kredit.

Sembunyikan kartu kredit yang hampir tempuh batas limit

Langkah selanjutnya, Anda perlu menyembunyikan kartu kredit yang hampir menempuh batas limit atau penggunaan kartu kreditnya telah mencapai 80 persen dari limit.

Tujuannya, agar Anda tidak bisa melihat kartu kredit Anda. Dengan begitu, akan mencegah Anda membayar sesuatu dengan kartu kredit. Karena, jika masih terlihat, maka Anda akan kembali menggunakan kartu kredit tersebut dengan mudah.

Anda bisa menyembunyikan kartu kredit di bagian terdalam dompet Anda, atau bahkan tak perlu membawanya kemana-mana. Atau, bisa juga menyembunyikan di selipan baju terbawah dalam lemari Anda.

Ajukan kartu kredit lain

Jika Anda rasa masih banyak kebutuhan yang belum terpenuhi, tetapi kartu kredit sudah hampir mencapai batas limit, maka Anda tak perlu risau. Karena Anda bisa mengajukan kartu kredit kedua.

(Baca juga: Biaya Nikah Pangeran Harry dan Meghan Markle Tembus Rp600 Miliar, Cek Rinciannya!)

Apalagi, kini Anda bisa mengajukan kartu kredit secara online di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan pilihan kartu kredit dari berbagai bank. Tunggu apalagi, yuk mulai dari sekarang ajukan kartu kredit!

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami