Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kiat Dapatkan Limit Tinggi pada Kartu Kredit

by Tisyrin N. T on 11 Juli, 2018

Berapa limit kartu kredit Anda saat ini? Apakah Anda merasa limitnya terlalu sedikit? Anda berniat menambah limit kartu kredit Anda? Yuk simak kiatnya!

kartu kredit first jobber

Memiliki kartu kredit bisa memudahkan Anda dalam transaksi finansial sehari-hari. Selain sifatnya cashless, kartu kredit juga memberikan fasilitas cicilan yang akan memudahkan Anda sebagai konsumen. Selain itu,  banyak promo menarik yang bisa membantu Anda berhemat.

Bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, kartu kredit jelas sangat membantu karena bisa memudahkan Anda transaksi di berbagai merchant. Apalagi, saat di luar negeri, Anda biasanya memegang mata uang negara yang bersangkutan dalam jumlah terbatas bukan?

Kiat Berhasil Dapat Limit Kartu Kredit Tinggi

Nah, bagi Anda yang ingin menaikkan limit kartu kredit dan mendapatkan limit tinggi, simak kiat berikut ini.

Mengajukan kenaikan limit saat pendapatan meningkat

Saat yang tepat mengajukan kenaikan limit kartu kredit adalah saat pendapatan Anda telah meningkat dibandingkan pendapatan saat awal mengajukan kartu kredit. Dengan meningkatnya pendapatan, secara otomatis maka kemampuan Anda dalam melunasi tagihan juga meningkat.

Bank biasanya memberikan limit kartu kredit sebanyak tiga kali lipat dari pendapatan bulanan seseorang. Jadi, apabila gaji Anda naik, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk mengajukan kenaikan limit kartu kredit.

(Baca juga: Cek 6 Promo Kartu Kredit Paling Hot Juli 2018!)

Selalu membayar tagihan tepat waktu

Apabila Anda selama ini selalu membayar tagihan tepat waktu, maka Anda tak perlu khawatir ketika akan menaikkan limit kartu kredit. Jadi, usahakan untuk selalu membayar tagihan tepat waktu, yaitu sebelum tanggal jatuh tempo.

Mengapa hal tersebut penting? Karena bank akan menilai kedisiplinan Anda melalui kebiasaan Anda dalam membayar tagihan. Apabila Anda selalu terlambat dalam melakukan pembayaran, bank tentu akan ragu untuk memberikan tambahan limit kartu kredit kepada Anda.

Kartu kredit adalah fasilitas kredit yang diberikan bank tanpa menggunakan agunan. Dengan begitu, bank menanggung risiko tinggi jika memberikan kredit kepada seseorang yang kurang disiplin.

Jangan mengajukan kenaikan limit terlalu cepat

Pihak bank akan lebih mudah menganalisis riwayat pemakaian kartu kredit jika Anda sudah menggunakannya setidaknya selama satu tahun. Dengan begitu, pengajuan limit kartu kredit Anda pun akan lebih mudah disetujui apabila Anda melakukannya setelah cukup lama menjadi pengguna.

Jadi, jangan mengajukan kenaikan limit kartu kredit terlalu cepat. Karena jika terlalu cepat, misalnya Anda baru menggunakan kartu kredit selama tiga bulan, maka besar kemungkinan akan mengalami penolakan dari bank.

Hindari membayar tagihan dalam jumlah minimum

Apabila Anda selalu membayar tagihan dalam jumlah yang minimum, maka Anda bisa terhambat ketika ingin menaikkan limit kartu kredit.  Selain itu, jika Anda terus membayar dalam jumlah minimum, tagihan juga terancam membengkak karena adanya bunga.

Jadi, selain selalu membayar tagihan tepat waktu, usahakan untuk melakukan pembayaran lebih besar dari jumlah minimum atau lunasi sesuai jumlah tagihan.

Aktif bertransaksi

Meskipun Anda telah lama menggunakan kartu kredit, tidak menjamin permohonan kenaikan limit kartu kredit Anda akan langsung mendapatkan persetujuan. Anda harus aktif dalam melakukan transaksi.

Semakin aktif Anda dalam bertransaksi, maka semakin besar pula peluang Anda untuk bisa menaikkan limit kartu kredit. Manfaatkan promo dari kartu kredit untuk menambah jumlah transaksi Anda.

Kartu kredit biasanya memberikan promo berupa diskon restoran, hotel, atau berbagai merchant lainnya. Ada pula promo berupa cashback dan cicilan 0 persen. Promo semacam itu tentu akan membantu Anda dalam menghemat.

Tinjau kembali total utang Anda

Selain menanggung utang kartu kredit, apa saja cicilan utang yang harus Anda bayar setiap bulan? Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)?

Nah, bank akan lebih mudah menyetujui permintaan kenaikkan limit kartu kredit jika Anda tidak memiliki beban utang lainnya. Maka, jika Anda sudah terlalu banyak menanggung cicilan utang, ada baiknya berpikir ulang jika akan mengajukan kenaikkan limit kartu kredit.

Langkah Menaikkan Limit Kartu Kredit

Setelah Anda merasa yakin bahwa Anda memenuhi kriteria untuk menaikkan limit kartu kredit, yuk simak caranya sebagai berikut.

  • Hubungi call center bank, nantinya pihak bank akan memberikan nomor laporan
  • Buat surat permohonan kenaikan limit, cantumkan nomor laporan
  • Scan dokumen yang diperlukan yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kartu kredit, dan slip gaji
  • Kirim surat dan dokumen ke email pihak bank

(Baca juga: 6 Orang Indonesia Ini Masuk Daftar Manusia Terkaya Versi Bloomberg)

Nah, itulah kiat dan langkah menaikkan limit kartu kredit. Jika Anda belum memiliki kartu kredit, Anda bisa mengajukan secara online di CekAja.com. Yuk cek!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.