Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tertarik Kartu Kredit Cicilan Nol Persen? Intip Dulu Aturan Mainnya

by Estrin Vanadianti Lestari on 21 November, 2019

Pernah ditawarkan produk kartu kredit cicilan nol persen? Produk tersebut memang seringkali membuat siapa pun tertarik dan tergiur akan promosi yang ditawarkan, karena kata-kata “cicilan nol persen” nya. Namun, sebelum kamu tergiur akan penawaran tersebut, disarankan untuk memastikan terkait informasi produk kartu kredit dengan cicilan nol persen tersebut lebih dalam lagi dan memahaminya sebelum mengajukan.

Pengertian Fasilitas Cicilan Nol Persen dari Kartu Kredit?

Pengertian dari produk kartu kredit cicilan nol persen sendiri merupakan sebuah sistem angsuran atau cicilan yang memperbolehkan kamu memakai kartu kredit untuk membeli sebuah barang, dengan cara kredit yang dihitung perbulan atau bahkan bisa juga pertahun, demi bisa melunasi barang yang kamu beli, tanpa adanya bunga.

Sehingga, setiap cicilan perbulannya, kamu tidak akan ditagih bunga sama sekali sampai cicilanmu selesai, atas pembelian barang yang kamu beli sebelumnya, yang menggunakan program tersebut.

Penawaran cicilan nol persen, terkadang membuat tidak sedikit pengguna menyesal, karena masih banyak orang yang belum memahami dari kata cicilan nol persen tersebut. Pasalnya, banyak pengguna mengira bahwa layanan tersebut, akan membuat nasabah memiliki keuntungan yang besar dan terbebas dari biaya apapun, termasuk biaya bunga.

Namun, kamu juga harus memahami beberapa hal atau aturan main yang mungkin belum kamu tahu. Karena, memang tidak semua aturan akan dijelaskan oleh pihak bank, yang mengakibatkan pengguna jadi salah sangka. Padahal, beberapa hal yang mungkin tidak sampaikan dari pihak bank ini, merupakan hal yang pengguna wajib dan berhak untuk mengetahuinya.

3 Hal yang Harus Dipahami dari Produk Kartu Kredit Cicilan Nol Persen

Perusahaan perbankan sendiri juga tidak berani untuk memberikan pelayanan jebakan, yang membuat nasabahnya merugi. Terlebih, kini semua semua penyedia jasa keuangan termasuk bank, telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, para nasabah bisa mengadu ke OJK, jika merasa bank melakukan pelanggaran.

Nah, sebelum mantap untuk mengajukan berbagai produk kartu kredit ini dari berbagai bank, simak dulu nih beberapa hal di balik kata cicilan nol persen dalam kartu kredit:

1. Limit Akan Berkurang Sebesar Dana yang Dikeluarkan

Meski layanan kartu kredit dengan cicilan nol persen akan membuat kamu lebih untung, karena tidak dikenakan bunga, namun ada aturan yang memang harus di penuhi lho, yakni terkait limit kamu. Jika, kamu mau membeli barang dengan harga di atas limit kamu, hal itu jelas tidak bisa dilakukan. Misalnya, limit kartu kreditmu adalah Rp 10 juta, lalu ingin membeli handphone seharga Rp 12 juta, hal tersebut tentu saja tidak bisa.

Karena, aturan dari fasilitas cicilan nol persen soal limit, rinciannya adalah seperti ini:

  • Limit Rp 10 juta
  • Beli handphone seharga Rp 8 juta
  • Limit menjadi Rp 2 juta (Rp 10 juta- Rp 8 juta = Rp 2 juta)
  • Bayar cicilan pertama = Rp 1 juta
  • Limit kartu kredit bertambah menjadi Rp 3 juta
  • Bayar cicilan kedua = Rp 1 juta
  • Limit kartu kredit bertambah menjadi Rp 4 juta.
  • Hingga seterusnya, sampai limit kembali seperti semula, yakni Rp 10 juta.
2. Beberapa kartu kredit dengan cicilan nol persen tidak ada cashback/point reward

Beberapa aturan dari produk kartu kredit dengan cicilan nol persen juga tidak memberikan bonus atau layanan berupa cashback atau point rewards, dalam transaksi. Pasalnya, beberapa bank tidak menerapkan layanan tersebut pada produk cicilan nol persen, karena menganggap fasilitas tersebut, sebagai “bonus” atau kelebihannya.

(Baca Juga: Kartu Kredit Visa atau MasterCard, Mana yang Lebih Menguntungkan?)
3. Ada biaya administrasi

Meski kartu kredit ini memiliki fasilitas layanan cicilan nol persen, namun tidak selamanya kamu bebas dari berbagai macam biaya lho. Pasalnya, dalam layanan cicilan nol persen, kamu juga akan dikenakan biaya administrasi.

Biasanya, biasa administrasi akan dikenakan sekitar 3 persen dari total pembelian barang. Namun, bisa saja berbeda tergantung dari bank penerbit kartu kredit dan jenis kartunya.

Efek Samping dari Cicilan Nol Persen

Meski secara keseluruhan, kartu kredit cicilan nol persen memiliki keuntungan tersendiri, namun kamu juga harus mengetahui efek samping dari adanya fasilitas tersebut dalam kartu kredit. Berikut beberapa hal yang mungkin akan kamu rasakan sebagai efek samping, dari fasilitas kartu kredit nol persen:

  • Akan ada bunga ketika telat bayar tagihan cicilan. Sehingga, fasilitas cicilan nol persen hanya berlaku jika kamu menjadi nasabah yang disiplin bayar tagihan per bulannya dan tidak pernah telat.
  • Akan ada biaya administrasi. Meski nama fasilitasnya cicilan nol persen, namun tetap saja ada biaya administrasi yang harus dibayar, tergantung dari masing-masing bank penerbit kartu kredit.
  • Ada biaya overlimit juga akan dikenakan ke kamu, ketika kamu mengambil cicilan nol persen mendekati limit.
  • Kamu mungkin akan mendapatkan jebakan mark up harga, dimana merchant akan menaikan harga barang yang ditawarkan lewat cicilan nol persen, agar mendapatkan untung yang besar. Kamu juga bisa melakukan survei perbandingan harga untuk meminimalisir mark up.

Namun, tidak semua kartu kredit dengan cicilan nol persen bisa membuat kamu merugi lho. Karena pada akhirnya, jika kamu memahami sistem kartu kredit nol persen, pasti akan sangat berguna. Tidak hanya itu, dalam menggunakan kartu kredit setidaknya kamu juga harus bisa membedakan antara hal yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Sehingga, kartu kredit bisa digunakan sebagai alat yang bisa membantumu disaat kamu membutuhkannya.

Nah, untuk soal perbandingan terkait produk kartu kredit ter-update, kini kamu bisa melihat informasi detail dan lengkapnya di situs Cekaja.com. Apalagi produk kartu kredit dari BRI yakni BRI JCB Platinum, yang bisa memberikanmu banyak keuntungan.

Selain bisa melihat segala informasi terkait produk kartu kredit terbaru, kamu juga bisa sekaligus mengajukannya secara online lho. Yuk ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk