Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Review Kartu Kredit Bank Mayapada Gold

by Gesti Weningtyas on 23 Januari, 2020

Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan kartu kredit bukan hanya fitur pinjamannya yang mudah, melainkan diskon yang ditawarkan pun sangat melimpah. Hal inilah yang membuat banyaknya nasabah tertarik menggunakan kartu kredit, satu diantaranya yakni Kartu Kredit Bank Mayapada Gold.

Review Kartu Kredit Bank Mayapada Gold

Kartu Kredit Mayapada My Gold Card ini memiliki sejumlah keunggulan yang perlu kamu ketahui.   Beberapa diantaranya adalah:

  1. Bebas biaya tarik tunai di seluruh ATM sampai dengan 20 transaksi/bulan*
  2. Transfer ke bank manapun
  3. Akses tanpa batas melalui jaringan ATM Mayapada, ATM bersama and ATM/EDC Prima
  4. Berbelanja di jaringan merchant Prima dan Bersama Debit

Selain itu, kartu kredit jenis Gold dari Bank Mayapada ini juga memiliki fitur unggulan lainnya yang tak kalah menarik. 

Fitur Kartu Kredit Bank Mayapada
my Point:

Dapatkan 1 point untuk setiap transaksi minimum Rp 10.000. Poin ini bisa kamu tukarkan dengan barang-barang merchandise Bank Mayapada dan hadiah menarik lainnya yang dapat kamu tukar.

my Cashback:

Kamu bisa menikmati cashback 5 persen sepanjang tahun untuk transaksi di restaurant, supermarket atau hypermarket khusus bagi pemegang kartu kredit gold Bank Mayapada.

Selain fitur unggulan yang menarik, Bank Mayapada juga memberikan fasilitas yang memanjakan nasabahnya. Beberapa diantaranya, fasilitas ini memberikan cicilan ringan hingga tagihan yang dapat dikirim melalui surel alias e-mail. Fasilitas ini diantaranya:

my Installment:

Kamu bisa menikmati fasilitas cicilan tetap dengan bunga 0% atau bunga ringan di semua merchant yang bekerjasama dengan Mayapada Credit Card. Contohnya, hanya dengan bertransaksi minimal Rp500.000, pemegang Mayapada Credit Card dapat mengubah transaksi menjadi cicilan dengan bunga 0% untuk masa angsuran tiga bulan. Paket program bunga ringan pun disediakan dengan nilai 0.65% untuk enam bulan, 0.75% untuk 12 bulan, dan 1.25% untuk 24 bulan.

(Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit untuk Freelancer Berpenghasilan Tak Tetap)

Kabar gembiranya, kamu  juga dapat merubah transaksi retail menjadi cicilan tetap dengan jangka waktu yang dapat Kamu pilih, cukup hubungi myCall 1-5000-29 (24 jam)

my e-Statement:

Tagihan melalui e-mail bakal memudahkan kamu dengan fasilitas ini. Segera daftarkan my e-Statement kamu melalui myCall 1-5000-29 (24 jam).

my Payment Channel:

Pembayaran tagihan Mayapada Credit Card dapat dilakukan melalui ATM  Bank Mayapada (melalui menu pembayaran kartu, internet banking Bank Mayapada, dan seluruh ATM Bank yang tergabung dalam jaringan ATM  Bersama atau Prima melalui menu Fund Transfer.

my Bills Payment:

Jika kamu memiliki tagihan rutin bulanan Indosat, daftarkan tagihan kamu dibantu bayarkan secara otomatis melalui Mayapada Credit Card. Untuk tagihan lainnya seperti Telkom PSTN, Telkomsel Postpaid, XL  Postpaid, Speedy Internet & TV berbayar ( Transvision, Indovision, Okevision & TOP   TV) dapat kamu nikmati setelah diinformasikan lebih lanjut.

my Acceptance:

Mayapada Credit Card dapat kamu gunakan di seluruh belahan dunia tanpa terbatas waktu. Dimanapun dan kapanpun Kamu bertransaksi, pastikan kamu bertransaksi di merchant (toko) yang berlogo VISA.

my Call:

Kenyamanan Kamu memiliki Mayapada Credit Card dapat terwujud dengan pelayanan 24 jam my Call 1-5000-29, dimana Bank Mayapada akan siap membantu dan melayani setiap keluhan dan informasi yang Kamu butuhkan setiap saat.

Nah, buat kamu yang sudah mantap untuk mengambil kartu kredit gold Mayapada, ketahui juga jika Bank Mayapada juga  memperkenalkan tiga jenis kartu kredit yang didesain elegan untuk kepuasan para nasabahnya selain my Gold Card, yaitu my Signature Card, my Platinum Card. Ketiga kartu kredit ini dirancang dengan fitur-fitur unggul dan berbagai keuntungan. Semisal fitur my Cashback yang memungkinkan setiap jenis kartu untuk memiliki kemampuan melakukan cashback dengan nilai yang berbeda sepanjang tahun.

Setiap kartu kredit Bank Mayapada ini memiliki fitur cashback yang cukup menggiurkan, loh! Pemegang my Signature Card akan mendapatkan cashback 5% hingga Rp500.000 per billing dengan minimum transaksi Rp5.000.000. Sedangkan, my Platinum Card menyediakan layanan cashback 5% hingga Rp300.000 per billing dengan minimum transaksi Rp3.000.000. Dan untuk pemegang my Gold Card, cukup capai nilai Rp1.500.000 dan dapatkan cashback 5% hingga Rp150.000 per billing. Menarik ya!

Ketahui Biaya dan Denda

Namun sebelum memutuskan, jangan tergiur dulu dengan berbagai diskon dan cashback yang ditawarkan. Ketahui dengan pasti biaya dan denda yang akan kamu tanggung setelah resmi menjadi pemegang kartu kredit My Gold Card dari Bank Mayapada ini.

  • Iuran Tahunan: Rp300.000 (Gratis iuran 2 tahun pertama)
  • Biaya tahunan Kartu tambahan: Rp150.000
  • Min. pembayaran setiap bulan: 10% dari total tagihan atau minimal Rp 50.000 (mana yang lebih besar)
  • Denda keterlambatan pembayaran: 3% atau maksimal Rp 150.000 (mana yang lebih kecil)
  • Biaya penarikan tunai minimum: 2,95% atau minimum Rp 150.000 (mana yang lebih tinggi)
  • Batas fasilitas penarikan tunai per hari: 60% dari limit kartu

Untuk memiliki My Gold Card Bank Mayapada ini, kamu bisa melihat persyaratan dan menyiapkan dokumen pendukung. Ada dua persyaratan khusus, yakni untuk karyawan dan wirausaha.

Persyaratan
  1.       Minimal pendapatan bulanan Rp 4.000.000
  2.       Usia minimal pemegang kartu utama 21 tahun
  3.       Usia maksimal pemegang kartu utama 65 tahun
  4.       Usia min. pemegang kartu tambahan 17 tahun
Berikut persyaratan dokumen yang perlu kamu lengkapi untuk:
Karyawan
  • Fotokopi KTP               
  • Bukti penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT)
 Wirausaha
  • Fotokopi KTP             
  • Bukti penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT)              
  • NPWP Pribadi*              
  • Kartu Keluarga              
  • Surat Keterangan Domisili (SKD) / SIM              
  • Fotokopi rekening tabungan (3 bulan terakhir)              
  • Fotokopi akta pendirian / SIUP / TDP                
  • Fotokopi surat izin profesi
Lebih Dekat dengan Bank Mayapada

Pada tanggal 7 September 1989 di Jakarta, dibentuklah PT Bank Mayapada Internasional melalui Akta Pendirian Bank yang disahkan pada tanggal 10 Januari 1990 oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia. Bank mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 16 Maret 1990 dan sejak 23 Maret 1990 menjadi bank umum. Izin dari Bank Indonesia sebagai bank devisa  diperoleh pada tahun 1993. Pada tahun 1995 Bank berubah nama menjadi PT Bank Mayapada Internasional. Dari tahun 1997 hingga saat ini bank ini menjadi bank publik dengan nama PT. Bank Mayapada Internasional Tbk.

Seperti yang dikutip dari Wikipedia, kegiatan usaha perusahaan yang utama adalah menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan dana tersebut melalui pinjaman dalam bentuk fasilitas kredit. Sesuai dengan rencana bisnis bank, kegiatan perusahaan berfokus pada usaha retail dan consumer dan melayani dengan komitmen demi kepuasan para nasabah.

Sejak didirikan, kinerja Bank Mayapada senantiasa mengalami perbaikan, mulai dari menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) , melalui penawaran obligasi, serta penambahan kantor cabang. Hingga saat ini Bank Mayapada memiliki jaringan pelayanan perbankan yang terdiri dari 36 Kantor Cabang, 67 kantor Capem, 75 kantor Fungsional, 12 kantor Kas dan 109 jaringan ATM, serta bekerja sama dengan ATM BERSAMA, dan ATM PRIMA/BCA sehingga total ATM yang dapat digunakan oleh nasabah sebanyak 76.129 ATM serta kartu ATM Bank Mayapada dapat digunakan sebagai debit card di lebih 338.724 merchant jaringan PRIMA yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Bank Mayapada terus meningkatkan kompetensi, melakukan inovasi serta mengembangkan produk dan jasa perbankan bagi semua segmen bisnis. Inovasi dilakukan dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi yang modern.

Memanfaatkan Kartu Kredit dengan Bijak

Setelah memegang kartu kredit, tak jarang kita bukannya tambah hemat, malah makin konsumtif. Apalagi dengan tawaran diskon yang menggiurkan dan berbagai kemudahan lainnya jika pembayarannya menggunakan kartu kredit. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kartu kredit dengan sebijak mungkin. Karena seringkali pengeluaran jadi tak terasa setelah menggunakan kartu ini jadi transaksi!

Nah, biar kantong dan dompet tak makin jebol gegara kartu satu ini, sebaiknya cek cara memanfaatkan kartu kredit agar kita bisa tetap  hemat.

1. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Usahakan selalu membayar tagihan kartu kredit sesuai jatuh tempo. Sebab jika lewat dari tanggal yang telah disesuaikan, maka kamu bakal kena denda. Memang tak sebanyak jumlah yang kamu gunakan, tapi langkah kecil ini akan membuatmu jadi lebih disiplin dan berhati-hati dalam memperlakukan kartu kredit.

2. Gunakan Saat Sebagai Uang Darurat

Lebih baik gunakan kartu kredit saat memang benar-benar tak memiliki uang cash alias tunai, misalnya saat membayar biaya belanja. Sehingga, kartu kredit ini bisa menjadi pengganti uang tunai saat kamu memang tak memiliki uang tunai.

3. Manfaatkan Diskon

Kartu kredit setiap bank biasanya memiliki promo diskon dengan merchant tertentu. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk berhemat, tentunya ambil beberapa promonya saja. Selain memanfaatkan diskon, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit untuk tagihan bulanan rumah seperti listrik, air dan tagihan lainnya. Dengan demikian, semua tagihan menjadi satu dalam tagihan kartu kredit, tentunya ini akan memudahkan.

4. Bunga 0 Persen

Buat kamu yang mendapatkan promo bunga cicilan nol persen dari kartu kredit, segera manfaatkan! Karena selain menguntungkan, kamu jadi bisa berhemat tak membayar bunga kartu kredit secara berkala. Jangan lupa untuk memahami produk dan segala risiko, hingga syarat cicilan ringan maupun nol persen dari bank.

5. Bayar Lunas

Pastikan kamu selalu membayar penuh tagihan kartu kredit setiap bulan. Bayar hingga lunas sesuai tagihan. Kalau kamu menghindari pembayaran, bunga akan terus membengkak. Pembayaran tagihan dengan tertib ini akan membantu kamu lebih ringan dalam membayar cicilan kartu kredit.

6. Pilih Satu Kartu

Big no untuk kartu kredit yang terlalu banyak. Sebaiknya pilih saja salah satu kartu kredit dari lembaga jasa keuangan yang telah kamu percaya, misalnya seperti kartu kredit gold dari Bank Mayapada ini. Terlalu banyak kartu kredit bakal memusingkan kamu di kemudian hari. Tentu saja, tagihan dan bunganya akan terus bertambah, apalagi jika kamu lupa membayar salah satu kartu kreditmu.

7. Jangan Dipinjamkan

Meminjamkan kartu kredit adalah hal yang sangat tidak disarankan. Dengan kartu kredit yang dipinjam, kamu tak bisa mengontrol pengeluaran. Pasalnya, orang lain yang sedang menggunakan kartu kredit mu, tentu saja ia bisa menggunakannya sewaktu-waktu.

Nah demikian review kartu kredit gold dari Bank Mayapada. Jika kamu tertarik untuk menggunakan kartu kredit, jangan lupa untuk membandingkan jenis kartu kredit sesuai kebutuhanmu. Bukan hanya cicilan, namun juga berbagai promo yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia kartu kredit bisa menjadi pertimbangan.

Kamu bisa ajukan kartu kredit Mayapada Gold di Cekaja.com, atau kartu kredit lainnya.

Tentang Penulis