Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

7 Macam Promo Kartu Kredit Yang Bisa Kamu Nanti

by Maria Nofianti on 27 Januari, 2020

Satu hal yang menyenangkan saat melakukan transaksi pembayaran adalah promo. Adanya promo, baik itu potongan harga, ataupun gratis produk dan cashback adalah hal-hal yang sangat disukai. Bahkan ada orang yang bertransaksi dengan menunggu promo terlebih dahulu.

macam promo kartu kredit 2020

Nah, salah satu hal yang membuat orang membuat kartu kredit pun adalah karena keberadaan promo yang menggiurkan. Dan setiap bulan promo selalu bervariasi dan semakin membuat kita lepas kontrol dan konsumtif.

Meski pada dasarnya, kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran non tunai yang sudah mulai umum digunakan di Indonesia. Bagi para pemegang kartu kredit pasti sudah paham adanya program promo-promo menarik dari kartu kredit. Setiap bank yang menerbitkan kartu kredit akan menawarkan promo yang berbeda tergantung kebijakan masing-masing bank.

Promo itu diberikan bertujuan untuk menarik pelanggan semakin aktif menggunakan kartu kredit kamu. Nah ternyata promo-promo yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit itu ada berbagai macam loh. biasanya mereka akan menawarkan promo tidak hanya satu macam saja. Berikut kita akan membahas 7 macam promo kartu kredit yang bisa kamu nantikan bagi kamu para pemegang kartu kredit.

1. Voucher Belanja

Saat menerima tagihan kartu kredit bulanan, biasanya kita juga akan diberi buletin promo dari bank dan produk. Saat ini, voucher belanja ini adalah promo dari kartu kredit yang banyak ditunggu oleh konsumen. Pasalnya jika kamu berbelanja dengan nominal tertentu maka kamu akan mendapatkan voucher belanja dengan nominal yang lumayan di tempat yang telah ditentukan.

Kamu juga bisa mendapatkan voucher untuk pemesanan di hotel yang bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit kamu atau bisa untuk pembelian tiket pesawat. Semuanya tergantung dari promo apa yang sedang berlangsung pada kartu kreditmu. Misalnya saja jika saat ini kamu mendaftar untuk mendapatkan kartu kredit Bank Mega maka kamu akan dapat 3 voucher belanja masing-masing Rp 100.000 di Bukalapak atau jika kamu berbelanja di TIP TOP Supermarket minimal Rp 600.000 maka kamu akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp 60.000 dengan memakai kartu kredit BNI.

Bahkan untuk supermarket supermarket tertentu pun banyak yang menawarkan promo dengan syarat pembelanjaan sekian dan dengan menggunakan kartu kredit tertentu, biasanya kalau belanja sekian, mendapatkan minyak goreng sekian, tergantung produk dan sponsor.

2. Diskon

Ini adalah fitur kartu kredit yang paling banyak ditawarkan kepada nasabahnya karena ini adalah fitur standar dari sebuah kartu kredit. Ada banyak sekali merchant yang sudah bekerja sama untuk menawarkan berbagai diskon semua jenis barang.

Namun perlu kamu ingat bahwa diskon untuk kartu kredit ini biasanya berbeda dari diskon yang biasanya. Diskon untuk kartu kredit biasanya menerapkan minimal pembelian. Misalnya saja kamu akan mendapatkan diskon 60% dengan minimal pembelian Rp 1,5 juta rupiah.

Maka dari itu jika kamu akan menggunakannya kamu harus cerdas dan tahu ketentuan atas diskon itu. Jika dirasa itu akan menguntungkan tidak ada salahnya kamu memanfaatkan diskon tersebut. Namun jika setelah melewati perhitungan panjang dan ternyata sama saja, ya sudah lebih baik diabaikan.

3. Tiket Gratis

Macam promo kartu kredit selanjutnya adalah tiket gratis. Kamu bisa mendapatkan tiket gratis jika bank penerbit atau merchant yang bekerja sama sedang mengadakan program yang hadiahnya tiket gratis. Ada banyak jenis tiket gratis yang biasanya diberikan sebagai hadiah seperti tiket gratis nonton di bioskop, tiket masuk wahana hiburan, tiket pembelian pesawat, atau bahkan tiket gratis untuk pemesanan kamar hotel dan yang lainnya.

Sedangkan beberapa kartu kredit menawarkan fitur bonus seperti poin mileage yang bisa kamu tukarkan dengan tiket gratis di suatu maskapai tertentu atau juga fasilitas lainnya. Karena dengan adanya promo dari kartu kredit berupa tiket gratis maka diharapkan pengguna kartu kredit akan semakin bertambah juga.

Terutama dari kalangan anak muda yang selalu produktif dan juga mereka pecinta travelling yang mempunyai gaya hidup tersendiri.

4. Cashback

Mungkin kamu juga saat ini sering mendengar kata cashback tapi belum mengerti apa maksudnya itu. cash back adalah pengembalian sejumlah uang tertentu setelah melakukan transaksi dengan jumlah tertentu. Biasanya sebuah kartu kredit akan memberikan cashback jika belanja kamu memenuhi nominal tertentu misalnya mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 2 jutaan.

Namun kebanyakan mereka akan memberikan dalam bentuk persentase yang apabila dirata-rata adalah senilai 10% dari sebuah barang yang dibeli. Nilai cashback ini bisa langsung dipotong dari transaksi tersebut atau juga bisa dengan mengurangi credit kamu di tagihan bulan berikutnya. Yang sering digunakan dalam cashback adalah seperti kamu akan dapatkan cashback senilai 5% dari jumlah belanja dengan nominal tertentu.

5. Free Annual Fee

Saat memiliki kartu kredit, kamu memang harus memahami beberapa hal, mulai dari sistem penagihan, tanggal cetak tagihan, dan juga termasuk mengetahui apa itu free annual fee. Dan yang dimaksud dengan free annual fee adalah kamu bebas dari yang namanya iuran tahunan, yang biasanya diberlakukan di tahun pertama.

Ini adalah salah satu macam promo kartu kredit yang banyak menarik pelanggan terutama pelanggan baru. Namun tidak semua bank akan memberikan promo semacam ini dan juga tidak semua kartu kredit ada bebas biaya iuran tahunan. Kebanyakan bank akan membebankan iuran untuk tahun pertama atau kedua saja namun ada juga yang membebankan iuran tahunan selamanya.

Maka dari itu jika kamu baru akan menggunakan kartu kredit manfaatkan promo bebas biaya iuran tahunan seperti ini karena ini adalah pilihan yang bagus.

6. Point Reward

Program yang sering diberikan oleh banyak bank penerbit kartu kredit adalah adanya point reward yang bisa dikumpulkan melalui setiap transaksi dan juga kelipatannya.

Jika kamu sudah mendapatkan banyak point maka kamu bisa menukarkannya dengan hadiah langsung seperti barang elektronik tv, kulkas, mesin cuci, home theater hingga handphone. Kamu juga bisa membayarkan belanjaan kamu dengan point reward jika bank kamu bekerja sama dengan toko merchant yang sedang kamu beli.

7. Cicilan 0%

Ini adalah macam promo kartu kredit yang terakhir yang akan kita bahas. Cicilan 0% biasanya diberikan untuk pembelian barang-barang elektronik atau kendaraan bermotor. Ini berarti kamu tidak akan mendapatkan bunga saat mencicil barang yang kamu beli.

Promo semacam ini tentu sangat menguntungkan bagi pemegang kartu kredit dengan syarat kamu hanya bisa melakukannya di toko-toko yang memasang tanda cicilan 0% saja. Kamu juga harus membayar cicilannya tepat waktu loh karena jika terlambat maka kamu tetap akan mendapatkan bunga seperti biasanya dari bank.

Jadi, pandai pandailah menggunakan kartu kredit, dan jika memang kamu paham dengan cicilan 0% ini, maka penggunaan kartu kredit akan sangat menguntungkan bagi kamu.

Itu dia 7 macam promo kartu kredit yang bisa kamu nantikan jika kamu adalah pemegang kartu kredit. Sebagai konsumen tentu kita senang-senang saja tatkala dibombardir dengan berbagai macam promo kartu kredit. Namun segala macam bentuk promo kartu kredit kadang justru malah membuat kita seakan kalap dalam berbelanja dan tagihan malah makin membengkak.

Tips Agar Tidak Terjebak Dengan Promo Kartu Kredit

Demi menghindari keadaan  itu kamu sebaiknya harus lebih cerdas dalam menggunakan berbagai promo dari kartu kredit. Tips agar kamu tidak terjebak dengan promo-promo kartu kredit yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Untuk program cashback ada baiknya kamu lebih dulu mengenal lebih dalam lagi tentang kartu kredit mu dulu. Kamu bisa cek dahulu bagaimana promo cashback itu bekerja. Apakah itu akan berlaku di semua transaksi atau tidak. Kamu juga harus teliti membaca syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan cashback itu. Jangan sampai kamu gagal paham dan malah bikin kamu buntung dan menyesal nantinya.
  • Untuk fasilitas cicilan 0% pastikan kalau limit kartu kredit kamu mencukupi untuk membayar cicilannya. Kamu juga harus membaca dengan teliti syarat dan ketentuan yang berlaku dan barang utama yang benar-benar kamu perlukan masuk dalam promo itu. Kamu juga harus membayar tagihan tepat waktu. Ini penting, agar record keuanganmu tetap baik.
  • Untuk voucher belanja juga kamu harus tahu produknya apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak. Meskipun nominal voucher bisa membuat kamu tergiur tapi jangan membuat kamu malah beli barang yang tidak dibutuhkan. Karena biasanya aji mumpung ini membuat kita kalap membeli ini itu hanya karena voucher, promo, diskon, padahal kita tak bensr benar membutuhkan barang itu.

Nyatanya, promo memang sangat diminati, terlebih lagi untuk para ibu yang hingga saat ini sudah dan masih di stigma sebagai sosok yang paling doyan sama promo.

Dan memang, memanfaatkan promo adalah salah satu jurus ibu ibu agar keuangan mereka terkendali dengan baik dan juga berlebih. Ini tentu saja trik yang sangat menarik yang harus dipelajari.

Selain  itu Kartu kredit memang sekarang semakin diminati oleh masyarakat, terutama masyarakat kalangan menengah ke atas. Tapi tetap saja, jangan terlena dengan berbagai promo menarik saja, tapi latar belakangi membuka atau membuat kartu kredit ini untuk alasan yang penting dan memang dibutuhkan, bukan hanya diinginkan saja.

(Baca Juga: Awas Begal! Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Jadi Korban)

Terlebih lagi saat ini, dengan banyaknya macam promo kartu kredit yang ditawarkan oleh para bank penerbit sebaiknya kamu pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kamu juga harus rajin untuk selalu mengecek promo apa saja yang sedang berlangsung karena promo-promo itu bisa saja sewaktu-waktu berubah. Untuk mengurangi beban tagihan kamu ada baiknya kamu menabung dulu setiap harinya untuk membayar cicilan tagihan kamu sehingga saat tanggal jatuh tempo kamu tidak bingung.

Penggunaan kartu kredit dengan bijak dan selalu memanfaatkan promo-promo terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu tidak akan membuat kamu untung loh. Karena jika kamu tak memiliki perhitungan yang baik dan asal pakai kartu kredit, maka bisa jadi kamu malah dapat untung banyak. Jadi cerdaslah memakai berbagai macam promo kartu kredit yang kamu miliki.

Untuk pengajuan kartu kredit yang cepat dan terpercaya, ajukan saja hanya di CekAja!

Tentang Penulis