Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kartu Kredit Visa atau MasterCard, Mana yang Lebih Menguntungkan?

by Sindhi Aderianti on 18 Oktober, 2019

Visa dan Mastercard selama ini mungkin kita hanya bisa melihat perbedaannya berdasarkan logo masing-masing perusahaan di sudut kartu kredit. Akan tetapi secara manfaat, banyak juga yang sering tak menyadari perbedaannya.

Baik Visa ataupun MasterCard, keduanya sama-sama memberi fasilitas yang dapat digunakan di mana saja. Ini karena mereka bekerja sama dengan ribuan merchant di seluruh dunia, demi memudahkan nasabah bertransaksi non-tunai.

Walau fasilitas yang diberikan serupa, provider kartu kredit Visa dan MasterCard tentu bersaing memberikan penawaran dan fitur terbaik bagi penggunanya. Fakta membuktikan, Visa mendominasi pasar dengan banyaknya transaksi dalam setahun. Tetapi MasterCard pun juga unggul dari segi pemasaran transaksi kartu kredit.

(Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Tetap Perlu Kartu Kredit Meski Ada E-Wallet)

Jadi, tidak menutup kemungkinan bahwa keduanya mempunyai popularitas yang hampir sebanding.

Berencana apply kartu kredit? Agar kamu bisa memanfaatkan fitur-nya dengan maksimal, ketahui beberapa perbedaan Visa dan MasterCard berikut ini:

1. Beda perusahaan

Visa terlahir dari perusahaan teknologi global Visa International Service Association (VISA.INC) yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Visa diciptakan untuk meningkatkan kehidupan dan perekonomian di seluruh dunia.

Sementara, MasterCard adalah milik MasterCard Incorporated, perusahaan yang bermarkas di New York, Amerika Serikat. Dengan produk-produk inovatifnya, MasterCard Worldwide bertujuan guna mengubah cara hidup masyarakat dengan transaksi elektronik dengan teknologi yang canggih.

2. Sistem keamanan

Perbedaan selanjutya terletak pada sistem keamanan. Visa menawarkan sistem keamanan berupa One Time Password (OTP), di mana pin akan dikirim ke nomor ponsel, lalu pengguna tinggal memasukkannya ke dalam jendela verified Visa.

Sedangkan MasterCard memberi proteksi dalam bentuk Secure Code, yaitu pin tambahan yang harus dimasukkan ketika bertransaksi online. Ketika membeli barang online, sebelum transaki diproses umumnya pelanggan juga akan diminta memasukkan kode CCV dan tanggal berlaku kartu kredit.

Jadi secara umum, cara kerja keduanya sama. Namun tergantung pada situsnya juga, apakah menyediakan fitur keamanan itu atau tidak.

3. Biaya transaksi

Punya hobi traveling ke luar negeri? Kartu kredit dengan provider Visa ataupun MasterCards bisa memfasilitasinya. Namun saat digunakan untuk transaksi di negara tujuan, kedua provider kartu ini mengenakan biaya transaksi. Hal yang sama pun berlaku jika kamu berbelanja online di situs luar negeri.

Kebetulan, jumlah biaya transaksi yang dikenakan berbeda. Visa mengenakan charge sebesar 1 persen, sedangkan MasterCard berkisar antara 0,2-1 persen. Nominal tersebut berguna sebagai biaya konversi dari mata uang asing ke rupiah.

4. Jenis kartu dan manfaat

Sebagai kartu kredit, kedua provider kartu tersebut punya manfaat serupa yakni mempermudah transaksi dan membantu pengaturan keuangan. Tapi ada manfaat lain yang berbeda, bergantung pada jenis kartunya.

Ya, MasterCard dan Visa mengeluarkan beberapa pilihan kartu. Perbedaan  ini tentu akan berdampak pada keuntungan yang diberikan.

(Baca juga: Lima Bisnis Menguntungkan Bermodal Kartu Kredit)

Visa punya empat pilihan kartu, yakni Classic, Gold, Platinum, dan Signature. Fasilitas paling terbatas ada di Classic, sedangkan paling banyak adalah Signature.

Sementara pilihan kartu MasterCard adalah Standard, Gold, Platinum, dan World Elite. Fasilitas terbanyak ada di World Elite, terutama buat kamu yang hobi traveling.

5. Promo

Fungsi kartu kredit yang paling digemari kebanyakan pengguna, tak lain adalah promo dan diskon. Meski sama-sama memberi keuntungan tersebut, baik Visa ataupun MasterCard memiliki penawaran berbeda.

Merchant yang bekerjasama pun tidak ada yang sama. Biasanya jika merchant memberikan promo atau diskon dengan kartu berlogo Visa, tidak akan ada program serupa untuk kartu kredit MasterCard. Penawaran diskon atau promo ini bisa dilihat di situs masing-masing, juga di bank yang bekerja sama menerbitkan kartu mereka.

Jika ditanya, lebih bagus mana Visa atau MasterCard? Keduanya direkomendasikan, namun pilihan tetap ada di kebutuhan masing-masing pengguna.

Yuk, intip apa saja benefit yang diberikan kartu kredit dari tiap bank, melalui CekAja.com. Bisa langsung apply secara online juga di website-nya, lho!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami