Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Yuk, Cek Daftar Kartu Kredit Bebas Biaya Admin

by Teti Purwanti on 17 Januari, 2020

Meski sudah banyak pinjaman online yang dirasa sangat mudah dan kerap tanpa syarat yang tidak ribet, popularitas kartu kredit belum tergantikan. Apalagi promo kartu kredit juga kerap kali lebih menggiurkan. Bila dibandingkan dengan pinjaman online atau juga dompet digital yang tengah menanjak.

Ayo, Cek Daftar Kartu Kredit Bebas Biaya Admin

Sayangnya, banyak kartu kredit yang masih mencantumkan biaya admin yang cukup membebani bagi beberapa orang. Meski begitu jangan khawatir berikut masih ada beberapa kartu kredit bebas biaya admin.

Maybank Visa Platinum

Kartu kredit Maybank Visa Platinum bukan hanya bebas biaya tahunan selama-lamanya. Namun juga punya berbagai penawaran menarik lainnya, seperti penawaran khusus di beberapa restoran dan juga butik. Tentu saja yang menguntungkan dengan penggunaaan kartu kredit adalah memungkinannya cicilan dengan suku bunga yang rendah.

Suka membeli tiket pesawat dengan kartu kredit? Maybank Visa Platinum juga bisa memberikan asuransi hingga Rp500 juta. Saat kamu membeli tiket dengan kartu ini. Ditambah lagi, Maybank Visa Platinum juga bisa memberikan manfaat seperti asuransi perjalanan dengan memberikan perlindungan secara gratis. Untuk ketidaknyamanan perjalanan karena keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi. Rp2,5 juta untuk Pemegang Kartu dan Rp5 juta untuk keluarga.

Sayangnya, kartu ini tidak mudah didapatkan. Untuk memilikinya, penghasilan minimum tahunan minimal Rp15 juta. Adapun dokumen yang dibutuhkan adalah formulir aplikasi asli, KTP, NPWP, dan slip gaji. Meski bebas biaya tahun kamu masih harus membayar beberapa biaya, namun dalam nominal yang cukup murah.

Selain Maybank Visa Platinum, beberapa kartu kredit dari Maybank seperti, Maybank JCB Platinum, dan Maybank Gold Card juga bebas biaya tahunan.

Kartu Kredit BRI

Bank plat merah juga tidak mau kalau dalam memberikan promo menarik bagi pemegang kartu kredit yang diterbitkan bank ini. Untuk tahun 2020, misalnya pemegang kartu kredit BRI jenis apa saja bisa bebas biaya administrasi untuk minimal transaksi Rp3 juta. Bebas biaya admin ini juga berlaku untuk cicilan dengan jangka waktu 3,6, dan 12 bulan. Promo ini juga bisa digunakan di seluruh Indonesia.

Karena bank ini merupakan bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kamu juga bisa mendapat beragam kemudahan, termasuk memungkinkannya membuat kartu kredit hingga di pelosok negeri. Caranya juga relatif mudah, karena formulir aplikasi bisa diunduh dan dicetak sendiri. Adapun dokumen yang harus dilengkapi termasuk fotokopi identitas diri (KTP / Paspor) dan Bukti Keterangan Penghasilan (slip gaji, mutasi rekening 3 bulan terakhir).

Kartu Kredit Mandiri

Tidak mau kalah dari BRI, Bank Mandiri yang juga plat merah terus menggenjot penggunanya dengan beragam promo termasuk berbagai penghapusan iuran dan biaya-biaya. Mandiri Visa Silver, Mandiri Visa Gold, Mandiri Visa Hypermart Classic, Mandiri Visa Hypermart Gold, dan masih banyak lagi yang memberikan gratis biaya iuran selama tiga tahun. Ditambah lagi, Kartu Kredit Mandiri juga memiliki banyak merchant kerja sama dari berbagai bidang, dari kuliner hingga pakaian.

Sayangnya bunga bulanan kartu kredit Mandiri sebesar 2,25%. Ditambah syarat pengajuan dengan slip gaji yang sangat beragam disesuaikan dengan calon pemegang kartu. Slip gaji merupakan salah satu kesulitan yang akan membuat orang memilih pinjaman online yang tidak memerlukan slip gaji.

Kartu Kredit BCA

Salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. BCA, juga memiliki banyak jenis kartu kredit, jumlahnya bahkan bisa lebih dari 10 jenis. Salah satu kelebihan kartu kredit BCA adalah bebas iuran tahunan seumur hidup. Belum lagi pengguna kartu kredit akan di cover dengan pelayanan Asuransi dari BCA credit Life. Selain itu, nikmati juga kelebihan kartu kredit BCA dengan suku bunga yang kompetitif serta jaringan layanan terluas. Tambahan lagi, kartu kredit BCA memiliki banyak promo-promo yang akan membuat penggunanya semakin tertarik untuk memilikinya.

BCA juga merupakan salah satu bank yang menyediakan berbagai kartu kredit yang berusaha disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, dari anak muda, eksekutif muda, hingga ibu rumah tangga dengan kebutuhan reward atau diskon di supermarket.

Untuk kebutuhan transaksi sehari-hari, Bank BCA menyediakan kartu kredit BCA Everyday, Kartu kredit BCA Mastercard Silver, BCA Visa Silver, atau BCA Visa Gold, BCA Mastercard Gold. Anda yang mencari kartu kredit BCA untuk Travel, bisa menemukan kartu kredit BCA Singapore Airlines PPS CLub Visa BCA Card Platinum Batik atau BCA Krisflyer Visa Signature dimana ketiganya dilengkapi dengan fitur-fitur khusus travelling, berupa pengumpulan flyer lebih cepat dan berbagai privilege untuk travelling lainnya.

Gaya hidup muda yang dinamis akan lebih lengkap dengan kartu kredit BCA Lifestyle Visa Batman yang merupakan kartu kredit terpopuler BCA dan banyak digemari kaum muda. Pebisnis dan usahawan akan semakin terbantu dengan kartu kredit BCA Black MasterCard, BCA Visa Platinum, BCA Black Visa atau BCA Mastercard Platinum.

(Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Terbaik Untuk Milenial)

Suka berbelanja ke merchant favorit seperti Indomaret dan Matahari Mall? Bank BCA menyediakan kartu kredit BCA Indomaret dan BCA Matahari dengan keuntungan berupa diskon khusus dan promo-promo menarik tiap bulan dari merchant. Manfaatkan juga kartu kredit BCA Smartcash dan BCA Visa Corporate untuk kebutuhan transaksi perusahaan.

Soal bunga, BCA juga bisa dibilang selalu memberikan bunga yang kompetitif dan dengan biaya yang akan disesuaikan pula dengan penggunaan oleh nasabah. Adapun bunga kartu-kartu kredit BCA berkisar antara 2,25% hingga 2,9%.

Meski begitu, sudah jadi rahasia umum pula. Bank ini menjadi salah satu bank yang paling sulit untuk ditembus. Apalagi bagi pemula yang ingin memiliki kartu kredit. Padahal syarat pengajuan aplikasi untuk memiliki kartu kredit BCA relatif sama dengan bank-bank baik BUMN maupun Swasta.

Pendapatan minimum bagi kamu yang ingin memiliki kartu kredit BCA sebesar Rp3 juta setiap bulan dengan usia antara 21 tahun hingga 65 tahun. Selain itu melaporkan beberapa dokumen seperti KTP/Paspor, KITAS bagi pengusaha, slip gaji, fotokopi rekening koran tiga bulan terakhir, dan juga NPWP.

Adapun soal denda dan biaya, ada beberapa hal yang tentu saja jadi catatan yang harus diketahui oleh pemilik kartu. BCA juga memberikan denda keterlambatan 3% atau maksimal Rp150 ribu, biaya ganti kartu hilang/rusak Rp50 ribu, biaya overlimit Rp40 ribu, biaya administrasi penarikan tunai 4% atau minimal Rp40 ribu, dan biaya permintaan kopi faktur Rp30 ribu. Biaya-biaya ini juga masih sangat terjangkau, tidak beda jauh dari biaya dan denda yang dikenakan oleh bank lain.

Kartu Kredit CIMB Niaga

Kartu Kredit CIMB Niaga apalagi untuk kartu kredit MasterCard Platinum, Gold dan Classic bebas biaya iuran tahunan. Sementara untuk kartu kredit Visa Gold dan Classic hanya bebas biaya iuran tahunan dua tahun pertama. Namun, beberapa jenis kartu lain yang dikeluarkan oleh CIMB Niaga sangat mungkin bebas biaya tahunan dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Meski tidak sebanyak BCA, CIMB Niaga juga punya beragam jenis kartu kredit yang disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya dengan bunga bersaing dan tentu saja merchant tertentu yang membuat belanja terasa lebih mudah dan murah. Pemilik Kartu Kredit CIMB Niaga juga mendapatkan perlindungan asuransi berupa Purchase Protection dan Travel Insurance (travel accident insurance dan travel inconvenience insurance).

Iuran tahunan dan juga biaya-biaya lain memang kerap menjadi masalah, apalagi kalau kamu belum sadar kalau besaran iuran tidak kamu baca dengan baik saat pertama kali memiliki kartu kredit. Oleh karena itu, pastikan kamu membaca dengan baik segala biaya dan iuran yang tentu wajib dibayarkan secara berkala selama kartu kredit tersebut masih kamu miliki. Jangan segan untuk mencari tahu dan bertanya pada pihak terkait kalau tiba-tiba tagihan kartu kredit bertambah secara signifikan karena biaya yang tidak diketahui.

Punya kartu kredit memang menyenangkan dan bisa dijadikan dana cadangan, meski begitu jangan lupa risikonya, pastikan kamu membayar secara rutin dan tidak terlilit utang kartu kredit yang akan merusak kemampuan finansial kamu.

Kalau kamu baru mau mencoba punya kartu kredit tahun ini, coba cari tahu dan pastikan kartu yang kamu miliki memang yang kamu butuhkan. 

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.