Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Meminta Kenaikan Limit Kartu Kredit dengan Mudah

by Kyla Damasha on 15 Januari, 2020

Bagi kamu yang notabene sebagai pengguna setia kartu kredit, pastinya pernah dong mencari tahu tentang cara meminta kenaikan limit kartu kredit, baik itu dengan bertanya kepada pihak bank maupun mencari informasi sendiri di internet.

cara meminta kenaikan limit kartu kredit

Nah, biasanya limit kartu kredit yang kamu miliki disesuaikan oleh pihak bank dengan penghasilan per bulan, agar kedepannya kamu tidak akan kesulitan dalam membayar tagihan. Namun meski begitu, bukannya tidak mungkin limit kartu kredit tersebut dapat dinaikan.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya kartu kredit memberikan begitu banyak kemudahan, terutama perihal bertransaksi untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Hanya saja, terdapatnya limit kartu kredit terkadang membuat transaksi kartu kredit menjadi sedikit terkendala.

Maka dari itu agar penggunaan kartu kredit menjadi lebih nyaman, cobalah untuk mencari tahu tentang cara meminta kenaikan limit kartu kredit dengan mudah, seperti yang akan kita bahas di dalam kesempatan kali ini.

Ingin tahu bagaimana cara meminta kenaikan limit kartu kredit dengan mudah dan cepat? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Cara Meminta Kenaikan Limit Kartu Kredit
1. Ajukan Kenaikan Kartu Kredit Ketika Penghasilan Naik

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, penghasilan yang kamu dapatkan per bulan sangat berhubungan erat dengan limit kartu kredit yang dimiliki. Maka dari itu, apabila penghasilan per bulan mu meningkat, maka kamu bisa segera meminta kenaikan limit kartu kredit ke bank.

Tanpa memerlukan prosedur yang panjang, kenaikan penghasilan merupakan salah satu cara meminta kenaikan limit kartu kredit paling jitu dan ampuh.

2. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Cara meminta kenaikan limit kartu kredit selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu dengan membayar tagihan tepat waktu. Dengan membayar tagihan tepat waktu, secara tidak langsung kamu telah memberikan citra baik dihadapan pihak bank bahwa kamu merupakan nasabah yang terpercaya.

Pastinya kamu sudah tahu dong bahwa penggunaan kartu kredit dapat diartikan sebagai berhutang. Jika kamu melunasi hutang tersebut tepat waktu, pastinya pihak yang memberikan hutang akan tumbuh rasa percaya.

(Baca Juga: Promo Kartu Kredit Digibank Travel Platinum Yang Tak Boleh Dilewatkan)
3. Hindari Membayar Tagihan dengan Jumlah Minimum

Jika kamu ingin menaikan limit kartu kredit, maka sebisa mungkin untuk tidak membayar tagihan dalam jumlah minimum. Selain akan membuat pelunasan hutang semakin lama, hal satu ini juga akan membuat tagihan semakin membengkak.

Maka dari itu, usahakanlah untuk membayar tagihan lebih besar dibandingkan jumlah minimum atau segera lunasi sesuai dengan jumlah tagihan.

4. Aktif Bertransaksi

Cara meminta kenaikan limit kartu kredit selanjutnya yaitu dengan selalu aktif bertransaksi. Meskipun kamu sudah memiliki kartu kredit dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut tidak bisa menjamin permintaan kenaikan limit kartu kredit bisa langsung disetujui apabila kamu juga jarang menggunakannya.

Semakin kamu aktif bertransaksi, maka akan semakin besar pula peluang untuk bisa mengajukan kenaikan kartu kredit. Manfaatkanlah promo dan aneka diskon lainnya untuk tetap menjaga keaktifan dari kartu kredit yang kamu miliki.

Kartu kredit biasanya memberikan promo berupa potongan harga di restoran, hotel, ataupun berbagai merchant lainnya yang bisa membuatmu menjadi lebih hemat dalam menggunakan kartu kredit.

5. Menggunakan Kartu Kredit Lebih dari 1 Tahun

Menggunakan kartu kredit lebih dari 1 tahun bisa dijadikan sebagai cara meminta kenaikan limit kartu kredit yang cukup ampuh. Biasanya, pihak bank akan lebih mudah menyetujui kenaikan limit kartu kredit untuk pengguna lebih dari 1 tahun karena telah dianggap sebagai pengguna aktif.

Tetapi, tentu saja hal tersebut juga harus didukung dengan sejarah transaksi yang juga aktif ya. Pihak bank memiliki data penggunaan kartu kredit setiap nasabah sehingga mereka juga bisa melihat ketepatan membayar tagihan, keaktifan penggunaan, serta limit kartu kredit yang kamu miliki.

Ketika kamu mengajukan kenaikan kartu kredit kepada pihak bank, biasanya mereka akan memberikanmu beberapa pertanyaan. Nah, usahakanlah untuk menjawab seluruh pertanyaan dengan jujur dan sebenar-benarnya.

Persyaratan Agar Kenaikan Limit Kartu Kredit segera Disetujui

Perlu diketahui bahwa cara meminta kartu kredit nyatanya tidak hanya melalui kelima cara yang baru saja kita sebutkan lho. Pasalnya, mengajukan kenaikan kartu kredit juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, agar pengajuanmu lebih cepat disetujui.

·     Pendapatan

Yang pertama kali dilihat ketika kamu mengajukan kenaikan limit kartu kredit adalah jumlah pendapatan per bulan. Biasanya, bank akan memberikan limit kartu kredit tiga kali dari jumlah pendapatan bulanan.

·     Domisili

Meskipun banyak yang menganggap sepele, nyatanya domisili memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap pengajuan kenaikan limit kartu kredit. Mengapa demikian? Karena biasanya bank tidak mau mengambil resiko kebingungan dalam mencari apabila ada nasabah yang masih memiliki tunggakan.

Maka dari itu, nasabah yang memiliki tempat tinggal yang berbeda-beda akan cenderung sulit untuk meminta kenaikan kartu kredit.

·     Jumlah Kredit yang Dimohon Nasabah

Untuk menaikan limit kartu kredit, biasanya bank akan turut menilai berapa jumlah nominal yang diminta oleh nasabah di dalam limit kartu kreditnya. Nah, pada umumnya bank akan mengukur apakah jumlah nominal yang diminta oleh nasabah akan membebani atau sesuai dengan pendapatan atau tidak.

Maka dari itu, usahakan untuk tidak meminta kenaikan limit kartu kredit dengan jumlah nominal yang terlalu besar dari jumlah pendapatan. Setidaknya masih dalam batas wajar dan tentunya tidak akan memberikanmu beban dalam melunasi.

·     Total Hutang

Cara menaikan limit kartu kredit tidak hanya dilihat dari jumlah pendapatan saja lho, tetapi pihak bank juga akan melihat jumlah total dari hutangmu. Jika kamu tidak memiliki hutang yang menunggak, maka tidak menutup kemungkinan limit kartu kredit yang diberikan akan besar pula.

(Baca Juga: Tips Memilih Manfaat Kartu Kredit Berdasarkan Kegunaannya)
·     Jumlah Pengajuan Pembuatan Kartu Kredit

Perlu diketahui bahwa jumlah pengajuan pembuatan kartu kredit ternyata juga bisa mempengaruhi besaran limit kartu kredit yang kamu minta. Dalam arti, semakin banyak kamu mengajukan permohonan kartu kredit ke berbagai bank, maka akan semakin kecil pula limit kartu kredit yang diberikan.

Akan tetapi, saat ini BI sudah membatasi kepemilikan kartu kredit berdasarkan pendapatannya. Mereka yang memiliki pendapatan antara Rp. 3 juta – Rp. 10 juta maksimum hanya bisa memiliki dua kartu kredit saja.

·     Status Kepemilikan Rumah

Biasanya ketika mengisi form pengajuan kartu kredit, kamu akan berhadapan dengan pertanyaan ‘status kepemilikan rumah saat ini’. Nah, nyatanya status kepemilikan rumah penting banget bagi pihak bank. Tentunya, bank akan memprioritaskan nasabah yang memiliki rumah dibandingkan yang masih ngontrak ataupun nge kos.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda