Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Tips Hemat Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Lakukan

by Maria Nofianti on 3 Februari, 2020

Beberapa tahun belakangan ini, transaksi online atau pembayaran non tunai menjadi idola. Karena memang membuat kita lebih simple atau sederhama, tak perlu menunggu kembalian, mencari uang yang pas, dan jelas lebih cepat, tak terbatas jarak dan ruang.

Ini Tips Hemat Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Lakukan

Memang di jaman yang serba digital hampir semua transaksi jual beli menggunakan sistem non tunai. Tak hanya menggunakan kartu debit yang sekarang ini marak, penggunaan kartu kredit pun semakin meningkat. Maka dari itu kebutuhan akan kartu kredit juga akan semakin meningkat. Kartu kredit berfungsi untuk mempermudah kamu dalam melakukan pembayaran.

Kamu tidak usah repot membawa uang tunai yang banyak. Namun beberapa orang menganggap bahwa penggunaan kartu kredit malah membuat orang menjadi boros. Banyak kasus yang akhirnya membuat nasabah malah terlilit utang yang besar. Sebenarnya itu hanya berlaku bagi orang yang tidak bisa mengelola penggunaan kartu kredit. Padahal dengan pintar memanfaatkan fasilitas-fasilitasnya kamu malah akan sangat terbantu.

Untuk menghindari kamu kebobolan dalam menggunakan kartu kredit maka kita akan berikan tips hemat penggunaan kartu kredit yang harus kamu lakukan. Beberapa tipsnya adalah:

Maksimalkan Promo Jika Kamu Pemegang Kartu Baru

Jika kamu adalah seorang pengguna baru kartu kredit biasanya bank akan memberikan perlakuan khusus bagi para pemegang kartu baru. Ini ditujukan agar kamu semakin aktif untuk bertransaksi memakai kartu kreditmu dalam berbagai kebutuhan dan transaksi keuangan. Untuk contohnya ada welcome bonus, welcome cashback atau diskon untuk merchant yang sudah bekerja sama, serta promo menarik lainnya yang membuatmu tergiur. Kalau tidak dipakai itu akan sayang sekali loh yang penting adalah kamu tidak keterusan memakai kartu kredit kamu. Karena sebagai pengguna baru, kamu harus mempelajari juga cara penggunaan kartu kredit yang bijak.

Pakai Reward Point

Hal yang paling umum ketika memakai kartu kredit adalah kamu akan mendapatkan reward point. Untuk mendapatkan reward point ini kamu harus bertransaksi lebih dulu. Maka di setiap transaksi kamu akan  mendapatkan reward poin itu.

(Baca Juga: Promo Makan Kartu Kredit BNI Terbaru 2020 Khusus Wilayah Jakarta)

Jika point kamu sudah terkumpul banyak kamu bisa tukarkan dengan banyak hadiah menarik misalnya free airport lounge, voucher belanja, voucher menginap, mileage penerbangan dan lainnya. Untuk bisa berhemat penggunaan kartu kredit kamu maksimalkan saja poin ini. Misalkan saja dalam program kartu kreditmu bisa menukarkan 1000 poin dengan tiket untuk menonton di bioskop yang sudah ditentukan. Gimana tertarik bukan?

Cari yang Memberi Banyak Untung

Jika kamu baru mulai akan menggunakan kartu kreditmu cari beberapa bank penerbit yang meluncurkan kartu kredit. Kamu bisa bandingkan apa saja keuntungannya, apa fasilitas yang ditawarkan hingga hal yang menyangkut biaya dan dendanya. 

Kamu bisa menanyakan kepada saudara atau teman, bisa juga kamu membaca review dari orang yang sudah pernah memakai kartu kredit tersebut. Selain promo dan hadiah gratis kamu juga harus perhatikan biaya tahunan, denda keterlambatan untuk cicilan, iuran tahunan, biaya administrasi dan lainnya yang mungkin saja malah bisa menambah pengeluaranmu tiap bulannya.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Salah satu menfaat kartu kredit adalah untuk melakukan pembayaran sebelum kamu memiliki uang tunai, alias berhutang. Jadi sebagai pengguna kartu kredit Setiap bulan, kamu diharuskan membayar tagihan kartu kreditmu pada tanggal jatuh tempo laporan.

(Baca Juga: 

Jika belum memiliki uang penuh untuk membayar, kamu juga bisa melakukan pembayaran dalam bentuk cicilan yang akan meringankanmu, meski sebenarnya jangka waktu pelunasan menjadi semakin panjang. Kamu bisa menemukan tanggal jatuh tempo yang tercantum pada laporan kartu kredit kamu.

Penting untuk membayar tagihan tepat waktu untuk meminimalkan biaya bunga dan menghindari biaya pembayaran yang terlambat. Plus, pembayaran kartu kredit yang terlambat tercantum dalam laporan kredit dan bisa merusak skor kreditmu. Untuk memastikan kamu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu setiap bulan, kamu bisa menggunakan debit langsung.

Bayar Lebih dari Minimum

Kamu hanya diharuskan membayar pembayaran minimum untuk menghindari biaya pembayaran yang terlambat setiap bulan. Karena keterlambatan akan membuat rekam keuanganmu buruk di BI chencking. Namun, pembayaran minimum biasanya hanya sekitar 2% atau 3% dari total saldo kamu. Jika kamu hanya membayar jumlah ini, itu membuat sisa hutangmu tumbuh dengan bunga.

Sebagai gantinya, kamu harus bertujuan membayar saldo secara penuh setiap bulan. Kamu tidak hanya akan menghindari biaya bunga, tetapi biasanya akan mendapatkan keuntungan hingga 44 atau 55 hari tanpa bunga untuk pembelian. Jika kamu tidak dapat melunasi tagihanmu, kamu harus tetap berusaha membayar sebanyak yang kamu bisa dan lebih dari pembayaran minimum.

Ini akan membantumu menghapus utang lebih cepat dan mengurangi biaya bunga. Kamu bisa menggunakan pembayaran kartu kredit Finder dan kalkulator bunga untuk menentukan berapa banyak hutang kartu kredit yang harus kamu lunasi setiap bulan untuk memenuhi tujuan keuanganmu.

Batasi Jumlah Kartu Kredit Kamu

Tips hemat penggunaan kartu kredit selanjutnya adalah batasi jumlah kartu kredit yang kamu punya. Jumlah kartu yang harus kamu miliki tergantung pada kebiasaan keuanganmu. Kamu mungkin memiliki banyak kartu untuk kebutuhan yang berbeda.

Misalnya, kamu bisa menggunakan satu untuk melunasi hutang dengan tawaran transfer saldo 0% dan lainnya untuk mendapatkan poin saat kamu membelanjakan. Namun, terlalu banyak kartu kredit dapat merusak skor kredit kamu dan menambah hutangmu jika kamu tidak membayar semuanya setiap bulan.

Berhati-hatilah Dengan Biaya Tersembunyi

Bank yang mengeluarkan kartu kredit tidak diizinkan menyembunyikan biaya apa pun, berdasarkan hukum. Untuk menyiasatinya, mereka mencetak semua informasi ini dalam cetakan kecil di belakang formulir aplikasi dengan menggunakan terminologi hukum, yang hampir tidak pernah dipahami oleh pelanggan pada umumnya.

Banyak kartu membawa sejumlah biaya yang mungkin tidak ditemukan oleh pelanggan yang tidak bersalah sampai mereka terjebak membayarnya. Hati-hati terhadap hal-hal seperti biaya pemrosesan, biaya keterlambatan pembayaran, biaya transaksi, biaya batas kredit, biaya transfer saldo, biaya perlindungan dan bahkan ada yang menahan pelanggan dengan biaya jika pembayaran tidak diterima oleh jam yang ditentukan pada tanggal tersebut.

Pertimbangkan Transfer Saldo

Jika kamu kesulitan membayar hutang yang ada atau ingin memotong biaya bunga, kamu bisa mempertimbangkan kartu kredit transfer saldo 0%. Kamu bisa menggunakan kartu-kartu ini untuk melunasi hutang kartu kreditmu tanpa bunga untuk periode promosi yang dapat berlangsung dari 6 hingga 26 bulan.

Jika kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, kamu bisa mengkonsolidasikan banyak hutang ke satu kartu juga. Pada akhir periode promosi, hutang yang tersisa dapat menarik uang muka tunai atau suku bunga pembelian. Kamu juga dapat dikenakan biaya transfer saldo satu kali saat pertama kali memindahkan hutang. Jadi ketahui dan waspadai ini denga baik ya, agar kamu tak merasa terjebak oleh penggunaan kartu kredit.

Penggunaan Kartu Kredit Darurat

Jika kamu tidak menggunakan kartu kredit untuk membayar pengeluaran sehari-hari, kamu masih bisa mendapatkannya jika terjadi keadaan darurat dan biaya tak terduga. Jika menggunakannya hanya untuk sesuatu yang darurat saja, kamu mungkin ingin mempertimbangkan yang mengenakan biaya 0 atau biaya tahunan rendah sehingga tidak membuatmu kebobolan saat kamu menggunakannya.

Gunakan Kartu Dengan Aman

Penipuan kartu kredit dan identifikasi pencurian adalah risiko utama. Sebagian besar pemegang kartu tidak bertanggung jawab atas tuduhan penipuan pada kartu mereka, tetapi kamu masih memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan informasimu. Bersikap proaktif untuk mengurangi risiko penipuan dengan meninjau laporan kartu kredit bulanan kamu dan lebih sering memeriksa akun secara online.

Simpan tanda terima sehingga kamu bisa membandingkannya dengan laporan dan tagihan bulanan. Kemudian, beri tahu penerbit kartu jika kamu menemukan transaksi yang tidak diketahui. Dan, tentu saja, segera laporkan kartu yang hilang atau dicuri. Banyak perusahaan kartu kredit juga menawarkan peringatan teks atau email ketika kartu kamu telah digunakan.

Hindari Pemakaian Tarik Tunai

Ingat bahwa kartu kredit bukanlah kartu debit ya, jadi sebisa mungkin hindari tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit. Karena ada banyak kartu kredit yang mempunyai fitur penarikan tunai. Dengan ini kamu bisa menarik sejumlah uang tunai seperti kartu debet.

Meski keliatannya menarik dan menggiurkan ternyata ini adalah sumber masalah lain di keuangan kamu. Jika kamu menarik uang tunai dengan kartu kredit ini sama halnya jika kamu pinjam dari bank. Bunga yang diterapkan juga tidak bisa dibilang rendah karena biasanya mereka memberi di atas 2,25% satau bahkan lebih tinggi.

Selain itu kamu juga diharuskan membayar biaya penarikan tunai sebesar 4-5% dari jumlah uang yang kamu tarik. Untuk kebutuhan uang tunai, jika masih bisa meminjam pada kerbata atau orang, maka sebaiknya kamu mencari pinjaman lain jika memang keadaannya terdesak. Ingat kalau tagihan kamu bisa membengkak jika kamu memakai fitur ini.

Mengatur Limit Kartu Kredit

Tips hemat penggunaan kartu kredit selanjutnya adalah kamu harus pintar mengatur limit kartu kreditmu apalagi jika kamu memiliki lebih dari 1 kartu. Aturlah satu kartu dengan limit yang kecil sedang yang lain bisa kamu atur untuk yang lebih besar limitnya. Perlu kamu ingat pepatah jangan sampai kamu besar pasak daripada tiang ya!

Pintar Dalam Berbelanja

Dalam melakukan pembelanjaan kamu harus tahu mana yang keinginan dan mana yang kebituhan karena keinginan tidak semuanya adalah kebutuhanmu. Dengan pintar dalam berbelanja tentu saja akan bisa menghemat penggunaan kartu kredit kamu loh. lebih baik beli satu yang mahal dan awet daripada beli yang murah tetapi gampang rusak.

Nah itu dia tips hemat penggunaan kartu kredit yang harus kamu lakukan agar keuangan kamu tidak terlilit banyak hutang. Karena godaan akan sangat banyak saat kamu menggunakan kartu kredit. Dengan mengaplikasikan semua tips di atas kamu bisa loh menghemat pengeluaran kamu dengan memanfaatkan kartu kredit kamu. Pakai kartu kredit bikin boros sudah tidak jaman lagi. Saatnya kamu pintar menggunakan kartu kreditmu. Semoga bisa membantu kamu.

Tentang Penulis