Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

3 Cara Mencegah Kartu Kredit BCA Dipakai Orang Lain Tanpa Izin

by Gentur Putro Jati on 3 Oktober, 2019

Bagi sebagian orang, kartu kredit tak ubahnya seperti kartu sakti karena memungkinkan kamu berbelanja atau melakukan pembayaran tanpa harus repot mengeluarkan uang tunai.

kartu kredit - CekAja.com

Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkannya, pemakaian kartu kredit yang tidak bijak justru bisa membuat kamu tercekik bunga apabila lalai membayarnya. Belum lagi risiko data kartu kredit diretas orang lain sehingga bisa digunakan tanpa sepengetahuan kamu.

Agar kamu dapat mengontrol pemakaian kartu kredit dan mencegah peretasan, ayo simak tiga tips kontrol keamanan kartu kredit yang dibagikan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) di laman resminya.

1. Aktifkan PIN dan ubah berkala

Agar pemakaian kartu kreditmu terkontrol, segera ganti otorisasi transaksi kartu kredit dari tanda tangan menjadi kode PIN.

Penggunaan PIN juga dipastikan lebih aman, karena tanda tangan relatif lebih mudah dipalsukan. Dengan catatan, kamu tidak membagikan PIN kartu kredit kamu ke orang lain. Selain itu, untuk menjaga kerahasiaan PIN, lakukan penggantian kode PIN kamu secara berkala.

2. Perhatikan notifikasi transaksi

BCA menyediakan fasilitas email dan SMS gratis bagi para pemegang kartu kreditnya berisi notifikasi transaksi terakhir yang dilakukan dengan kartu tersebut. Pemegang kartu kredit BCA akan mendapatkan SMS dan email notifikasi jika terjadi transaksi sesuai dengan parameter yang ditetapkan.

(Baca juga: Mengintip Sederet Keuntungan Memiliki Kartu Kredit BCA)

SMS notifikasi dilayangkan bersamaan dengan email notifikasi. Email notifikasi dapat menjadi solusi ketika SMS notifikasi tidak muncul dikarenakan masalah kualitas jaringan, dan sebagainya.

Perhatikan setiap muncul SMS dan email notifikasi yang masuk. Dengan begitu, jika ada notifikasi transaksi yang mencurigakan, kamu dapat segera memblokir kartu kreditmu dan melaporkan ke Halo BCA di 1500888.

3. Pakai fitur kontrol kartu kredit di BCA Mobile

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan transaksi domestik atau transaksi internasional untuk masing-masing kartu. Contoh, jika kamu menonaktifkan transaksi internasional pada salah satu kartu kredit, maka kartu tersebut tidak dapat digunakan untuk bertransaksi di luar negeri, begitu pula sebaliknya.

(Baca juga: Butuh Modal Usaha Tapi Gak Ada Agunan Buat Jaminan? BCA Punya Solusinya)

Aksi terhadap salah satu kartu ini tidak akan berpengaruh terhadap kartu kredit lainnya. Fitur ini akan efektif saat itu juga dan dapat diubah setiap saat melalui BCA mobile. Begini caranya:

  • Klik Fitur m-Admin di aplikasi BCA mobile.
  • Pilih fitur Kontrol Kartu Kredit.
  • Pilih kartu kredit yang diinginkan dengan menggeser kartu ke kiri atau ke kanan.
  • Silakan aktifkan / non-aktifkan transaksi domestik dan / atau transaksi internasional.
  • Klik OK pada syarat dan ketentuan.
  • Kontrol kartu kreditmu berhasil!

Manajemen BCA mengklaim, fitur ini dapat mencegah transaksi yang dilakukan oleh pihak lain baik transaksi domestik atau transaksi di luar negeri.

Nah, gampang kan? Yuk jalankan 3 tips ini untuk mengontrol keamanan kartu kreditmu. Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum